Now Reading
Ingin Anak Lebih Mudah Tidur? Berikan 7 Pilihan Makanan Berikut

Ingin Anak Lebih Mudah Tidur? Berikan 7 Pilihan Makanan Berikut

siscachristina
nutrisi anak

Merasa sulit meminta anak tidur cepat di malam hari, bisa coba pilihan makanan berikut ini agar anak lebih mudah tidur. 

Semakin tambah umur, jadwal tidur malam anak-anak saya jadi makin molor. Sebenarnya ini wajar. Nggak mungkin anak sulung saya yang sudah SD (usia 7 tahun) saya suruh tidur jam 7 malam kayak bayi, hahaha! Tapi, karena si sulung suka tidur telat, adiknya yang masih usia 2 tahun jadinya ikutan tidur telat juga. At least, saya inginnya mereka sudah berada di alam mimpi jam 9 malam. Bukan apa-apa, ini demi tumbuh kembang mereka juga. Biar bagaimana pun, anak-anak memerlukan jam tidur yang cukup sesuai usianya, demi pertumbuhan otak yang optimal.

Menurut American Academy of Sleep Medicine (AASM) yang juga didukung oleh American Academy of Pediatrics (AAP), anak-anak dan remaja yang mendapatkan jumlah tidur yang cukup dan teratur setiap harinya, memiliki atensi, perilaku, pembelajaran, memori, regulasi emosi, kualitas hidup yang lebih baik, serta fisik dan mental yang lebih sehat. Jadi, nggak heran kalau anak kurang tidur jadi moody dan gampang rewel.

Makanan yang Membuat Anak Lebih Mudah Tidur

Selain menerapkan jam dan rutinitas tidur malam secara teratur, ternyata ada beberapa makanan yang bisa membantu anak lebih mudah tidur. Di antaranya makanan mengandung tinggi karbohidrat dan tinggi kalsium. Memberikan anak camilan berikut beberapa saat menjelang tidur dipercaya membuat anak lebih mudah tidur.

1. Pisang

Washington State University melaporkan bahwa pisang mengandung melatonin dan serotonin yang membantu menenangkan dan mengatur siklus tidur seseorang. Pisang juga mengandung magnesium dan kalium; keduanya membantu membuat otot-otot tubuh menjadi lebih relaks. Bosan dengan pisang biasa? Mommies bisa membuat smoothie pisang bersama susu dan es batu. Kalsium dan triptofan dalam susu akan meningkatkan efek melatonin dan serotonin yang merangsang tidur.

2. Ubi Jalar

Serupa dengan pisang, salah satu superfood mengandung kalium tinggi ini dapat membantu mengatasi kurang tidur. Cobalah mengganti kentang goreng dengan ubi jalar sebagai camilan malam anak.

 3. Oatmeal

Mommies juga bisa mencoba memberi oatmeal pada si kecil. Ternyata, oat memiliki konsentrasi melatonin yang sangat tinggi. Satu porsi oatmeal yang hangat dapat membantu anak merasa kenyang dan menikmati durasi tidur yang lebih lama.

 4. Buah atau jus ceri

Buah ceri, terutama jenis ceri tart, terbukti meningkatkan kadar melatonin dan membantu tidur. Faktanya, meminum segelas jus ceri dapat membantu mengurangi insomnia.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, pistachio, dan mete sering dianggap sebagai makanan yang baik untuk tidur. Walnut mengandung melatonin, sementara almond mengandung magnesium yang bisa membantu otot lebih relaks. Niscaya, anak-anak bisa mendapatkan tidur yang lebih baik. Mommies juga bisa memberikan kacang-kacangan ini dalam bentuk selai dan dioleskan ke roti. Tapi ingat, hindari kacang mengandung gula, karena malah bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dan menyebabkan anak malah “on” lebih lama.

6. Madu

Madu akan melepaskan insulin yang memudahkan triptofan masuk ke otak, dan digunakan untuk membentuk serotonin dan melatonin yang penting untuk merangsang tidur. Mommies bisa mengkreasikan madu dengan roti panggang dan selai kacang. Anak-anak pasti suka!

Baca juga: Tips Memilih Madu Asli dan Mengenali Jenis Madu Palsu

7. Produk susu

Ternyata, asam amino dan triptofan sangat berguna dalam menyebabkan kantuk. Bersama tubuh, triptofan bekerja untuk menghasilkan neurotransmitter serotonin, yang membuat anak merasa mengantuk. Produk susu seperti susu, keju cottage, yogurt dan keju lainnya adalah beberapa sumber triptofan terbaik. Produk susu juga mengandung kalsium yang membantu tubuh memproses triptofan dan menghasilkan neurotransmitter pemicu tidur kedua, melatonin. Mengonsumsi satu porsi kecil keju cottage atau segelas susu hangat satu jam sebelum waktu tidur akan membantu anak rileks dan cepat tidur.

Mommies juga bisa mengombinasikan dua atau lebih jenis-jenis makanan di atas untuk jadi menu kudapan yang nikmat untuk si kecil sebelum tidur.

Baca Juga: Mengenali Berbagai Masalah Tidur pada Anak

Makanan yang Harus Dihindari

Sebaliknya, hindari beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi gula dan kafein seperti aneka permen, es krim, cake atau kue kering, serta cokelat, teh, kopi atau minuman bersoda.

Gula dapat membuat anak lebih sulit untuk tenang dan tidur. Sementara kafein dapat membuat anak terjaga di malam hari. Berikan anak camilan sehat sekitar 30-60 menit sebelum tidur, supaya tidur lebih mudah, pencernaannya pun lancar.

Oya, makanan di atas nggak hanya baik untuk anak-anak, lho. Kalau mommies punya kecenderungan sulit tidur, nggak ada salahnya coba mengonsumsinya juga. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top