Now Reading
Serba Serbi Ukuran Bayi yang Normal di Usia 0-12 Bulan

Serba Serbi Ukuran Bayi yang Normal di Usia 0-12 Bulan

RachelKaloh

Berat badan, tinggi badan, lingkar kepala bayi dan pertambahan setiap bulannya harus selalu diperhatikan. Berikut ukuran bayi normal sesuai tahapan usianya.

Buat bayi di tahun pertama, ukuran berat badan, tinggi badan dan pertambahannya di setiap bulan memang ada standarnya sendiri yang kita biasa lihat di KMS (Kartu Menuju Sehat). Umumnya KMS ini diberikan dalam bentuk buku dari RS seketika si kecil lahir. Bila tidak memenuhi standar (kurva), anak bisa mengalami risiko stunting.

0-3 bulan

Setelah lahir, berat badan bayi akan mengalami naik turun, namun hal ini wajar. Berat badan bayi 1-2 minggu pertama setelah lahir biasanya akan menurun, namun akan naik secara bertahap, yaitu 170-220 gram per minggu atau 450-900 gram per bulan sampai beberapa bulan pertama. Sementara, panjang badan akan bertambah sekitar 2,5 cm setiap bulannya dan lingkar kepala akan bertambah sekitar 1,25 cm setiap bulan.

4-6 bulan

Masuki usia 4-6 bulan, berat badan bayi biasanya akan meningkat dua kali lipat dari berat badan lahir. Ukuran bayi normal idealnya, berat badan bayi ada di sekitar angka 6-7 kg (2 kali berat lahir) dan tinggi badannya 60-65 cm.

6 bulan

Di usia ini, bayi sudah dapat nutrisi tambahan dari makanan yang lebih padat sebagai pendamping ASI (MPASI). Sudah tahu, kan, kalau MPASI pertama bayi tidak lagi disarankan hanya menu tunggal seperti pure buah tok, namun harus menu lengkap yang adekuat. Artinya, memiliki kandungan makro dan mikronutrien yang mencukupi kebutuhan anak, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, kalsium, zat besi, dan lainnya. Dengan demikian, berat badan yang seharusnya dicapai oleh bayi laki-laki di usia ini adalah 6,4 – 9,7 kg dengan panjang badan sekitar 63-71 cm. Sedangkan bayi perempuan berkisar antara 5,8 – 9,2 kg dengan panjang badan 61 – 70 cm.

Baca juga: dr. Meta Hanindita Kupas Tuntas Soal Stunting

9 bulan

MPASI bayi bentuknya sudah lebih padat lagi dibandingkan pada usia 6 bulan. Bayi biasanya sudah bisa menikmati fingerfood bahkan sudah bisa makan nasi tanpa perlu dihaluskan lagi. Makanan yang lebih padat ini tentu berpengaruh terhadap perkembangan bayi. Berat badan bayi perempuan biasanya ada di sekitar 6,6 – 10,4 kg dengan panjang antara 65,6 – 74,7 cm. Sedangkan bayi laki-laki akan memiliki berat antara 7,2 – 10,9 kg dengan panjang antara 67,7 – 76,2 cm.

12 bulan

Di usia ini, berat badan bayi biasanya sudah tiga kali lipat dari berat badannya ketika lahir. MPASI-nya juga sudah sama dengan menu orang dewasa. Anak sudah bisa makan nasi dan soto ayam tanpa perlu dihaluskan lagi. Bahkan beberapa sudah mulai doyan makan kerupuk. Pastikan saja kebutuhan mikro dan makronutriennya tetap terpenuhi, ya. Umumnya, di usia ini anak memiliki berat badan 8,6 – 10,7 kg dan tinggi badan 72,6 – 77,7 cm.

Baca juga: 10 Tanda Kekurangan Zat Gizi pada Anak

Apabila Mommies menemukan masalah pada berat badan dan tinggi badan anak di tahun pertamanya, yang seringkali berada di bawah kurva, sebaiknya jangan menunda untuk berkonsultasi pada dokter anak dengan sub spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak. Karena kasus kurang gizi atau gizi buruk, tidak mau makan, berat badan kurang bahkan overweight tidak hanya membutuhkan solusi berupa menu khusus dengan jumlah kalori tertentu, melainkan harus digali lebih dalam dulu untuk menemukan akar permasalahannya.

Demikian ukuran bayi normal sesuai tahapan usianya, jangan lupa untuk selalu dipantau, ya!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top