Now Reading
Catat, 11 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Zoom Meeting

Catat, 11 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Zoom Meeting

Aplikasi Zoom meeting adalah salah satu hal yang akrab dengan kita di saat pandemi, selain masker. Catat, 11 hal yang jangan kita lakukan saat Zoom meeting.

Sejak setahun lalu, frase “Nanti saya kirim ya link zoom-nya” akrab banget di telinga. Dari pekerja kantoran, pemilik bisnis, anak sekolah, kegiatan organisasi hingga acara ibadah banyak memanfaatkan aplikasi Zoom untuk online meeting. Dan faktanya CEO Zoom yaitu Eric Yuan melaporkan bahwa pada April 2020 pengguna aktifnya meroket dari 10 juta menjadi 200 juta hanya dalam kurun waktu 3 bulan.

Tapi apa pun media online meeting yang Anda pilih (Skype, FaceTim, Google Met atau Hangouts, Microsoft Teams, atau Facebook Messenger Rooms) atau layanan percakapan melalui video apa pun, ada etika yang harus dijaga.

Baca juga: 16 Kebiasaan Lady Boss yang Layak Dicontoh

Dan, ini dia 11 hal yang jangan dilakukan saat kita menghadiri zoom meeting:

1. Melupakan profesionalisme

Saat melakukan online meeting, kita harus tetap profesional sama seperti jika kita bertatap muka langsung. Tanya ke diri sendiri, kalau ini adalah rapat tatap muka secara langsung, busana apa yang akan saya kenakan? Bagaimana saya akan duduk dan berbicara? Jangan pakai piyama, daster, atau pakaian nge-gym. Dan hindari juga santai di sofa atau berbaring di kasur bak putri duyung sedang sun bathing.

2. Background yang menganggu konsentrasi

Pastikan latar di belakang Anda bersih, rapi, dan tidak mengganggu konsenstrasi para peserta pertemuan terutama saat Anda yang dapat giliran bicara. Jika Anda kesulitan mendapatkan latar belakang yang bersih di rumah coba cari dan unduh dari internet dengan kata kunci Zoom’s virtual background.

3. Makan, minum, merokok (serius?)

Hindari makan, minum, apalagi merokok selama pertemuan online, kecuali pertemuan itu memang dirancang sebagai lunch meeting. Makan, minum, dan merokok bisa mengganggu konsenstrasi para peserta lain. Ikuti saja aturan yang sama ketika Anda melakukan rapat atau pertemuan bertatap muka langsung. Mungkin kalau sekadar minum air putih masih oke, ya. Dan, jika memang ini adalah lunch meeting, jangan lupa menekan tombol “mute” sehingga orang lain tidak perlu mendengar suara Anda sedang mengunyah.

4. Zoom sambil mengemudi

Benar-benar bukan ide yang bagus untuk ikut online meeting sambil nyetir. Konsenstrasi dan fokus akan terpecah, Anda bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Jika memang wajib banget ikut zoom meeting di tengah perjalanan, pastikan Anda yang duduk di bangku penumpang.

5. Saling berkirim pesan pribadi di Zoom chat

Sebesar apa pun keinginan untuk mengomentari sesuatu atau sekadar curcol yang nggak ada hubungannya dengan tema pertemuan, jangan bagikan itu di fitur Zoom chat atau fitur chat di platform sejenis karena semua orang bisa membacanya. Jika punya komentar pribadi atau pesan, lebih aman gunakan cara lain seperti SMS atau platform lain.

6. Tidak mematikan tombol mute saat bukan giliran Anda berbicara

Pernah nggak, di tengah-tengah meeting, tetiba Anda dengar nyaringnya suara pedagang tahu bulat digoreng dadakan atau suara kenalpot motor yang dimodivikasi dan level kebisingannya bisa bikin mayat bangkit dari kubur? Ganggu banget kan. Jadi, ingat untuk selalu mengaktifkan tombol “mute” ketika belum giliran Anda buat bicara ya.

7. Terlambat

Sudahlah online, masih juga terlambat? Please! Upayakan hadir beberapa menit sebelum online meeting dimulai untuk memastikan koneksi internet Anda aman dan tidak ada gangguan.

8. Pencahayaan yang remang-remang

Jangan abaikan hal yang tampaknya sepele ini. Pencahayaan yang baik sangat penting agar wajah dapat dilihat dengan jelas oleh peserta lain. Jika memungkinkan, sesuaikan kamera agar berada di ketinggian sejajar dengan mata. Perhatikan sudut layar laptop jika menggunakan kamera internal.

Baca juga: 5 Alasan Wajib Menyalakan Kamera Saat Virtual Meeting

9. Tampilan latar desktop yang ramai macam pasar malam

Jika Anda penyelenggara rapat dan diminta untuk berbagi layar, pastikan untuk membersihkan desktop dan tutup semua tab browser yang tidak perlu dilihat oleh peserta rapat lain. Untuk tujuan keamanan, pastikan Anda tidak menyimpan dokumen penting yang berisi informasi pribadi atau rahasia yang terbuka di layar Anda. Pertimbangkan juga apakah wallpaper Anda profesional dan pantas jika dilihat orang lain.

10. Terlalu fokus dengan gawai Anda yang lain

Hanya karena Anda berada di rumah, bukan berarti semua orang tidak bisa melihat Anda yang fokus menatap ponsel atau tablet Anda yang lain, alih-alih memerhatikan video meeting.

11. Tidak berpartisipasi dalam pertemuan

Di pertemuan yang jumlah pesertanya banyak upayakan tetap menjaga kontak mata, sesekali anggukkan kepala dan tersenyum. Jika Anda harus berbicara, bicaralah dengan suara jelas dan tidak buru-buru, beri waktu kepada peserta lain untuk memahami ucapan Anda. Jika kelompoknya lebih kecil, Anda bisa menunjukkan keterlibatan dengan sesekali memberikan feedback secara verbal.

Tonton: Benarkah Gen Z Adalah Kutu Loncat? Apa Kata Pakar

Photo by Chris Montgomery on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top