banner-detik
KIDS

5 Manfaat Bermain Catur Untuk Anak-anak 

author

?author?25 Mar 2021

5 Manfaat Bermain Catur Untuk Anak-anak 

Berkat  serial Netflix The Queen's Gambit dan pertarungan Dewa Kipas vs GM Irene Sukandar, olahraga catur kembali naik daun. Ini 5 manfaat bermain catur untuk anak. 

Beberapa waktu terakhir ini catur kembali naik daun, berawal dari serial Netflix berjudul The Queen's Gambit, di mana Beth Harmon selaku tokoh utama berhasil mengalahkan banyak pecatur dunia dengan kemampuannya yang dia peroleh dengan belajar pada petugas kebersihan sekolah. Dunia percaturan kembali dibuat heboh saat Dewa Kipas asal Indonesia berhasil menjadi pemenang melawan GothamChess, walau kemenangannya diduga penuh tipuan. Gongnya, Dewa Kipas duel catur dengan GM Irene Sukandar live di Youtube Deddy Corbuzer dan ditonton oleh 12 juta orang!

Bicara tentang catur, tahukah mommies, catur berasal dari India bagian barat. Awalnya dikenal dengan nama Chaturangga, merupakan bahasa Sanskrit. Mempunyai arti “4 pasukan perang”, merujuk pada 4 pasukan perang yang digunakan oleh India saat itu: Kereta perang, tentara bergajah, tentara berkuda dan infantri. Nama ini menggambarkan kondisi perang yang sesungguhnya di India pada masa itu. 

Nah, kalau karena kehebohan catur belakangan ini membuat Mommies atau mungkin si kecil jadi berminat catur, nggak salah kok, karena ada banyak manfaat bermain catur untuk anak-anak, seperti berikut ini:

1. Meningkatkan Konsentrasi dan Memori

Studi yang dilakukan oleh University of Memphis telah menemukan bahwa anak-anak yang bermain catur secara signifikan meningkatkan memori visual, rentang perhatian, dan kemampuan penalaran spasial. Semua faktor tadi merupakan faktor penting anak mampu mengikuti kegiatan belajar di sekolah.

2. Meningkatkan Kemampuan Matematika dan Membaca

Kebutuhan untuk fokus pada pemecahan masalah dan proses berpikir melalui variabel bergerak merupakan ciri penting yang membantu meningkatkan keterampilan matematika anak.  Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa karena catur mengharuskan anak-anak menggunakan proses kognitif seperti decoding, analisis, berpikir, dan pemahaman (semua keterampilan yang diperlukan untuk membaca), anak yang bermain catur  keterampilan membacaya sangat meningkat  dibandingkan anak-anak yang tidak bermain.

3. Membantu Mengembangkan Logika, Berpikir Kritis, dan Kreativitas

Bermain catur membutuhkan banyak analisa logis "jika-maka" dan skenario "bagaimana-jika", semua bahan yang diperlukan untuk mengembangkan pemikiran logis dan kritis. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa catur meningkatkan kreativitas, yang paling dramatis dalam orisinalitas. Peneliti menghubungkan dorongan ini dengan proses membayangkan semua kemungkinan gerakan alternatif yang melatih pikiran untuk bermain dengan kemungkinan landasan pemikiran orisinal.

4. Termotivasi dan Menghargai Kerja Keras

Bermain catur memberikan umpan balik langsung. Kehilangan fokus, berarti kehilangan kesempatan menang. Mempelajari permainan dan berlatih, artinya berpotensi memenangkan lebih banyak permainan. Dengan catur, anak akan terlatih mengontrol takdir mereka.

5. Kemampuan Berpikir Menyelesaikan Masalah Rumit

Catur membantu anak-anak belajar dan berlatih memikirkan dan menemukan solusi untuk masalah yang kompleks atau rumit.

Usia berapa si Kecil disarankan mulai belajar Catur?

Di kalangan para ahli, hal ini belum ditemukan usia yang pasti. Namun beberapa percaya, lebih awal dimulai, akan lebih baik. Dr. Ferguson dari American Chess School mengatakan, “Saya percaya semakin muda anak, semakin besar pengaruhnya. Otak anak-anak itu seperti spons." 

Pendapat senada datang dari om Brownscombe, direktur skolastik Federasi Catur AS. Menurut dia sebagian anak akan siap mempelajari Catur pada usia 4 tahun. Namun ada pula yang baru siap pada usia 7 atau 8 tahun. Fakta ini dia dapatkan dari observasi langsung, saat mengajarkan anak-anak catur, dengan rentang usia tersebut.

Si kecil di rumah ada yang sedang gandrung bermain Catur, kah? Boleh dong, ceritakan manfaat yang sudah dirasakan di kolom komentar :)

Baca juga:

Tips Menstimulasi 6 Kompetensi Wajib yang Dimiliki Anak di Masa Pandemi

Orang Tua, Stop Katakan 7 Kalimat Ini Ke Anak

Photo by Jani Kaasinen on Unsplash

Referensi artikel:

https://patch.com/new-jersey/pointpleasant/5-important-benefits-playing-chess-kids

https://www.parents.com/kids/development/intellectual/benefits-of-chess/ 

Share Article

author

-

Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan