banner-detik
DAD'S CORNER

5 Tips Parenting dari Syekh Ali Jaber

author

fiaindriokusumo21 Jan 2021

5 Tips Parenting dari Syekh Ali Jaber

Dikenal sebagai sosok yang kerap memberi rasa tenang melalui ilmu serta dakwahnya, seperti apa sosok almarhum sebagai orang tua? Berikut tips parenting dari Syekh Ali Jaber.

Walau sudah berpulang, ilmu dan dakwah Syekh Ali Jaber selama hidupnya tidak akan putus di jemaahnya. Dikenal anak sebagai sosok yang membanggakan dan berbakti pada orang tuanya, Syekh Ali Jaber pernah menyampaikan kiat-kiat parenting yang baik dalam Islam.

Di Januari 2020, Syekh Ali Jaber melalui kanal YouTube resminya menyampaikan dakwah sekaligus pesan untuk para orang tua muslim. Ia berpesan, jangan sampai anak tidak membutuhkan orang tuanya sebagai tempat berkeluh kesah. Jangan sampai anak lalai dengan ajaran agama.

"Kalau anak tidak bisa curhat sama orang tuanya, menurut saya orang tuanya tidak pantas jadi orang tua. Kalau anak enggak bisa merasa nyaman sama orang tuanya, berarti dia tidak bisa menjadi imam yang baik untuk anaknya," kata Syekh Ali Jaber, dikutip dari YouTube Syekh Ali Jaber.

Syekh Ali Jaber juga membagikan ilmu parenting dalam Islam yang menyesuaikan dengan keadaan sekarang, di mana zaman teknologi maju dan godaan fitnah begitu besar. Berikut tips parenting dari Syekh Ali Jaber yang bisa menjadi contoh untuk kita semua:

Jadilah orang tua yang membuat anak nyaman serta percaya untuk curhat

Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa orang tua seharusnya menjadi tempat curhat untuk anaknya. Jangan sampai anak takut untuk curhat dan malah lebih percaya dengan orang selain orang tuanya.

"Kalau anak sudah ketakutan sama orang tuanya, wallahi dia akan curhat di luar. Bisa terbuka aib rumah di luar gara-gara cara kita di dalam rumah. Akhirnya apa? Jatuhnya di tangan orang yang buruk, orang yang jahat. Salah arahkan, akhirnya jadi anak kita yang tidak saleh," kata Syekh Ali Jaber.

"Baru kita menyesal, kalau sudah mendengar perilaku-perilaku anak kita. Itu dosa siapa? Ya dosa kita, tetap tanggungjawab kita," ungkapnya.

Baca juga: Pelajaran Penting Tentang Perceraian dari Gading dan Gisel

Apa empat tips parenting dari Syekh Ali Jaber yang bisa kita contoh? BACA DI HALAMAN SELANJUTNYA. 

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan