Now Reading
16 Kebiasaan Lady Boss yang Layak Dicontoh

16 Kebiasaan Lady Boss yang Layak Dicontoh

Selalu ada hal baik yang bisa kita contoh dari seorang pimpinan. Misalnya seperti 16 kebiasaan berikut ini yang banyak dilakukan oleh lady boss.

Beberapa dari mereka yang kita panggil boss lady memang dari lahirnya sudah begitu. Tapi untuk beberapa yang lain, menjadi boss lady harus dipelajari alias nggak otomatis. Jadi, apa yang kita lakukan hari ini, bahkan semua kebiasaan sehari-hari sangatlah penting. Itu bisa menentukan seberapa sukses kita nantinya. Awali dengan mulai menghargai waktu. Waktu tidak bisa menunggu, waktu tidak bisa kembali. Dan untuk membantu, ini daftar 16 kebiasaan para boss lady yang juga harus jadi rutinitas harian Anda

Bangun pagi dan siap sedia

Banyak wanita dan pria sukses memulai hari mereka dengan bangun pagi. Alasannya adalah jika mental kita terbiasa konsisten, maka tubuh kita akan mengikuti ritme. Jika tubuh dan pikiran kompak maka kita bisa menikmati hari-hari yang produktif. Lakukan ini: sebelum tidur, catat semua hal yang harus dilakukan besok, agar saat bangun pagi, kita sudah tahu tugas apa saja yang harus diselesaikan.

Tidur cukup

Saya setuju menjalani hidup sehat itu penting. Makan sehat, olahraga, minum air putih. Tapi ada kebiasaan bagus lain yang juga tak kalah penting yaitu: tidur cukup. Dengan tidur cukup berarti kita memprioritaskan kesehatan kita. Dengan punya kualitas tidur yang baik, kita akan sehat, jika sehat, bisa bekerja dengan baik.

Tidak tergesa-gesa

Jangan lakukan apa pun dengan terburu-buru apalagi di menit-menit terakhir. Bisa terjadi banyak kesalahan hingga kecelakaan yang malah akan buang-buang waktu dan tenaga. Untuk menghindari ini ingat aturan nomor satu.

Meditasi

Oprah bilang meditasi megubah hidupnya. Jane Fonda bilang meditasi adalah salah satu rahasia ia dapat menua dengan elegan. Meditasi membantu kita menjaga fokus, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kreativitas.

Buat perencanaan keuangan

Dan tertib dengan itu. Menghitung anggaran adalah langkah pertama menuju kebebasan finansial. Ini bukan tentang pembatasan, tapi kontrol. Karena dengan membuat perencanaan , kita jadi bisa merasakan berbelanja tanpa rasa bersalah.

Ucapkan afirmasi positif

Lakukan afirmasi ini di depan cermin dan ulangi sebanyak 3-5 kali. Tindakan ini akan mulai meningkatkan hubungan baik dengan diri kita sendiri, melalui Terapi Berbasis Kognitif. Misalnya, katakan, “Saya orang baik. Saya rajin. Saya pekerja yang cerdas.”

Harus SMART

Perencanaan adalah strategi yang bijak dan kunci penting menuju sukses. Jadi, mulailah hari dengan mengerjakan 3 tugas penting teratas. Fokus dan selesaikan sebelum tenggat waktunya. Untuk membuat rencana ini efektif, kita harus S.M.A.R.T: Specific, Measurable, Attainable, Realistic and Time-bounded.

Bangun jaringan

Akan sulit buat seseorang mendapatkan promosi jabatan jika bosnya bos tidak kenal siapa kita. Jadi, pastikan kita punya pergaulan luas di semua lapisan di perusahaan. Jika ada acara-acara kantor, manfaatkan itu untuk memperluas jaringan.

Bergaul itu prioritas

Seorang boss lady bisa saja punya kepribadian terbuka atau tertutup, tapi sebagai manusia, kodrat kita adalah makhluk sosial, butuh bergaul. Bahkan penelitian yang dilakukan oleh Psychology Today mengaitkan hubungan antara kebahagiaan dan interaksi sosial. Mereka yang senang bergaul, 2 kali lipat lebih bahagia.

Rajin berdonasi

Berdonasi untuk kegiatan-kegiatan positif bukan hanya menguntungkan buat badan amal tapi juga baik untuk jiwa dan memperkuat nilai-nilai pribadi. The National Institutes of Health menemukan bahwa mereka yang senang beramal menjadi orang yang lebih bahagia.

Menambah kosa kata

Komunikasi adalah hal penting. Beberapa orang memang terlahir dengan skill berkomunikasi yang mumpuni, sedangkan sebagian orang lagi tidak. Jadi mulailah memperbanyak perbendaharaan kosa kata dan pengetahuan supaya bisa jadi kawan ngobrol yang menyenangkan.

Ingin tahu itu bagus

Menambah ilmu bisa dilakukan lewat banyak cara. Entah dengan membaca buku, banyak berdiskusi, atau bisa juga dengan berkomitmen belajar hal-hal baru setiap minggu. Para ahli tidak tiba-tiba menjadi ahli, bukan? Penting untuk menjaga pikiran kita aktif dan terus belajar hal baru.

Punya ruangan yang rapi

Mommies, being a minimalist is a state of mind. Ini artinya, kita punya lebih banyak dari yang kita butuhkan.Mampu merasa cukup, mampu menikmati semua yang kita punya dan tidak khawatir dengan apa yang tidak bisa kita miliki. Ingat, fokuslah pada kenangan, bukan benda.

Tahu yang terjadi di seputar dunia

Tak perlu tahu SEMUA. Ketahui hanya fakta dan informasi-informasi penting yang terjadi di dunia, yang bisa berpengaruh besar terhadap hidup kita. Jika kondisinya buruk, kita jadi sudah bersiap mengantisipasinya.

Jalan kaki 15 menit setiap hari

Upayakan melakukan aktifitas fisik setiap hari. Apalagi ternyata, beraktivitas di luar ruangan bisa menjadi antidepresan alami. Bisa pagi-pagi sekali sebelum berangkat ke kantor atau saat jam makan siang. Cari lokasi makan siang yang bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Jangan hitung kegagalan

Anggap semua kesalahan yang pernah terjadi sebagai pelajaran hidup, bukan kegagalan. Jangan biarkan itu semua menahan langkah tapi justru jadikan motivasi untuk memperbaiki diri.

Baca juga:

Ingin Berhenti Kerja? Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini!

Photo by Marten Bjork on Unsplash

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top