Now Reading
10 Tanaman Hias Langka dan Menarik untuk Dikoleksi

10 Tanaman Hias Langka dan Menarik untuk Dikoleksi

Plant lover, mungkin berniat menambah koleksi “anak-anak” hijau di rumah? Kami berikan 10 pilihan tanaman hias langka berikut ini yang layak dikoleksi.

Sebelum memantapkan pilihan, kami tak bosan-bosannya mengingatkan – bahwa memelihara atau mengadopsi tanaman, sama saja merawat makhluk hidup. Butuh komitmen tinggi, agar mereka tumbuh dan bertahan dalam waktu yang lama. 

Kami pernah membahasnya di artikel 15 Pusat Belanja Tanaman Hias di Jabodetabek dan Jawa , salah satunyabenarkah mengadopsi tanaman datangnya dari hati. Benar-benar bisa menikmati pertumbuhan mereka, meski membeli dari ukuran kecil? Bukan sekadar “latah” ikutan tren yang kini booming di era pandemi?” :)

Kalau sudah benar-benar merasa punya kecintaan tanpa syarat dengan berbagai jenis tanaman, dan sudah terbukti di rumah berhasil merawat aneka varian tanaman hias, mulai dari harga “receh” sampai “sultan”, mungkin sudah saatnya mommies melirik tanaman hias langka untuk dikoleksi. Siapa saja mereka?

1. Tanaman Pitcher

Asal tanaman karnivora ini dari Filipina, kalau di Indonesia namanya Kantong Semar yang biasa melahap serangga. Mereka punya perangkap yang bentuknya mirip seperti lubang lonjong menjuntai dari sulur-sulur yang menempel pada daun hijaunya.  Jadi ketika ada serangga hinggap di, mereka akan tenggelam di cairan yang ada di dalam kantung Pitcher. Selanjutnya serangga malang akan dicerna oleh enzim, sebagai asupan makanan Kantong Semar.

Kantong Semar butuh asupan sinar matahari yang banyak, namun di sisi lain tingkat kelembapannya harus dijaga. Artinya intensitas menyiramnya juga harus diperhatikan, 2 – 3 kali sehari. Tanaman ini akan menangkap unsur hara sendiri, maka sangat disarankan menggunakan tanah ringan yang terdiri dari setengah lumut sphagnum dan setengah perlite.

Jika musim panas, simpan tanaman di luar ruangan. Namun, ketika datang musim hujan, simpan di dalam ruangan dan beri makan setiap bulan. Jenisnya bisa jangkrik hidup, cacing atau pelet ikan. 

Untuk 9 jenis tanaman langka lainnya, silakan baca di HALAMAN BERIKUTNYA, mommies. Happy hunting, dan jangan lupa dipelihara dengan penuh cinta, ya.

Baca juga: 5 Cara Merawat Tanaman Hias Doa

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top