Tahapan Skincare Untuk Anak Remaja dan Produk Rekomendasinya

Untuk mommies yang memiliki anak remaja, siap-siap dengan rangkaian skincare untuk anak remaja yang mereka perlukan, ya. 

Menjadi orangtua dari anak yang beranjak remaja dan yang sudah remaja, selain pusing urusan perubahan emosi bak roller coaster, mumet melihat harga sepatu mereka (ahahaha) dan deg-degan dengan urusan cinta monyet serta patah hati, saya juga mulai memerhatikan aspek perawatan wajah mereka. Iya, sudah mulai muncul jerawat-jerawat bandel, atau kulit gosong karena kelamaan olahraga di bawah sinar matahari. Makanya, anak pertama saya sempat saya “geret” ke dokte kulit untuk facial dan dapat wejangan mengenai pentingnya pemakaian sunblock.

Duh, kalau bukan dari mulut dokter yang ngasih tahu, males banget mereka tuh disuruh pakai sunblock. Nah, untuk sesama mommies yang juga punya anak preteen dan teen, simak yuk tahapan produk untuk remaja yang baru ingin memulai perawatan wajah…

Baca juga: Remaja Bau Badan dan Kaki, Begini Cara Mengatasinya!

Double cleansing is a must!

Malas cuci muka artinya membuka peluang buat jerawat mampir di kulit. Apa lagi buat remaja aktif yang banyak kegiatan. Debu, kotoran, sebum atau minyak di kulit, kalau dibiarkan bisa bikin pori-pori tersumbat dan akhirnya menimbulkan jerawat dan komedo. Makanya double cleansing jadi salah satu tahapan skincare untuk remaja yang harus dipraktikkan sejak dini.

Langkah pertama ialah membersihkan kulit dengan first cleanser seperti micellar water, atau cleansing oil kalau memang kulit anak lebih peka dengan gesekan kapas yang ditimbulkan, dan cleansing balm buat yang punya kulit kering. Nggak perlu khawatir sama harga, karena sekarang sudah cukup banyak brand lokal yang mengeluarkan cleansing oil ataupun balm dengan harga sangat terjangkau.

Produk yang bisa dicoba: Garnier Micellar Cleansing Water, Nivea MicellAIR Skin Breathe, Pond’s Vitamin Micellar Water.

Langkah kedua adalah menggunakan second cleanser atau face wash yang disesuaikan dengan jenis kulit. Jika punya tipe kulit oily dan acne-prone, gunakan face wash dengan kandungan anti-acne atau anti-bakteri seperti salicylic acid dan tea tree. Nah, kalau kulit kering, pakailah face wash yang gentle dan mengandung bahan-bahan yang melembapkan seperti hyaluronic acid, aloe vera, atau facial wash yang tidak mengandung/minim busa.

Produk yang bisa dicoba: Untuk kulit oily dan acne-prone, coba Pond’s Acne Solution AntiAcne Facial Foam, atau The Body Shop Tea Tree Clearing Facial Wash. Buat kulit kering, coba Hada Labo Gokujyun Face Wash, atau Clean & Clear Foaming Face Wash.

Baca juga: 14 Tanda Anak Sudah PraRemaja

Hydrate!

Perlu diingat, cuci muka sampai terasa kesat bukan pertanda kulit bersih. Malah, membiarkan kulit kering dan kesat bisa bikin kulit dehidrasi. Maka, setelah membersihkan kulit, tahap selanjutnya adalah menghidrasi kulit. Bisa gunakan hydrating toner, tapi tahap ini optional alias boleh kok untuk di-skip. Namun hydrating toner ini bakalan membantu banget untuk melembapkan dan menyegarkan kulit setelah cuci muka.

Produk yang bisa dicoba: Emina Double The Moist Face Toner, dan The Bath Box Infused Essential Rose Hydrating Toner.

Tahap yang nggak boleh dilewatkan adalah mengaplikasikan pelembap atau moisturizer. Moisturizer penting untuk menjaga kelembapan di kulit. Apalagi jika anak kita sering berada di ruangan ber-AC. Yes, termasuk yang kulitnya berminyak. Kulit berminyak bukan berarti nggak butuh moisturizer, lho.

Produk yang bisa dicoba: Untuk kulit kering, coba moisturizer dengan tekstur creamy. seperti Nivea Soft Mix Me, atau Sukin Facial Moisturizer. Kalau jenis kulit oily dan acne-prone, coba moisturizer dengan tekstur gel seperti Simple Water Boost Hydrating Gel Cream, atau Rose All Day Aloe-HA Aloe Vera Gel.

Lalu apa bedanya day cream dan night cream? Biasanya day cream sudah include SPF atau UV protection, sedangkan night cream biasanya teksturnya lebih thick dan lembap.

Protect Every. Single. Day.

Menggunakan sunscreen juga nggak kalah wajib. Nggak mau kan kalau sampai kulit anak kita menjadi kusam bahkan sampai terbakar sinar matahari, apa lagi sampai jadi belang. Nah, pakai sunscreen adalah kunci! Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 PA++ hingga SPF 50 PA+++. Dan yang terpenting: reapply sunscreen dalam 2 hingga 3 jam sekali.

Produk yang bisa dicoba: Emina Sun Protection SPF 30 PA+++, Skin Aqua UV Moisture Milk, dan Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++.

Note this

Ingatkan anak remaja kita, kalau remaja pakai skincare bukan berarti kecentilan, ya. Merawat kulit memang harus dilakukan sejak dini biar nggak terlambat. Jadi, jangan capek mengingatkan si anak remaja kita untuk memulai skincare.

Ajak anak remaja kita untuk mengenali tipe kulitnya (kalau ini sih, saya bawa dulu ke dokter kulit, ahaha). Dan, ingatkan anak kita, jangan mudah terbawa godaan teman-temannya, karena nggak semua rekomendasi dari orang lain bakalan cocok di dia, because every skin is unique.

Baca juga: Anak dan Idola: Pesan Untuk Remaja Agar Bijak Pilih Idola

Artikel asli dari sini.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top