Now Reading
Review Record of Youth: Perjuangan Anak Muda, Cinta, Keluarga & Melawan Bully

Review Record of Youth: Perjuangan Anak Muda, Cinta, Keluarga & Melawan Bully

RachelKaloh

Record of Youth ini kisahnya ringan, romance-nya nggak menye-menye, banyak yang bisa jadi pelajaran.

Memang masih on going, tapi ternyata ceritanya menarik buat dibahas. Yang belum nonton, tinggal play aja di Netflix!

Keluarga miskin yang rumit vs keluarga kaya yang kurang tantangan

Record of Youth mengisahkan dua orang sahabat, Sa Hye Jun, yang dibintangi oleh si gemas Park Bo Gum, dan Won Hae Hyo, diperankan oleh si ganteng Byeon Woo Seok. Kehidupan mereka sangat kontras, Hye Jun adalah anak dari kalangan keluarga yang dibilang miskin sih engga, tapi, ya, jauh banget lah sama Hae Hyo yang tampilan rumahnya bikin mupeng, saking kerennya! 

Kehidupan Hye Jun di tengah keluarganya sangat menantang. Mulai dari bapaknya yang pilih kasih, bisa, tuh, membanggakan prestasi kakaknya, sementara apapun pekerjaan Hye Jun selalu dianggap sebelah mata. Padahal, Hye Jun berjuang sampai menjalani 3 pekerjaan dalam sehari demi bisa hidup, dari modelling, jadi pelayan di Subway, sampai menjalani shift malam di restoran lain. Untungnya, dia dekat banget sama kakeknya yang tinggal di rumah mereka.

Sementara, Hae Hyo, meski orang kaya, hidupnya kurang menantang. Ya, iyalah, semuanya serba mudah ia dapatkan. Lulus casting, diterima main film, semua karena ibunya yang jago PDKT sama para sutradara dan manajemen artis. “You can’t always get what you want” tuh hampir nggak berlaku buat kehidupan Hae Hyo, kecuali, kehidupan cintanya.

Si realistis dan mandiri, An Jeong-Ha

Ada juga seorang makeup artist (MUA), An Jeong-Ha, yang diperankan oleh Park So Dam (yes, yang jadi Jessica di Parasite). Dia ini sangat realistis dan mandiri, dari kecil sudah tertuntut menjalani peran orang dewasa, akibat perceraian kedua orangtuanya. Lucky her, bisa berkesempatan menjadi perias model favoritnya, Hye Jun.

Awalnya, dia nggak berani ngaku kalau dia ngefans sama Hye Jun, tapi lama-lama hubungan mereka jadi makin dekat, dan… nonton sendiri aja, deh! Dijamin bakalan gemas lihat hubungan mereka ini. Nggak menye-menye, tapi enak dilihat.

Jadi orang baik vs pantang dibully 

Bukan hanya gimana caranya bertahan hidup, tapi, bertahan dari orang-orang yang nggak senang dengan keberadaan kita sehingga seringkali jadi tukang bully. Dibiarin, tapi, kok, makin rese, diladenin, tapi bisa mengancam karir sendiri.

Hye Jun, saking karakternya selalu memperlakukan orang lain dengan baik, harus merasakan ketidakadilan dari mantan manajernya yang curang, nggak pernah memberikan Hye Jun bayaran sesuai haknya.

An Jeong Ha, ramah, tough, fokus menjalani pekerjaannya, sampai banyak pengunjung salon yang jatuh cinta sama dia, harus bertahan menghadapi seniornya yang nggak terima. Mana seniornya ini jago banget lagi memengaruhi hampir semua karyawan salon untuk ikutan sebel sama Jeong Ha. Awalnya Jeong Ha pasrah karena masih junior, tapi lama-lama, dia berhasil melawan bully.

Jin Woo, sahabat satu gengnya Hye Jun dan Hae Hyo yang bekerja sesuai perintah meski hanya menjadi asisten fotografer, sempat diancam oleh atasannya karena nggak sengaja menjatuhkan lighting. Namun, ia berani melawan ketidakadilan tersebut sampai akhirnya bikin atasannya ngemis supaya dia nggak jadi resign.

Kyeong Jun, kakaknya Hye Jun, di rumah memang terkesan sombong karena selalu dibanggakan sama ayahnya, tapi di kantor bisa bertahan dari bully-an rekan kerja maupun atasannya. Walaupun terkesan ngeyel, tapi Kyeong Jun ini tipe orang yang berpendirian teguh. 

Ibu yang trust vs terlalu ngurusin kehidupan anak

Ibu dari Hye Jun dan ibu dari Hae Hyo, dua karakter yang sangat berlawanan. Ibu Hye Jun bekerja sebagai asisten rumah tangga yang dipercaya banget sama ibunya Hae Hyo, meskipun keduanya sering sirik-sirikan kalau udah ngebahas kehidupan anak masing-masing.

Ibu Hye Jun merupakan sosok ibu yang trust sama anaknya, tahu kapan harus marahin anak karena tindakan anak yang keliru, tapi bangga ketika melihat usaha anaknya mencapai kesuksesan. Sementara, ibu Hae Hyo adalah orang kaya yang serba dimudahkan tapi dia ini gambaran helicopter mom, ngurusin kehidupan anaknya hampir 100% tapi dari belakang, tanpa sepengetahuan anaknya. Kasihan, kan, anaknya jadi nggak belajar menghadapi tantangan. 

Konflik yang dibentuk di sini, nggak terlalu rumit, sih, tapi cukup sering bikin “gemas” saking realnya. Buat saya, drakor ini sangat menghibur dan bisa menyeimbangkan mood dari kondisi realitas saat ini. Minggu depan, di Record of Youth bakalan ada kejutan, lho, dari aktor Park Seo Joon. 

Baca juga:
Jangan Pandang Sebelah Mata, Ini 5 Kampanye Kebaikan dari Drakor
Drakor Tentang Single Moms dan Step Mom, Mana yang Favorit?
Hubungan Ayah dan Anak di 5 Drakor yang Bikin Hati Meleleh

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top