banner-detik
LIFESTYLE

8 Informasi Penting Seputar Tanaman Hias Aglaonema

author

Fannya Gita Alamanda24 Apr 2021

8 Informasi Penting Seputar Tanaman Hias Aglaonema

Sedang mencari tanaman hias yang perawatannya mudah? Aglaonema bakal jadi pilihan yang. Namun ketahui dulu 8 informasi penting seputar tanaman hias aglaonema

Aglaonema dikenal karena dedaunannya yang memesona dan punya sekitar 40 spesies. Beberapa spesies hadir dengan sentuhan warna pink, merah, putih, kombinasi warna yang beraneka ragam, dan tentu saja hijau. Tanaman dengan nama lain Si Cemara Cina ini cocok dijadikan sebagai tanaman hias yang bisa bikin rumah Mommies makin cantik.

WARNA DAN BENTUK

Daun-daun tanaman hias Aglaonema menawarkan warna-warna fantastis dengan corak yang halus. Versi hijau pucat adalah yang paling terkenal, namun tanaman hias yang luar bisa indah ini juga ada yang tampil dengan semburat perak, kuning, dan merah. Sebenarnya, Aglaonema memiliki bunga yang sederhana. Terletak di bawah daun dan tumbuh di telinga daun, yang dikelilingi pelindung, dengan bunga betina di bagian pangkal dan posisi bunga jantan letaknya lebih tinggi. Bunga jantan memiliki benang sari kecil yang berkilau (dari sinilah tanaman ini memperoleh namanya). Karena bunganya tidak terlalu cantik, Mommies bisa memotongnya. Konon kabarnya, tampilan Aglaonema lebih keren tanpa bunga.

BACA JUGA: TIPS AGAR TANAMAN HIAS RAJIN BERBUNGA

SIMBOLISME

Nama Aglaonema berasal dari bahasa Yunani, gabungan dari ‘aglaos’ (bersinar) dan ‘nema’ (bersinar). Kemungkinan ini mengacu pada benang sari bunga yang mengilap.

ASAL

Aglaonema tumbuh liar di hutan hujan subtropis Thailand, Indonesia, dan Malaysia. Mereka tumbuh subur di bawah kanopi daun dari pohon-pohon besar dan semak belukar, membuat matahari tidak mencapai tanaman ini. Pertama kali menarik perhatian manusia adalah pada tahun 1704 ketika seorang imam Yesuit di Filipina bernama Camellus menyebutkan tanaman ini di dalam salah satu tulisannya. Aglaonema lokal juga memiliki daun beraneka ragam dan umumnya berukuran cukup kecil.

Di samping dedaunan yang fantastis, kekuatan terbesar Aglaonema adalah perawatannya yang sangat mudah sehingga cocok buat pecinta tanaman yang baru belajar, orang yang sering lupa menyiram tanamannya, dan tanaman ini lumayan tangguh. Keuntungan lain, Aglaonema juga berguna untuk memurnikan udara sehingga menciptakan lingkungan yang sehat di dalam rumah.

PERAWATAN

Untuk menjaga keindahan dedaunan tanaman ini, penyiraman yang tepat adalah kuncinya. Mirip dengan kebanyakan tanaman hias dalam ruangan, Aglaonema akan sangat berterima kasih jika Mommies tidak membanjiri dia dengan terlalu banyak air. Meskipun tahan terhadap air, Aglaonema tidak menolerir tanah yang sangat basah. Jadi, pastikan lubang drainase pot Aglaonema kesayangan Mommies tidak tersumbat.

BACA JUGA: TANAMAN HIAS YANG COCOK UNTUK BISNIS RUMAHAN

PENCAHAYAAN

Ada alasan mengapa tanaman ini menjadi tanaman hias favorit. Berasal dari dalam hutan tropis yang gelap, tanaman ini dapat tumbuh subur dalam tingkat cahaya yang rendah. Faktanya, mereka tetap bisa hidup di dalam ruangan dengan pencahayaan yang temaram. Tanaman ini tumbuh dengan baik dia area yang teduh karena jika ia diletakkan di ruangan dengan spektrum rentang cahaya yang tinggi alias sangat terang, dedaunannya akan menjadi pucat dan ia akan keilangan warna mencoloknya. Meskipun begitu, mereka juga bisa tetap tumbuh dalam kondisi sinar matahari yang cerah.

MASALAH YANG BIASA TERJADI

Dedaunan yang layu, hawar daun, kutu putih, dan tungau laba-laba.

TOKSISITAS

Ya, sayangnya, mereka beracun bagi kucing dan anjing dan tidak boleh sampai ditelan. Jika tertelan maka akan tejadi iritasi kulit. Jika Mommies punya hewan peliharaaan, pertimbangkan lagi untuk memilih tanaman ini. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar Aglaonema mengandung kalsium oksalat pada daunnya yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit, mulut, lidah, dan tenggorokan. Bila tertelan dalam jumlah banyak, tenggorokan akan menjadi bengkak, sulit bernapas, nyeri dada, dan dapat terjadi juga sakit perut. Jika getah tanaman ini tekena kulit, segera mencucinya agar tidak timbul ruam. Kenakan sarung tangan saat memangkas Aglaonema.

FAKTA MENARIK TENTANG AGLAONEMA

Kalau Mommies pernah nonton film berjudul “Leon” yang diperankan aktor watak papan atas legendaris dari Prancis, Jean Reno, Anda tidak akan lupa tanaman hias milik Leon yang akhirnya menjadi milik Mathilda. Seorang pembunuh berdarah dingin yang hatinya hanya bisa disentuh oleh gadis cilik bernama Matilda dan tanaman hias cantik bernama Aglaonema.

Photo by David Clode on Unsplash

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan