Now Reading
Menjaga Kesehatan Telinga Anak Karena Terlalu Sering Pakai Headphone

Menjaga Kesehatan Telinga Anak Karena Terlalu Sering Pakai Headphone

annisast

Headphone, jadi salah satu gadget yang banyak dibeli selama pandemi ini terutama jika lebih dari 1 anak sekolah di rumah. Agar tidak saling mengganggu, setiap anak memakai headphone. Berpengaruhkah pada kesehatan telinga anak?

Tentu iya. Suara yang terlalu keras atau menggunakan headphone terlalu lama bisa menimbulkan kerusakan pada alat pendengaran kita.

Tapi sebagai orang dewasa, kita bisa dengan mudah paham kalau ada yang tidak beres dengan telinga kita sendiri. Namun anak-anak biasanya mengabaikan dan tidak menganggap aneh. Jadi pertama, komunikasikan pada anak kalau ia harus secepatnya bilang pada kita kalau telinga terasa tersumbat atau mendengar suara dengungan, suara angin, dan suara tak wajar lain dari dalam telinga. Tanggapi keluhan anak dengan serius dan kunjungi dokter THT secepatnya.

Dari The Conversation, ini hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan telinga anak.

Perhatikan volume suara

Kadang anak tak memperhatikan suara dari headphone-nya terlalu keras, jangan lupa untuk sesekali memeriksa dengan cara memakai headphone anak untuk mengetahui seberapa keras suara yang ia dengar.

Kenali kualitas headphone

Ada headphone yang suaranya bocor sehingga suara yang keluar terdengar lebih keras. Pastikan beli headphone yang bisa menutup suara keluar (noise cancellation) sehingga suara yang pelan pun tetap terdengar jelas dan “jauh” dari telinga.

Tes dengan cara memanggil anak

Jika terlalu keras, anak biasanya sampai tidak memperhatikan suara lain di sekelilingnya. Pastikan ia masih bisa menjawab atau minimal sadar saat dipanggil sehingga kita yakin suara dari headphone-nya tidak terlalu keras.

Perhatikan durasi pemakaian

Apapun yang dipakai berlebihan tentu tidak baik jadi pastikan anak tidak berlebihan menggunakan headphone-nya.

Jadi role model yang baik

Yah apalagi sih yang bisa dilakukan sebagai orangtua ahahahaha. Pastikan diri kita sendiri pun saat memakai headphone tidak terlalu keras dan terlalu lama

Semoga kesehatan telinga anak kita tetap terjaga, ya!

Baca juga:
Tips Menghilangkan Distraksi saat Anak School from Home
Tipe-Tipe Orangtua Saat Menemani Anak School From Home
Rekomendasi Homeschooling di Jabodetabek

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top