Now Reading
Perubahan dan Tanda Penuaan Kulit di Usia 20, 30, dan 40 Tahun

Perubahan dan Tanda Penuaan Kulit di Usia 20, 30, dan 40 Tahun

annisast

Tanda penuaan kulit sudah bisa dilihat dari usia 20 tahun. Pun, bisa dicegah dengan gaya hidup, pola makan, dan pemilihan skin care yang tepat.

Penuaan seperti keriput, mau tidak mau pasti akan hadir. Namun sebetulnya, jika sudah rajin pakai sunscreen dan merawat kulit sejak usia 20 tahun, tanda penuaan ini bisa datang tidak terlalu cepat.

Apa saja tanda penuaan kulit mulai usia 20 tahunan?

Berikut berbagai perubahan yang terjadi dilansir dari webmd.

Usia 20 tahun

Wajah akan berubah dan mulai seperti orang dewasa. Baby fat akan hilang sepenuhnya dan wajah kita sudah tidak lagi seperti anak-anak.

Kerutan di sekitar mata dan garis senyum akan mulai muncul dan jika saat kecil sering berpanas-panasan di bawah matahari, kerutan di sudut mata (crow’s feet) akan jadi mudah terlihat.

Bulu halus akan terlihat tumbuh di atas bibir dan melasma atau bercak hitam juga mulai muncul. Untuk menjaga agar jadi tidak terlalu parah, mulai pakai retinol seminggu dua kali dan jangan lupakan moisturizer dan sunscreen!

Usia 30 tahun

Wajah masih tidak jauh berbeda di usia 20 tahun namun makin sering terlihat lelah. Crow’s feet semakin tampak, kerutan di dahi makin terlihat, dan sudut bibir tampak menghitam. Yang paling menyebalkan, dark spots atau sun spots mulai bermunculan di sekitaran wajah.

Skin care yang tepat di usia ini adalah moisturizer yang mengandung oil, retinol ditingkatkan pemakaiannya, dan sunscreen tentunya. Perawatan seperti botox atau dysport untuk membuat rileks otot-otot di wajah sehingga kerutan hilang juga dipercaya bermanfaat untuk jangka panjang. Artinya, botok di usia 30 tahun bisa menunda datangnya kerutan yang lebih parah di tahapan usia berikutnya.

Baca juga: 3 Tips Merawat Kulit Berjerawat dan Kering Saat Hamil

Usia 40 tahun

Kulit mulai terasa kendur, kerutan dalam mulai muncul di sekitar bibir dan dahi. Kulit pun akan terasa lebih kering dan rawan dehidrasi. Melasma, sun spots serta dark spots makin terlihat gelap.

Skin care yang tepat tentu moisturizer yang semakin thick dan harus sudah rutin menggunakan krim malam. Retinol tetap harus dipakai ditambah skin care lain yang mengandung antioksidan.

Di usia ini, botok dan filler bisa jadi solusi jika kerutan sudah makin menganggu. Untuk dark spots, mommies bisa melakukan perawatan laser untuk menghilangkannya.

Usia 50 tahun

Jika di usia muda sunscreen tak pernah terlewat maka di usia ini seharusnya kulit masih sehat. Jika tidak, kerutan semakin dalam, kolagen menghilang, dan kulit pun jadi sangat kendur. Sebabnya di usia ini, lemak di bawah kulit menghilang sehingga kulit jadi semakin tipis, urat-urat pun semakin jelas terlihat dan warna kulit jadi semakin tak merata.

Hormon estrogen yang berkurang pun membuat kulit semakin kering dan keriput jadi semakin terlihat dalam. Perawatan yang tepat adalah gunakan sabun yang tidak mengandung deterjen dan tidak membuat kulit kering, gunakan moisturizer yang rich, serta retinol setiap hari.

Mommies sedang di tahapan usia yang mana? Sudah ada tanda penuaan kulit yang terasa?

Baca: 12 Skincare Anti Aging Favorit para Mommies

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top