Now Reading
7 Cara Memanfaatkan Air Buangan AC

7 Cara Memanfaatkan Air Buangan AC

Air buangan AC memiliki banyak manfaat lho, dibanding hanya terbuang sia-sia. Ini 7 cara memanfaatkan air buangan AC.

Satu tahun pandemi di mana kita semua menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah, saya yakin banget pemakaian AC rumah juga meningkat, iya kan? Saya sih begitu ya. Apalagi kalau udara lagi panas, masyallah, tobat, AC nyala terus menerus dari pagi sampai pagi lagi, hehehe. Nah, pernah nggak kepikiran untuk memanfaatkan air buangan AC? Daripada hanya mengalir begitu saja, nggak ada salahnya lho memanfaatkan secara maksimal.

Jika selama musim kemarau penggunaan satu unit AC berlangsung setiap hari dan dalam jangka waktu lama, Anda bisa menampung sekitar dua galon air buangan. Selain itu, ini salah satu cara kita untuk hemat air bersih.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Indoor Penghilang Debu

Menyiram taman dan tanaman

Salah satu bentuk pemanfaatan air unit AC adalah dengan irigasi. Airnya dapat digunakan untuk mengairi taman luar ruangan atau untuk tanaman di dalam ruangan. Airnya bersih dan jernih karena tidak mengandung klorin atau zat tambahan lain yang dapat membahayakan kehidupan tanaman kesayangan Anda. Pindahkan air buangan ke dalam kaleng penyiram tanaman atau alirkan airnya untuk menyiram taman atau kebun secara langsung. Air buangan ini memiliki kandungan berbeda dengan air biasa, lebih mirip air suling, karena tidak mengandung mineral di dalamnya. Air seperti ini sangat cocok untuk dipakai menyiram tanaman. Tanaman Anda akan sangat menyukainya.

Membersihkan perabotan

Karena air yang dihasilkan dari unit AC cukup segar, Anda dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan termasuk bersih-bersih. Bisa untuk membersihkan kaca jendela, lantai keramik, atau furnitur di teras rumah dan taman. Di hari yang cerah, Anda bahkan bisa memakainya untuk mencuci mobil atau motor kesayangan. Bisa juga untuk membersihkan noda-noda membandel pada peralatan masak dengan cepat. Hasilnya, peralatan masak di dapur akan terlihat lebih cemerlang. Apa pun benda di luar ruangan atau di dalam yang mungkin butuh dibersihkan, bisa dengan memanfaatkan air buangan ini.

Air untuk kolam dan air mancur

Punya kolam kecil, air mancur, atau air terjun mini di pekarangan rumah? Gunakan air buangan AC untuk memenuhi kebutuhan air pengganti. Selain itu, bisa untuk mengisi air di pot berisi tanaman air, air mancur, kolam kecil, dan masih banyak lagi.

Air Radiator Mobil

Jangan lupa digunakan untuk mengisi radiator kendaraan. Karena biasanya air buangan AC lebih dingin daripada air biasa, maka ini akan membuat radiator dingin dan membuat fungsi mobil menjadi lebih baik.

Membersihkan Toilet

Mommies mulai sekarang jangan gunakan air bersih untuk membersihkan kloset kamar mandi sebaliknya, manfaatkan si air buangan. Ada yang mengatakan air buangan AC yang disiramkan ke dalam lubang kloset dan ke lantai kamar mandi semalam sebelum dibersihkan, akan membuat noda menguning di lantai keramik kamar mandi lebih mudah dibersihkan.

Mencuci Batu Akik

Bagi para kolektor batu akik, air buangan AC juga bisa digunakan untuk mencuci. Caranya mudah. Siapkan wadah dan rendam perhiasan yang menggunakan batu akik selama satu jam, lalu bersihkan. Cara ini dipercaya oleh para kolektor batu akik akan membuat batu lebih berkualitas.

Setrika uap

Jika di rumah menggunakan setrika uap, maka Mommies tidak perlu memakai air bersih untuk setrika uap Anda. Anda bisa memanfaatkan air buangan di rumah.

Jika sebagian besar wilayah tempat tinggal memberlakukan pembatasan air selama hari-hari yang lebih panas dalam setahun, kita mungkin akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan sumber air buat menyiram tanaman atau kebutuhan bersih-bersih rumah. Namun memanfaatkan Air buangan AC, Anda bisa mengakali keterbatasan tersebut.

Tapi ingat ya, meskipun sumber air ini akan berfungsi dengan baik untuk kebutuhan bersih-bersih rumah, sistem pengairan tanaman, kebun dan kolam, dan lainnya, tidak boleh dikonsumsi karena kesimbangan pH air-nya memang tidak layak untuk diminum.

Baca juga: Rekomendasi Toko Ramah Lingkungan

Photo by Leman on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top