banner-detik
LIFESTYLE

10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Untuk Bisnis Rumahan

author

fiaindriokusumo23 Mar 2021

10 Jenis Tanaman Hias yang Cocok Untuk Bisnis Rumahan

Mommies yang punya tanaman hias cukup banyak, tidak ada salahnya membuka ladang bisnis dengan menjual koleksinya. Ini 10 jenis tanaman hias yang cocok untuk bisnis rumahan.

Seorang teman saya, jauh sebelum pandemi hadir memang sudah hobi banget mengoleksi tanaman. Segala macam tanaman bisa ditemukan di halaman rumahnya yang segar dan asri, saat pandemi, dia bisa menjual satu pot tanamannya dengan harga 5 juta rupiah. Mama saya, yang juga hobi mengoleksi tanaman sempat kaget waktu ada tamunya menawar sebuah tanaman di pot teras rumah dengan harga 650 ribu, hahaha. Ya, tanaman memang jadi naik pangkat di masa pandemi. Nah, jika Mommies juga masuk ke dalam golongan yang koleksi tanamannya banyak, dan berpikir ingin menghasilkan uang dari bisnis tanaman, kenapa tidak? 

Baca juga: 5 Pilihan Tanaman Pengusir Nyamuk

Berikut ini rekomendasi jenis tanaman hias yang cocok untuk bisnis rumahan, dikutip dari sumber buku Sukses Memulai Bisnis Tanaman Hias.

1. Adenium

Permintaan tanaman hias adenium masih ada, terlebih setiap ada varian baru yang lebih indah bunganya. Keberadaan bonggol pada adenium menjadi daya tarik sendiri untuk diburu para pencintanya. Segmentasinya pun bervariasi, mulai dari penjual biji, bibit, tanaman hias medium dan remaja, hingga kualitas kontes.

2. Aglaonema

Harga aglaonema terbilang tidak melulu murah. Bila ingin mengembangkan bisnis tanaman hias ini, maka tetapkanlah harga yang murah, misal dengan menjual aglaonema pride of Sumatra, donna carmen, atau adelia. Selain itu, Mommies dapat memulai dari nursery skala kecil.

3. Anthurium

Persediaan bibit tanaman hias ini mudah ditemukan di berbagai daerah, mulai dari skala kecil sampai besar. Tak heran bila pasar anthurium berkembang sangat cepat. Margin yang diperoleh pun besar lho, bisa mencapai 30 – 100%, bahkan lebih. Mommies yang ingin sukes berbisnis tanaman hias ini harus jeli mengendus pasar, terutama pemilihan jenis dan timing yang tepat untuk memulai bisnis.

4. Bromelia

Keindahan bunga bromelia menjadikan tanaman hias ini memiliki banyak peminat, sehingga berpotensial untuk dikembangkan. Dengan warna daun yang mencolok dan menghasilkan banyak varian baru, membuat bromelia cocok dijadikan tanaman hias lanskap dan pot plant.

5. Caladium dan Alokasia

Kehadiran varian caladium hybrid memiliki warna yang cerah, seperti merah, hijau, putih, dan kuning. Keindahannya pun bukan hanya terpancar dari bentuk daunnya saja, tetapi juga dari corak tulang daunnya yang menonjol dan kaya variasi.

Dengan kelebihan itu, Mommies tak perlu heran bila caladium berpeluang menjadi primadona. Sejalan dengan tren caladium, popularitas alokasia juga terdongkrak naik. Warna dan corak daun yang dihasilkan bervariasi, mulai dari polos, perak, sampai garis-garis.

Untuk jenis lainnya, klik halaman berikutnya, Mommies.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan