Now Reading
Tips Merawat Kulit Kering, Berminyak, Kombinasi dan Sensitif

Tips Merawat Kulit Kering, Berminyak, Kombinasi dan Sensitif

RachelKaloh

Apa tipe kulit Mommies, kering, berminyak, kombinasi atau sensitif? Simak tips merawat kulit dan produk skincare rekomendasi sesuai dengan jenis kulit.

Merawat kulit sesuai jenisnya, tuh, memang bisa dibilang susah-susah gampang. Coba, deh, saya tanya, setiap kali ingin mencoba produk skincare, Mommies, tuh, tipe yang sudah paham betul dengan jenis kulit sehingga mencari produk yang memang sesuai kebutuhan kulit atau … tipe yang, cobain aja dulu, deh, kalau nggak cocok, yaudah?
Nggak salah juga kalau penasaran sama satu produk hanya karena kandungannya. Namun, ingat, produk tersebut tidak akan bekerja secara maksimal bila kita sendiri tidak paham betul jenis dan masalah kulit kita. Sudah beli mahal-mahal, eh, nggak ngefek, malah breakout. Mencegah hal ini terjadi, simak dulu tipsnya.

Berikut tips merawat kulit sesuai jenisnya:

Kulit kering 

Memiliki kandungan minyak alami yang sedikit akibat faktor genetik, ketidakseimbangan hormon, dan faktor usia. Ciri-cirinya, pori-pori kecil, kulit terasa kasar, kusam, pecah-pecah, dapat bersisik dan mengelupas, dan kadang terasa gatal. Biasanya, terjadi juga di bagian lengan, tungkai, bahkan kulit kepala. Tanpa minyak yang cukup, sel-sel kulit dapat mengalami banyak celah yang membuat bakteri, kotoran dan sebagainya mudah menembus kulit, termasuk bakteri penyebab jerawat.

Tips merawat kulit kering

Gunakan skincare yang mengandung pH seimbang serta bahan-bahan yang bisa menjaga kelembapan kulit, seperti hyaluronic acid dan lecithin. Hindari produk cleanser yang mengandung SLS. Pilih toner yang mengandung AHA dan yang menghidrasi. 

Produk rekomendasi: Wardah Hydra Rose Series, Hadalabo Gokujyn Premium, CosRX AHA 7 Whitehead Power Liquid.

Kulit dehidrasi

Artinya kondisi kulit kekurangan cairan. Biasanya terjadi saat berada di ruangan ber-AC terus-menerus. Kondisi ini sifatnya sementara, namun bisa terjadi pada pemilik kulit berminyak dan kombinasi. Ciri-cirinya, kulit terasa tertarik dan sulit kembali saat dicubit, wajah tampak kusam, terdapat garis-garis halus dan mudah terasa gatal. 

Tips merawat kulit dehidrasi

Gunakan pelembap di pagi hari sebelum berkegiatan, aplikasikan kembali kita seharian di ruang ber-AC. Bisa juga gunakan face mist yang mengandung glycerin, asam laktat, atau hyaluronic acid yang dapat menjaga kelembapan ketika kulit mulai terasa kering.

Produk rekomendasi: Haple Licorice Water Face Mist, Avène Hydrance Aqua Cream in Gel

Kulit berminyak

Disebut-sebut lebih mudah berjerawat dan komedoan, namun minyak alami menghambat timbulnya kerut wajah aka secara alami bikin Anda terlihat awet muda. Sebum atau minyak alami pada kulit juga mengandung vitamin E alami yang merupakan antioksidan yang baik. 

Tips merawat kulit berminyak

Penggunaan skincare sebaiknya dibatasi, tidak perlu mengaplikasikan produk sampai lebih dari 8 step karena minyak akan semakin menumpuk di wajah dan menyebabkan jerawat. Hindari kandungan mineral oil, karena partikelnya mudah memicu pori-pori tersumbat. Sangat boleh menggunakan face oil, sesuaikan kandungannya dengan masalah kulit yang sedang dihadapi.

Produk rekomendasi: Indoganic Jojoba Oil (face oil), Pyungkang Yul Essence Toner

Kulit sensitif

Gampang bereaksi terhadap cuaca, kosmetik, bahan kimia dan lain-lain. Mudah kemerahan, terasa panas, gatal, kulit mengelupas sampai jerawat. Hal ini karena skin barrier tidak berfungsi dengan baik sehingga pertahanannya terhadap lingkungan tidak sama dengan kulit normal. Kondisi ini bisa jadi bawaan dari lahir maupun ketika terpapar skincare yang tidak tepat. 

Tips merawat kulit sensitif

Hindari penggunaan air panas dan cleansing tools ketika membersihkan wajah. Saat ingin mencoba produk baru, wajib melakukan patch test di bagian kulit seperti punggung tangan maupun leher, sampai kira-kira terbukti produk tersebut tidak membuat kulit terasa panas dan terbakar dan menimbulkan jerawat. Hindari skincare dan makeup yang mengandung parfum atau pewangi tambahan. 

Produk rekomendasi: CosRX Propolis Light Ampoule, Kiehl’s Calendula Herbal-Extract Toner

Acne prone

Menurut dr. Dewi Hasanah, SpKK, pada beberapa kasus kulit sensitif ada yang sifatnya overlap, sehingga menjadikan kulit mudah berjerawat atau acne prone. Karena kurang lebih sama-sama menunjukkan kulit yang sensitif, maka acne prone bisa mengacu pada tips perawatan layaknya kulit sensitif. 

Tips merawat kulit acne prone

Wajib patch test sebelum mencoba produk perawatan wajah yang baru. Gunakan asam seperti tretinoin dan salicylic acid pada jerawat, namun diimbangi dengan penggunaan pelembap untuk menjaga fungsi skin barrier. 

Produk rekomendasi: Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash, Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence

Baca juga:
7 Rekomendasi Serum Vitamin C Untuk Mencerahkan Kulit Favorit para Mommies
Perubahan dan Tanda Penuaan Kulit di Usia 20, 30, dan 40 Tahun

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top