Now Reading
Ini 8 Fakta WGM Irene Sukandar yang Berprestasi

Ini 8 Fakta WGM Irene Sukandar yang Berprestasi

Mari berkenalan lebih dekat dengan Irene Sukandar, atlet catur Indonesia yang berhasil mengalahkan Dewa Kipas di podcast Deddy Corbuzier.

Pemain catur wanita yang bernama lengkap Irene Kharisma Sukandar mejadi topik perbincangan hangat di berbagai jejaring sosial setelah berhasil menang dari Dewa Kipas pada tanggal 22 Maret 2021 di podcast Deddy Corbuzier. Perempuan kelahiran 7 April 1992 ini merupakan salah satu atlet catur Indonesia yang memiliki segudang prestasi membanggakan baik di dalam maupun luar negeri.

Baca juga: 5 Manfaat Bermain Catur Untuk Anak-anak

Kenali Irene lebih dekat, berikut di bawah ini beberapa fakta tentang Irene Sukandar.

1. Lulusan S2 dan mendapatkan beasiswa penuh

Tak hanya cerdas di bidang catur, Irene juga merupakan seorang wanita cerdas dalam bidang pendidikan. Meskipun sudah sukses berkarir di bidangnya, dia tetap tidak mengesampingkan pendidikan. Irene menempuh pendidikan S1 di jurusan Sastra Inggris, Universitas Gunadarma, dan berhasil lulus pada tahun 2015.

Tidak cukup sampai di situ, irene pun melanjutkan S2 nya di jurusan Hubungan Internasional, Webster University, Amerika Serikat. Dia berhasil mendapatkan gelar M.A. atau Master of Arts pada tahun 2017.

Irene mendapatkan beasiswa penuh untuk pendidikannya, baik di jenjang S1 maupun S2 berkat prestasinya di bidang olahraga catur.

2. Berasal dari keluarga atlet

Irene yang merupakan anak kedua dari tiga bersaudara ini berasal dari keluarga atlet. Kakak laki-laki dan adik perempuannya juga merupakan pecatur handal. Keduanya juga pernah bertanding di PON Jawa Barat.

Ayah Irene, Singgih Heyzkel, juga adalah seorang atlet. Namun, berbeda dari ketiga anaknya, ayah Irene bukanlah seorang pecatur, melainkan seorang atlet tenis meja.

3. Memiliki 2 gelar WGM dan IM

Irene telah mendapatkan 2 gelar bergengsi. Gelar Woman Grandmaster (WGM) didapatkan pada tahun 2008. Dengan begitu, Irene merupakan pecatur wanita pertama dari Indonesia yang mendapatkan gelar ini.

Gelar kedua, yaitu International Master (IM). Uniknya, gelar ini biasanya diberikan kepada pria, namun Irene berhasil mendapatkannya pada tahun 2014.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Les Catur Untuk Anak dan Kisaran Biayanya

4. Masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30

Berprestasi, Irene akhirnya berhak masuk ke daftar Forbes 30 Under 30 Honoree pada tahun 2019. Gelar ini diberikan kepada orang-orang yang sukses dan memiliki prestasi membanggakan sebelum berumur 30 tahun.

Kapan Irene pertama kali meraih gelar master catur pertamanya? Mommies pasti akan kaget, karena dia meraihnya di usia yang sangat muda. Baca selengkapnya di HALAMAN SELANJUTNYA.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top