Now Reading
Pesan Untuk Anak Ibu, Nikmati Masa Mudamu

Pesan Untuk Anak Ibu, Nikmati Masa Mudamu

Untuk anak ibu semata wayang, nikmati masa mudamu dengan hal-hal yang penuh arti agar kelak ketika kamu mengingatnya, kamu tidak akan dipenuhi rasa sesal.

Duduk di bangku kelas 2 SMP, anak saya menghitung hari. Ada dua fase yang ia nantikan, yakni, fase ia akan menjadi anak SMA dan fase mahasiswa. Ia membayangkan, dengan menjadi anak SMA, ia akan punya otonomi lebih untuk mengatur hidupnya sendiri. Fase mahasiswa dalam bayangannya, ia akan memperoleh kebebasan mutlak. Bebas dari ‘cengkeraman rezim ayah ibu’, begitu mungkin pikirnya, wkwkwk.

Dewasa di mata anak, mungkin terlihat enak. Bisa mengambil keputusan sendiri, punya uang, punya penghasilan, bebas dari tugas sekolah, tidak lagi disuruh-suruh orang tua, dan sebagainya. Kenyataannya, setelah kita menginjak dewasa, jika waktu bisa diputar, ada banyak hal yang ingin kita ubah dari masa remaja kita. Terlalu bersenang-senang, bisa jadi penyesalan, begitu juga, terlalu serius belajar untuk sekolah, membuat kita ketinggalan banyak hal lain. Kebiasaan dan pola pikir yang ditanamkan di masa-masa anak dan remaja itulah yang akan sangat menentukan seperti apa kehidupan kita di masa dewasa.

BACA JUGA: ORANG TUA, DIDIK ANAK PEREMPUAN UNTUK BERANI BERSUARA BUKAN UNTUK MENJADI SEMPURNA

Nah, untuk itu, saya ingin ‘meminjam’ quote-quote dari Elon Musk, tentang bagaimana kalian perlu mengisi masa remaja. Elon jelas orang yang sudah terbukti sukses di usia muda, yang patut dijadikan panutan.

1. “Hidup terlalu singkat untuk menyimpan kekesalan dalam jangka panjang.”

Jika sekarang kamu kesal dengan aturan orang tua yang terlalu ketat, guru yang menyebalkan, teman yang suka mengganggu, dan sebagainya, berhentilah baper. Percayalah, kamu akan merindukan masa-masa ini. Hidup tidak harus isinya senang-senang terus, kan, ada kalanya kamu harus mengalami kesusahan. Semua akan menjadi bagian yang akan membentuk kepribadianmu.

2. “Saat kamu bangun di pagi hari dan berpikir bahwa masa depan akan lebih baik, hari yang cerah. Sebaliknya, tidak.”

Tapi jangan jadi pesimis juga. Maksudnya, tidak ada yang tahu masa depan itu akan seperti apa. Di masa dewasamu nanti, akan sangat berbeda dengan masa yang kami alami. Siapkan mentalmu untuk menghadapi segala ketidakpastian itu dan isilah harimu sekarang dengan hal-hal yang berharga.

3. “Sebagian orang tidak menyukai perubahan, tetapi kamu perlu menerima perubahan, jika alternatifnya adalah bencana.”

Sekarang mungkin kamu tidak suka dengan aturan baru, situasi pandemi yang membuat kamu kehilangan kenyamananmu yang dulu, tapi percayalah, segala perubahan ini akan membuatmu jadi lebih adaptif. Perubahan itu tidak bisa ditawar. Pilihannya cuma dua: mau berubah atau kena bencana.

4. “Saat di bangku kuliah, saya ingin terlibat untuk melakukan hal-hal yang bisa mengubah dunia.”

Jika sekarang kamu mati-matian mengejar nilai bagus, belajar mati-matian hanya demi nilai ujian, lantas kamu kehilangan waktu untuk belajar hal lain di luar sekolah, pikirkan kembali tentang apa yang menjadi tujuan besar dalam hidupmu. Apakah itu untuk kesuksesanmu pribadi atau untuk sesuatu yang lebih besar lagi.

5. “Nasihat terbaik yang bisa saya berikan: terus-menerus pikirkan tentang bagaimana kamu bisa melakukan sesuatu dengan lebih baik dan mempertanyakan diri sendiri.”

Jangan gampang ikut tren atau termakan bujukan teman, lakukan sesuatu karena memang kamu suka atau sesuatu itu penting buatmu. Berusahalah untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik. Kalau sekarang kamu masih gampang emosian, tanyakan pada dirimu sendiri, bagaimana kamu bisa lebih mengelola emosimu.

6. “Saya pikir kehidupan di Bumi pasti lebih dari sekadar menyelesaikan masalah… Ini harus menjadi sesuatu yang menginspirasi.”

Di usiamu sekarang, banyak-banyaklah belajar tentang kehidupan orang-orang yang inspiratif. Pelajari kehidupan mereka, carilah inspirasi dari mereka, supaya hidupmu penuh dengan percikan semangat dari para tokoh-tokoh besar. Dan, kamu juga bisa belajar, bagaimana para tokoh-tokoh itu mengisi masa muda mereka.

BACA JUGA: ANGGOTA K-POP INI LAYAK JADI IDOLA ANAK DAN REMAJA

Photo by Warren Wong on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top