banner-detik
SELF

8 Pilihan Hobi di Rumah Selain Berkebun dan Memasak

author

?author?05 Dec 2020

8 Pilihan Hobi di Rumah Selain Berkebun dan Memasak

Tak melulu hobi seputar dapur dan tanaman, selama era pandemi, mommies juga bisa menekuni delapan pilihan hobi di rumah di berikut ini. 

Terhitung dari pertengahan Maret 2020, sebagian orang di Indonesia terkondisikan #dirumahaja, untuk memutuskan mata rantai penularan virus COVID-19. Hal ini membuat porsi waktu di rumah jauh lebih banyak dibandingkan hari-hari sebelumnya. 

Awalnya “mati gaya”, lalu berangsur otak mulai berpikir lebih kreatif, seakan ditantang oleh diri sendiri mencari kesenangan yang bisa dilakukan hanya di rumah saja. 

Usai mendampingi anak sekolah, dan selesai WFH, mungkin di antara mommies ada yang tertarik dengan beberapa hobi di rumah di bawah ini. Atau malah, sudah lebih dulu jatuh cinta.

Baca juga: 10 Bahaya Duduk Terlalu Lama di Saat WFH

1. Painting by numbers

Tidak bisa menggambar tapi mau menghasilkan lukisan yang kece? Nah, ini dia solusinya, “Paint by Numbers”. Teknik melukis yang cocok bagi mommies yang masih pemula di dunia menggambar.

Di e-commerce kesayangan mommies banyak dijual, kok. Masukkan key words “melukis dengan angka”, atau “painting by numbers” - tinggal pilih, hasil akhir lukisan yang sesuai dengan selera dan budget mommies.

Dalam satu paketnya, sudah ada kanvas yang sudah digambar dan di setiap gambar, ada angka yang memudahkan kita untuk melukis. Konsepnya mirip saya gambar anak-anak, yang menghubungkan satu angka dengan angka lainnya. Bedanya angka yang tertera sesuai dengan yang ada di wadah cat. Jadi, mommies harus mewarnai lukisan dengan cat sesuai angkanya.

2. Merajut

Tahukah mommies hobi yang satu ini punya beragam manfaat untuk kesehatan, lho. Di antaranya menenangkan pikiran, layaknya meditasi. Kenapa begitu? Jadi di awal tahap mencoba mungkin ada yang frustasi dengan rangkaian benang dan alat rajutnya. Tapi dengan latihan dan ketekunan, mommies akan menemukan celah dan triknya. Yang awalnya struggle menjadi relaxing. Selain itu, umumnya kegiatan repetitif semacam merajut memberikan manfaat yang sama pada tubuh dan pikiran, layaknya kita melakukan latihan pernapasan saat meditasi.

3. Olahraga di rumah

Beneran deh, nggak ada alasan lagi malas olahraga. Karena pilihan kita bergerak sehat di rumah makin banyak. Mulai dari gratis, meniru gerakan para instrukur olahraga di youtube, hingga olahraga online berbayar, yang bisanya diselenggarakan studio-studio olahraga. Tinggal pilih jenis olahraga dan waktunya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Brand Legging Lokal untuk Dipakai Olahraga Selama Pandemi

4. Belajar bahasa baru

Kepincut belajar bahasa Korea gara-gara nonton serial drama korea? Ya, apapun alasannya, yang penting sesuatu yang sifatnya upgrade pengetahuan - nggak ada salahnya dicoba. Bisa belajar online dan aplikasi untuk mempelajari berbagai macam bahasa di dunia. Tak cuma itu, biasanya, nih, kalau sudah jatuh cinta sama bahasanya, akan mencari tahu tentang budaya, sejarah hingga makanan khas negara tersebut, seru!

5. Menulis

Ada yang sudah ikutan #30dayswritingchallenge? Bagi mommies yang belum terbiasa menulis challenge ini menurut saya mudah diikuti, karena bisa menggunakan media akun social media instagram. Atau kalau nggak mau diekspose, menulis di laptop, bahkan semacam jurnaling di buku juga nggak masalah. Tiap harinya sudah ditentukan tema apa yang harus mommies tulis. Atau lagi, yang sudah saya hanya ingin menulis setiap harinya, cerita tentang apa yang dialami, silakan juga.

Kegiatan ini bermanfaat sebagai terapi mental, memindahkan emosi negatif yang kita alami kepada sesuatu yang sifatnya lebih positif. Mengungkapkan perasaan berupa tulisan mampu meningkatkan suasana hati dan memberikan rasa tenang. Kita akan dilatih berpikir secara teratur dan membuat beban terasa lebih ringan.

6. Meditasi

Hanya membutuhkan minimal 15 menit dalam sehari. Untuk mommies yang masih bingung bagaimana, ya, memulai meditasi. Tenang, teknologi Youtube akan memandu mommies melakukannya, atau aplikasi gratis. Jika dilakukan secara periodik, meditas bermanfaat memperbaiki suasana hari dan pikiran. Bahkan membuat tidur mommies lebih berkualitas.

Baca juga: Usir Stres dengan 5 Aplikasi Ini untuk Meditasi 

7. Proyek DIY

Untuk tangan-tangan kreatif yang nggak bisa diam, hobi yang satu ini bisa dipertimbangkan untuk ditekuni. Saya pernah melihat akun IG yang bernama @_dremesh , atau biasa disapa Amesh, seorang DIY Crafter, dan langganan dekorasi Mommies Daily juga kalau ada event-event. Dia mengadakan kelas online melukis pot tanah liat, gemes banget, kan? Nah, kalau jeli melihat peluang, hobi bisa dijadikan sumber penghasilan, lho.

8. Belajar alat musik

Gitar! satu alat musik yang hingga di usia sekarang masih ingin saya pelajari. Bagi mommies yang punya keinginan terpendam seperti saya tidak ada kata terlambat. Mommies bisa mempelajarinya melalui youtube, di situ akan ada banyak tutorial memainkan alat musik tertentu. 

-

Ada yang menemukan hobi di rumah selain yang kami sebutkan di atas? Cerita dong, di kolom komentar :)

Baca juga: 5 Tips Merawat Tanaman Hias yang Rusak karena Hujan

Share Article

author

-

Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan