Now Reading
Bedanya Food Processor, Chopper, Blender dan Produk Rekomendasinya

Bedanya Food Processor, Chopper, Blender dan Produk Rekomendasinya

dewdew

Walau ketiganya sama-sama untuk memotong, menghaluskan, bahkan menggiling bahan makanan, food processor, chopper dan blender ternyata berbeda.

Serupa tapi sebenarnya nggak sama. Walau food chopper, food processor dan blender secara fungsi adalah sama-sama untuk memotong, menghaluskan, bahkan menggiling bahan makanan, tapi ketiganya sebenarnya berbeda. Karena mata pisau, wadah, dan alat pemotong masing-masing mereka memiliki bentuk yang berbeda. Kalau mommies sedang bingung menentukan sebaiknya beli yang mana, berikut ini bedanya food chopper, food processor, dan blender ditambah produk rekomendasinya biar nanti nggak bingung lagi, dan nggak kelamaan galaunya. Kayak saya, hahaha…

Food Chopper

Kalau mommies tipe yang masaknya nggak banyak, lebih suka yang simpel, semua bahan maunya cemplung-cemplung, lalu dicampur jadi satu, food chopper merupakan pilihan yang tepat.

Fungsi chopper sendiri adalah untuk memotong, menggiling, menghaluskan, atau mencampur berbagai bahan makanan. Dibanding food processor, wadahnya juga nggak terlalu besar. Rata-rata berkisar di volume 350 – 500 ml. Nah, chopper biasanya hanya memiliki 3 perlengkapan saja, yaitu wadah, mata pisau, dan chopper elektriknya. Tapi, saat ini ada juga merek chopper kekinian yang mengeluarkan wadah ukuran hingga 2 liter serta multi pisau. Bahkan bisa mengaduk adonan cake segala.

Sepengalaman saya, sih, untuk menghaluskan bumbu dapur macam bawang putih, bawang merah, dan cabe, chopper nggak optimal, kecuali dicampur air. Jadi kalau salah satu tujuan mommies buat menghaluskan bumbu, menurut saya jangan pakai chopper, takut kecewa. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Vacuum Cleaner Mulai 200 Ribu

Food Processor

Nah, kalau food processor umumnya memiliki ukuran yang lebih besar daripada chopper baik dalam komplitnya peralatan, hingga ukuran kapasitas wadah. Fitur-fiturnya lengkap, ada yang fungsinya untuk memotong, merajang, mengiris, menggiling, hingga mencampur bahan makanan. Ada juga food processor yang dilengkapi dengan fungsi mengulen adonan, walau nggak akan bisa semaksimal pakai mixer, ya.

Karena memiliki banyak fitur itulah, food processor punya berbagai jenis pisau yang bisa dibongkar pasang. Buat mommies yang hobi eksperimen resep, suka memasak dalam jumlah besar, mending beli food processor, daripada chopper

Blender

Kalau peralatan yang satu ini, mungkin mommies sudah lebih fasih, ya. Kebanyakan hanya bisa menghaluskan bahan makanan cenderung lunak dan berair seperti buah dan sayur. Buat yang hobi bikin smoothies dan juice, blender merupakan perlengkapan dapur wajib punya.  

Produk rekomendasinya

Oxone OX-272

Food Processor Chopper dan Blender

Rp 350.000

Food chopper dari Oxone ini akan dengan sangat mudah menghaluskan daging, hemat listrik lagi, karena hanya membutuhkan daya 250 watt. Mulai dari mengolah daging sapi, ikan, keju, hingga membuat sosis bisa dilakukan menggunakan chopper ini. 

Mitochiba CH-200

Rp 700.000

Food chopper yang ini sepertinya lagi jadi idaman semua ibu-ibu yang gemar ke dapur. Mitochiba CH 200 dilengkapi dengan 2 wadah, yaitu goblet berukuran 2 liter dan 0,7 liter. Ada dua pengaturan speed, dan memiliki triple blade (total 6 mata pisau) untuk goblet besar dan twin blade (total 4 mata pisau) untuk goblet kecil. Kuat banget pisaunya. 

Kenwood FDM 307SS

Rp 3 jutaan

Kenwood FDM 307SS punya teknologi penggerak in-bowl terbaru. Semua bagian food processor  dapat dilepas, sehingga lebih mudah dibersihkan. Memang dayanya sedikit lebih besar, yaitu 800 watt. Dilengkapi dengan mangkuk 2,1 liter, blender kaca 1,2 liter, press buah jeruk, juicer, multi mill, hingga pengaduk adonan.

Signora Plus

Rp 4.980.000

Food Processor dari Signora ini selain desainnya elegan, juga dilengkapi dengan 6 jenis tipe pisau, yaitu pisau untuk parutan, irisan, pisau besar, pisau kecil dan whip disc. Kapasitasnya sendiri mencapai 2 liter dan terdapat 3 tombol, on, off, dan pulse. Hebatnya lagi, food processor ini punya laci khusus tempat menyimpan 6 jenis pisau tadi, jadi pisaunya nggak ilang-ilangan.

Nutribullet Pro

Rp 1.800.000

Buat mommies yang lagi jaga makan dan sering mengonsumsi jus buah hingga sayur, Nutribullet Pro bisa jadi jawaban.  Dayanya memang besar, sih, sekitar 1000 watt, tapi pisaunya didesain secara khusus supaya ekstrak gizi pada sayur dan buah tidak hilang. Blender ini dilengkapi dengan 2 cup ukuran 700ml dan 1 cup ukuran 590ml. Dikasih buku resepnya, lagi.

Panasonic MX-GX2062W

Rp 600.000an

Panasonic sendiri terkenal dengan home appliances-nya yang bandel dan tahan lama. Kalau beli barang-barang Panasonic, dipastikan awet sampai bertahun-tahun. Blender Panasonic ini bukan plastik, ya, terbuat dari kaca wadahnya. Ada double safety check-nya juga.  Pas buat konsumsi rumahan, ya mommies.

Baca juga: 5 Pilihan Tanaman Pengusir Nyamuk

Tonton: Beda Antara Tepung Protein Tinggi Komachi, Hime dan Cakra Kembar

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top