Now Reading
5 Pilihan Tanaman Pengusir Nyamuk

5 Pilihan Tanaman Pengusir Nyamuk

Dua dari lima rekomendasi tanaman pengusir nyamuk yang kami berikan di bawah ini, bisa juga buat bahan memasak, lho! 

Ayo siapa yang lagi suka-sukanya mengoleksi tanaman hias? Mengingat masih musim hujan, nggak ada salahnya mommies juga turut adopsi tanaman pengusir nyamuk di rumah. Dua dari lima rekomendasi tanaman yang kami berikan di bawah ini, bisa buat bahan memasak. 

Baca juga: INFOGRAFIK: Semua Tentang Nyamuk, Si Kecil Mematikan

Oh iya, kami pilihkan juga yang mudah ditemukan di e-commerce kesayangan mommies dengan harga terjangkau. Karena idealnya tanaman jenis ini dikoleksi beberapa pot.

1. Lemon balm

Tanaman ini tidak berbunga, masih satu keluarga dengan tumbuhan mint lamiaceae. Biasa dimanfaatkan sebagai minuman dan bahan obat. Selain itu tanaman lemon balm mengandung zat citronellol yang tidak disukai oleh nyamuk.

2. Serai wangi

Biasanya digunakan sebagai rempah-rempahan memasak, karena aromanya yang sangat khas. Nah, dari aroma inilah terkandung zat geraniol dan citronellol yang bisa mengusir dan membunuh nyamuk. Makanya kalau mommies perhatikan, serai wangi sering digunakan sebagai bahan dasar lotion nyamuk.

3. Rosemary

Kita mengenal tanaman ini sebagai salah satu bahan memasak. Namun ternyata, bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Jika mommies endus, aroma rosmery seperti aroma minyak telon atau minyak kayu putih. Konon katanya, tanaman pengusir nyamuk ini tahan terhadap panas matahari, penyakit, dan hama. Bau yang dihasilkan rosemary mampu membuat nyamuk pusing dan kehilangan kendali akan inderanya. 

4. Zodia

Tanaman ini sudah dikenal manfaatnya oleh masyarakat Papua. Digosokkan ke seluruh tubuh yang berisiko digigit nyamuk sebelum masuk ke hutan. Sama dengan tanaman pengusir nyamuk lainnya, zodia juga punya zat yang dibenci nyamuk.

5. Geranium

Nama lain dari Geranium adalah tapak dara. Mengandung zat geraniol dan  citronellol yang mudah terbawa angin. dan tidak disukai nyamuk. Kalau mommies punya beberapa pot Geranium di rumah, fungsinya selain mengusir nyamuk, juga bisa menjadi tanaman hias karena Geranium bisa berbunga.

Baca juga: 6 Cara Menghalau Nyamuk Membandel di Dalam Rumah

Ada yang sudah coba salah satu khasiat tanaman pengusir nyamuk di atas mommies? 

Follow us on Instagram. 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top