Now Reading
Rekomendasi Homeschooling di Jabodetabek

Rekomendasi Homeschooling di Jabodetabek

RachelKaloh

Ada yang berstandar sekolah nasional juga, di mana ijazah yang anak dapatkan di homeschooling ini diakui di sekolah umum. Ini rekomendasi homeschooling program di Jabodetabek.

Semenjak pandemi, PJJ atau SFH yang diadakan dari pihak sekolah secara resmi nggak jarang membuat orangtua lalu jadi kurang puas. Kenapa? Ya, karena sistem pembelajarannya dianggap kurang maksimal, tentu. Banyak juga yang beranggapan bahwa uang sekolah yang sudah dibayar kini tidak lagi bisa memenuhi ekspektasi yang sebelumnya sudah terbentuk sedemikian tinggi terhadap sekolah anak (yang dulunya memang jadi sekolah idaman).

Hasilnya, banyak orangtua yang kini melirik ke metode homeschooling, yang memang benar homeschooling, ya, alias metode belajarnya memang tidak di dalam satu kelas, melainkan dari rumah.

Buat Mommies yang tertarik, rekomendasi homeschooling berikut ini mungkin sesuai dengan kriteria yang dicari.

Windsor Homeschooling   

Claimnya, Windsor HS merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi siswa siswi yang tidak terakomodir di sekolah formal karena berbagai faktor tertentu. Sekolah yang sudah berdiri sejak tahun 2007 ini telah memiliki Nilem (Nomor Induk Lembaga PKBM) dari Kemendikbud dan izin operasional pelaksanaan kegiatan Yayayasan PKBM Windsor telah diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Nantinya, sebagai hasil akhir menuntaskan proses belajar mengajar, siswa Windsor akan menempuh ujian nasional berbasis komputer. Program kegiatan pembelajaran homeschooling Windsor terkonsentrasi pada jenjang setara SD, setara SMP dan setara SMA. Mereka bahkan menyediakan program kegiatan outing dan kegiatan keterampilan (lifeskill).

Lokasinya di Jakarta Pusat. Untuk pendaftarannya, bisa via telefon dengan Mr. Jayadi di 0813 1678 8845 atau cek info lengkapnya di sini.

Homeschooling Kak Seto

Semua pasti sudah kenal dengan Kak Seto. Karena bentuknya adalah sistem pendidikan nonformal, maka homeschooling Kak Seto ini mengutamakan pada kelenturan dan fleksibilitas, sehingga sekolah ini memang tidak terlalu berstruktur sebagaimana sekolah formal, melainkan berdasarkan filosofi sederhana “belajar dapat dilakukan kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja”.

Visinya adalah mendorong dan memfasilitasi siswa sesuai dengan minat dan bakatnya melalui pendekatan individual, sehingga anak memiliki dorongan internal yang kuat untuk terus mengembangkan diri sampai berhasil memaksimalkan seluruh potensinya dan mampu berprestasi dalam bidangnya. Program pembelajarannya ada 3 jenis, yaitu komunitas, distance learning dan distance learning tunggal.

Berlokasi di Tangerang Selatan. Untuk pendaftarannya, bisa langsung klik http://ppdb.sekolahkakseto.sch.id/ atau kunjungi websitenya di https://www.hsks.sch.id/

Sinergia Education Homeschooling

Sinergia Worldwide Education merupakan organisasi yang mengedepankan pendidikan berkualitas dan menawarkan berbagai layanan bagi masyarakat Indonesia untuk mencapai kompetensi global.

Ada 9 program unggulan dari Sinergia, yaitu sekolah mandiri, homeschooling, persiapan masuk universitas, pembelajaran yang didukung, pusat bahasa, dukungan dan konsultasi studi internasional, homestay, study tour, dan e-learning. Program Sinergia juga memberikan keterampilan dasar berupa mata pelajaran inti, yaitu bahasa Inggris, Matematika, Sains, dan Ilmu Sosial. Selain itu, mereka juga fokus pada pengembangan karakter dan leadership skill yang kuat. 

Berlokasi di Jakarta. Untuk pendaftaran, bisa langsung klik https://sinergiaeducation.com/registration/ atau kunjungi websitenya di https://sinergiaeducation.com/

Anak Panah Cyber School

Visi misi dan Anak Panah Cyber School yaitu pelayanan pendidikan tanpa dibatasi ruang, jarak dan waktu, pelayanan pendidikan mudah diakses dan dijangkau oleh siswa di manapun dan kapanpun, dan berperan serta dalam kegiatan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anak Panah Cyber School terdiri dari homeschooling atau komunitas sekolah rumah dan cyberschool atau sekolah online. Sekolah ini terdaftar sebagai sekolah nasional dan ijasah SD dan SMP yang dikeluarkan dapat digunakan untuk masuk ke sekolah SMP dan SMA formal. Ijazah SMA dapat digunakan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Bahkan, siswa siswi Sekolah Panah bisa melanjutkan ke sekolah formal di tengah kelas. 

Sekolah fisiknya berlokasi di Bogor. Untuk biaya pendaftaran dan registrasi, bisa langsung kunjungi https://anakpanah.sch.id/registration/ 

Gimana, Mommies, tertarik untuk mendaftarkan anak setelah membaca rekomendasi homeschooling ini?

Baca:
Tipe-Tipe Orangtua Saat Menemani Anak School From Home
Serba-serbi Homeschooling, Bukan Hanya Memindahkan Sekolah ke Rumah
Mengenal Unschooling: Ketika Anak Tak Pergi ke Sekolah

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top