Now Reading
Bayi Minum ASIP Basi, Apa yang Harus Dilakukan?

Bayi Minum ASIP Basi, Apa yang Harus Dilakukan?

dewdew
bayi minum asip basi

ASI perah  rentan basi jika salah ditangani . Kalau sudah begini, harus hati-hati. Bila bayi minum ASIP basi, ini yang harus mommies lakukan.

Tak ada yang menyangkal, kalau ASI adalah makanan terbaik untuk bayi usia 0-6 bulan. Pemberian ASI Eksklusif jelas mendukung tumbuh kembang bayi secara optimal dan umumnya bayi yang hanya diberi ASI memiliki imunitas sangat baik. Itulah sebabnya buat mommies yang nggak bisa menyusui langsung karena satu dan lain hal, berusaha stok ASIP , untuk kemudian  diberikan pada bayi. Inilah kemudian yang menjadikan ASI jadi rentan basi karena mungkin saja terjadi salah penanganan dalam penyimpanan. Kalau sudah begini, harus hati-hati. Bila bayi minum ASIP basi, ini yang harus mommies lakukan.

Kandungan ASIP basi

Pada dasarnya, ASI maupun susu formula merupakan minuman yang cepat basi bila dibiarkan terlalu lama di suhu ruang. Jika ASI basi maka ia bisa terkontaminasi kuman bakteri, virus, dan parasit yang bisa menyebabkan keracunan. Untuk itu mommies harus teliti betul, apakah ASI perah yang diberikan pada bayi sudah basi atau tidak. 

Tanda-tanda ASIP basi

Sebelum memberikan ASI perah pada bayi, sebaiknya mommies cek dulu kondisi ASIP. Tanda-tanda ASIP basi adalah sebagai berikut. Bila semua tanda-tanda ASIP basi ditemukan, jangan diberikan kepada bayi, ya. Apa boleh buat, harus dibuang. 

  • Bila dicium, bau ASIP mirip dengan bau susu basi, menyengat, dan tengik
  • Pada saat botol berisi ASIP digoyang perlahan, lapisan atas dan bawah tidak tercampur dengan baik, walau sebelumnya disimpan di dalam lemari es.
  • Sudah terkontaminasi udara luar terlalu lama.
  • Tersimpan di kulkas bawah lebih dari 3 hari.
  • Ketika dicicipi, cita rasanya asam.

Baca juga: Serba-Serbi Fiber-Cream

Ketika bayi minum ASIP basi

Menurut Danielle Spradlin, Certified Lactation Consultant dari Oasis Lactation Services, Amerika Serikat, ketika bayi meminum ASIP basi, kebanyakan bayi akan memuntahkannya. Jadi mommies harus waspada, jangan sampai ASI diberikan terus jika bayi menolak untuk meminum ASI perahan. Cek lagi bau, rasa, dan teksturnya, ya. 

Jika bayi kemudian terlanjur meminum banyak ASI perah yang basi, akan ada kemungkinan bayi jadi mual, muntah, diare, nyeri perut, dan demam. Bayi akan terlihat lebih rewel, menangis terus, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 5 Masalah Kulit Pada Bayi Baru Lahir dan Bayi Berkulit Sensitif

Penanganan pertama bayi minum ASIP basi

Jika terlihat tanda-tanda bayi mengalami masalah pencernaan karena minum ASIP basi, segeralah susui langsung sebanyak yang ia mau agar ia mendapat asupan cairan yang segar. Bila gejala mual, muntah, diare berlanjut, segera bawa ke dokter, ya, mommies. 

Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top