Remaja Bau Badan atau Kaki? Ajarkan Kebersihan Badan Saat Pra-Remaja Yuk!

Zaman anak-anak masih balita atau toddler kita sudah membantu mereka untuk menerapkan kebiasaan bersih-bersih yang mendasar, layaknya mencuci tangan, sikat gigi, mandi teratur, hingga menutupi mulut saat batuk misalnya. Iya, karena kebanyakan masih kita yang bantu mereka.

Tapi, kan, nggak mungkin, ya, kita yang bantu mereka terus terutama ketika anak-anak sudah menjelang remaja. Yakali, deh, masa mandi aja masih dimandiin. Nah, kalau mereka sudah tahu soal dasar-dasar kebersihan diri, saatnyalah kita mengajarkan mereka untuk membersihkan area pribadi dan privat.

Area pribadi dan privat ini nggak hanya melingkupi kebersihan penis pada remaja laki-laki, atau vagina pada remaja perempuan. Tapi juga area tubuh yang mengalami perubahan jelang remaja seperti wajah yang rentan jerawat, serta ketiak yang sangat mungkin menyebabkan bau badan dan bikin nggak pede.

Berbagai Bentuk Stress Pada Anak Remaja - Mommies Daily

Kebersihan area privat

Untuk remaja perempuan, mulailah untuk mengajarkan kebersihan saat menstruasi, seperti bagaimana cara membersihkannya, cara memperlakukan pembalut, hingga seberapa sering mengganti pembalut dalam sehari. Termasuk apa yang harus dilakukan bila mengalami keputihan. Sementara untuk remaja laki-laki, selain berdiskusi mengenai apa itu mimpi basah, tapi juga cara membersihkannya setelah mengalaminya.

Untuk yang agama tertentu seperti muslim, ada ritual khusus yang harus dilakukan setelah mengalami mimpi basah, kan? Nah, mulailah untuk menjelaskannya. Untuk remaja pria akan lebih nyaman bila dijelaskan oleh ayah, sih.

Cegah bau badan

Saat anak-anak mencapai pubertas, ada kelenjar keringat jenis baru berkembang di ketiak dan area genital mereka. Nah, beberapa jenis bakteri kulit justru berkembang biak melalui keringat yang diproduksi kelenjar jenis ini, hingga akhirnya menyebabkan bau badan atau BB.

Untuk itu, biasakan anak untuk membersihkan tubuhnya dan berganti pakaian secara teratur, terutama setelah aktivitas fisik. Hal ini akan membantu mengurangi penumpukan bakteri dan menghindari BB. Jangan lupa untuk teratur mengganti pakaian dalam, karena underwear biasanya tempat berkumpul sel-sel kulit mati, keringat dan cairan tubuh, yang sangat disukai bakteri kulit.

Mau mulai pakai deodoran? Boleh-boleh saja, selama sesuai dengan jenis kulit. Perhatikan juga ingredients-nya ya. Jika perlu konsultasikan dulu ke dokter kulit jenis deodoran mana yang cocok untuk si remaja.

Biar kaki nggak bau

Kaki dan sepatu yang bau juga bisa menjadi masalah buat rasa percaya diri si pra remaja. Ingatkan anak supaya kaki nggak bau dan tetap bersih, mereka harus memberi perhatian ekstra, terutama saat mandi. Minta mereka juga pastikan sebelum mengenakan sepatu kaki harus benar-benar kering. Kalau saya, sih, mereka harus ganti kaus kaki setiap hari dan usahakan untuk menggunakan kaus kaki katun, bukan yang terbuat dari serat sintetis.

Menjaga kebersihan gigi

Sebenarnya ini mirip membiasakan menjaga kebersihan gigi saat kecil, yaitu dengan menggosok gigi sehari dua kali. Tapi sekarang mungkin bisa ditambah dengan dental floss, serta berkumur dengan cairan khusus pembersih mulut. Jangan lupa juga untuk rutin ke dokter gigi minimal satu kali dalam 6 bulan agar terhindar dari bau mulut, masalah gusi dan kerusakan gigi.


Post Comment