Rekomendasi Situs & Channel untuk Anak Belajar Keterampilan Hidup

Mommies sudah memberikan anak gadget atau smartphone pribadi? Jangan lupa untuk memberikan panduan serta aturannya, ya, terutama ketika mereka menjelajah internet.

Karena internet dapat menjadi tempat yang berbahaya bagi anak-anak jika mereka mengakses situs yang belum semestinya mereka akses. Selain melindungi anak-anak dari konten yang belum pantas mereka eksplor, tentu kita juga ingin internet menjadi hal yang berguna buat mereka. Ternyata ada, lho, situs dan channel yang bisa mengajarkan anak keterampilan hidup atau life skill yang baru.

screen time anak
6 situs dan channel youtube di bawah ini bisa bikin anak-anak terhibur sekaligus belajar untuk mengembangkan keterampilan baru. Sebagian besar situs dan channel tersebut diperuntukkan untuk anak-anak yang rentang usianya beragam, jadi, mommies bisa cari yang sesuai dengan usia serta tingkat kemampuan masing-masing anak, ya.

PBS Kids

Situs yang bermarkas di Virginia, Amerika Serikat ini sarat dengan games, program, hingga video edukatif yang menyenangkan baik buat anak, maupun orangtua. Banyak sekali video yang mengajarkan anak-anak untuk mengembangkan keterampilan seperti investigasi, melakukan hipotesis, refleksi diri, menumbuhkan empati, hingga bagaimana melabeli perasaan.

Di dalam situs PBS Kids sendiri terdapat program-program macam Akademi Internet Webonaut yang mengajarkan anak-anak cara aman berselancar di dunia maya, sementara Wild Kratts mengajarkan mereka tentang berbagai habitat di seluruh dunia.

Brainpop

Situs ini ditujukan untuk anak-anak yang sudah duduk di kelas empat Sekolah Dasar, hingga usia di atasnya. Walau situs ini berbayar, namun ada juga games dan video free-nya, kok. Secara garis besar situs Brainpop membantu anak secara akademis, namun ada juga keterampilan dan pelajaran hidup yang bisa diambil.

Topik-topik sensitif seperti perang, terorisme, perkembangan seksual dan alkohol menjadi bahasan penting di sini. Butuh pendampingan orangtua jika anak mengakses situs ini, ya. Banyak reviewer yang kemudian mengatakan bahwa situs ini cocok dan pas diakses oleh anak-anak usia pra-remaja, lho. Wah, bisa jadi referensi, nih. Jangan lupa mommies cek dulu sebelum akses, ya.

Sesame Street

Situs yang digawangi Big Bird, Elmo, dan Cookie Monster ini awalnya didasarkan pada program TV. Ya, ya, ya, kita semua tumbuh dengan menonton Sesame Street, kan, ya? Walaupun sempat di-dubbing :)).

Kali ini situs Sesame Street menghibur anak-anak dengan games, lagu, video, hingga podcast, sekaligus mengajarkan mereka berbagai keterampilan seperti pengenalan diri, memecahkan masalah, mengatasi konflik antar teman, dan bahkan bagaimana mereka seharusnya menghormati orang lain. Karena itu, situs Sesame Street cocok untuk anak-anak usia dini, dimulai di umur 2 tahun ke atas.

Nussa dan Rara

Tingkah polah kedua kakak adik beserta teman-temannya ini pas banget dinikmati oleh anak-anak beragama muslim. Berbagai keterampilan dan pelajaran hidup bisa dipelajari dari channel youtube Nussa Official ini. Anak-anak bisa belajar tentang keterampilan dasar based on ajaran Islam seperti adab sikat gigi, mencuci tangan, hingga adab meminta izin melalui video animasi. Channel ini juga menyajikan video-video lagu Islami yang mengajarkan anak-anak untuk bersyukur, berempati, dan belajar berani.

Fun Cican

Tak menyangka ternyata animator-animator Indonesia banyak, lho, yang sudah memproduksi seri animasi buat anak-anak di Youtube. Fun Cican ini salah satunya. Pesan-pesan edukatif disampaikan melalui dongeng, dan lagu yang menyenangkan. Mulai dari mengenal huruf, kata, serta padanannya dalam bahasa Inggris. Lucu-lucu banget, deh. Bahkan mengajarkan anak-anak untuk menjaga kamar selalu rapi dengan video musik berjudul Berantakan. Fun Cican ini bahkan sudah punya merchandise store. Wah…

Kok, Bisa?

Nah, kalau channel Youtube yang juga diproduksi oleh anak negeri ini memang lebih banyak menyajikan konten akademis melalui pertanyaan-pertanyaan unik seperti, “Benarkah banyak minum es bikin kita batuk?” Ada juga video-video yang didasari dengan pertanyaan, “Kenapa, sih, kita selalu gugup kalau ngomong di depan umum?”

Channel youtube ini memang pas buat diakses dan ditonton oleh anak-anak usia pra-remaja. Karena konten-konten yang dimilikinya ajaib banget. Seajaib pertanyaan-pertanyaan yang mulai dilancarkan anak-anak pra-remaja kita.

Baca:
Belajar dari Karakter Ibu dengan Anak Remaja di Serial Favorit yang Ditonton Selama #Dirumahaja
5 Temuan Baru Tentang Bahaya Gadget pada Anak
6 Gangguan Emosi Jika Anak Terlalu Aktif Bermain Gadget


Post Comment