Now Reading
Rumah Belajar Kemendikbud, Ada Apa Saja Sih?

Rumah Belajar Kemendikbud, Ada Apa Saja Sih?

RachelKaloh

Belajar gratis di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Yuk, cobain dan telusuri ada apa di Rumah Belajar Kemendikbud. 

Sudah dengar tentang portal rumah belajar Kemendikbud? Ya, sekarang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan fasilitas online untuk mendukung siswa serta guru, yang menyajikan berbagai program pendidikan agar dapat digunakan secara virtual. Buat yang belum pernah berkunjung, silakan langsung intip di sini

Tentang Rumah Belajar Kemendikbud

Portal pembelajaran ini menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Sampai saat ini sudah ada 266.045 guru dan 640.874 siswa yang telah bergabung.

Baca juga: Beragam Situs Untuk Anak Belajar Keterampilan Hidup

Ada apa saja di dalam Rumah Belajar Kemendikbud?

Rumah Belajar menyediakan empat fitur utama yang bisa anak jelajahi

  1. Kelas Maya

Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja. 

  1. Sumber Belajar

Fitur ini menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi dan permainan. 

  1. Bank Soal

Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Di sini anak bisa langsung menjawab soal tanpa perlu mengunduh dan mencetaknya di kertas. Hasilnya akan terlihat begitu semua soal sudah terjawab. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

  1. Laboratorium Maya

Merupakan sebuah fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. 

Baca juga: Pilihan Kelas-kelas Online Untuk Anak

Selain fitur utama, tersedia juga fitur pendukung seperti: 

  • Peta Budaya

Berisi peta Indonesia, di mana setiap lokasi dapat diklik untuk kemudian anak mempelajari beragam kebudayaan di dalamnya. 

  • Buku Sekolah Elektronik

Menyediakan beragam buku pelajaran dengan format PDF.

  • Wahana Jelajah Angkasa

Fitur ini akan menghubungkan anak ke situs World Wide Telescope oleh Microsoft Research.

  • Karya Bahasa dan Sastra

Berisi kumpulan karya bahasa dan sastra.

  • Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Fitur ini secara otomatis mengantar anak ke situs SimpaTIK (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis Teknologi Informasi  dan Komunikasi. Pembelajaran berbasis TIK ini merupakan program peningkatan kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja UNESCO. 

  • Edugame 

Fitur Edugame Rumah Belajar ini menyediakan beragam permainan interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orangtua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan. 

Kemdikbud bekerja sama dengan berbagai partner seperti Setara Daring, Google Suite, Office 365, Quipper School, Ruang Guru, Kelas Pintar dan masih banyak lagi. Sumber belajar didapat dari dari Radio Edukasi, E-modul, Gerbang Kurikulum, Balai Pelestarian Cagar Budaya, dsb, sehingga materi yang ada di dalam Rumah Belajar ini bisa mencukupi kebutuhan siswa dalam menjalani Pembelajaran Jarak Jauh.

Mommies sudah pernah mencoba? Kalau belum, sekarang saatnya!

Baca juga: Anak Cuti Sekolah Selama PJJ, Begini Pro dan Kontranya

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top