Now Reading
Siapkan 7 Hal Ini Saat Pendaftaran Sekolah Online

Siapkan 7 Hal Ini Saat Pendaftaran Sekolah Online

dewdew

Tahun ajaran 2021/2022 masih jauh. Bahkan di tengah pandemi Covid-19 ini pun rasanya situasi normal belajar di sekolah kian tak pasti. Paling tidak sampai vaksin Covid ditemukan. Pendaftaran sekolah online sampai survey pun harus online.

Namun begitu, pendaftaran sekolah swasta tak ikut-ikutan blur, karena nyatanya sudah banyak yang mulai buka. Orangtua pun sudah mulai kasak-kusuk mencari informasi sekolah incaran. Karena tahun ini berbeda dengan yang sudah-sudah, apa saja yang harus disiapkan untuk survey atau bahkan mendaftar? Apalagi sekarang semua dilakukan secara online.

Cari tahu jadwal open house

Di masa Covid merajalela ini, kebanyakan sekolah tetap membuka open house namun secara virtual. Sebaiknya mommies mencari tahu jadwal open house dari sekarang agar tak ketinggalan. Selama open house pasti akan ada sesi tanya jawab. Di situlah mommies bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan penting dari daftar pertanyaan yang sudah mommies buat sebelumnya. 

Siapkan hal-hal yang ingin kita ketahui dari sekolah

Buat daftar pertanyaan yang ingin mommies tanyakan. Seperti:

  • Bagaimana kurikulumnya dan adaptasi selama pandemi? Menggunakan platform apa?
  • Berapa SPP-nya? Bagaimana penyesuaian SPP selama school from home? Jangan sampai mampu membayar SPP selama pandemi terus ternyata jadi terasa lebih mahal saat pandemi usai ya!
  • Bagaimana value yang dipegang sekolah? Apakah sejalan dengan value yang dipegang di rumah?
  • Untuk masuk SD, apakah butuh assessment kesiapan masuk SD? Bagaimana caranya dilakukan saat pandemi seperti ini?

Lebih lengkap bisa dibaca di postingan ini ya! Sesuaikan saja dengan masa pandemi: Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sekolah

Sistem belajar yang berubah karena pandemi

Sekolah incaran tidak ada virtual open house? Nggak ada cara lain selain bertanya melalui telepon, email, atau chat. Saran saya, sih, lakukan dengan manual alias bertelepon. Mommies akan lebih nyaman dan bisa bertanya lebih detil jika ada lawan bicara. Saya yakin pihak sekolah pun akan dengan senang hati menjelaskan. Syukur-syukur mereka punya detil proses pembelajaran yang sudah didokumentasikan dalam bentuk presentasi power point atau PDF. Jadi selain meminta penjelasan via telepon, mommies bisa dapat informasi lebih lengkap yang dikirimkan via email. 

Seberapa fleksibel sekolah saat PJJ?

Ini cukup penting untuk ditanyakan pada pihak sekolah. Mengingat banyak orangtua yang work from office, sehingga sistem Pembelajaran Jarak Jauh kurang fleksibel dalam mendukung proses belajar anak. Tanyakan juga dengan pihak sekolah sejauh apa sekolah bisa fleksibel dengan orangtua-orangtua yang tetap bekerja di kantor. Sekolah anak saya cukup memberikan kelonggaran terhadap mommies yang harus WFO. Bahkan ujian tengah semester kemarin dilakukan di hari Sabtu dan Minggu untuk mengakomodir kebutuhan orangtua bekerja yang sulit mengawasi anaknya mengerjakan ulangan jika dilakukan di weekdays. 

Jelajah sekolah secara online

Jika sekolah membuka gerbangnya untuk orangtua melihat-lihat kondisi fisik sekolah dengan menjalankan protokol kesehatan ketat, sih, Alhamdulillah. Tapi jika tidak, apa boleh buat, mommies bisa jelajah sekolah secara online. Kalau tidak terlalu yakin dengan website sekolah, mommies bisa bertukar informasi dengan orangtua yang sudah pernah menyekolahkan anaknya di sekolah incaran. 

“Bergaul” dengan mommies di luar circle pertemanan

Momen-momen ‘sulit’ ini sungguh dibutuhkan keterlibatan dan dukungan antar mommies di dunia maya. Bahkan dengan yang belum kenal sekalipun. Mommies bisa bergabung di forum-forum maupun WhatsApp Group seperti WAG Mommies Daily untuk saling bertukar info mengenai sekolah incaran. Karena dengan mengenal mommies lain di luar lingkungan pergaulan kita, bisa jadi kita dapat informasi yang nggak kita peroleh di circle pertemanan kita sendiri.

Dokumen pendaftaran sekolah online yang sudah di-scan

Beberapa sekolah (yang percaya diri :)) bulan ini bahkan sudah membuka pendaftaran, lho, mommies. Jika survey sudah Anda lakukan jauh sebelum pandemi, segera siapkan dokumen pendukung yang sudah discan untuk proses pendaftaran online. Dokumen bisa berupa akte lahir, kartu keluarga, bahkan fotokopi rapor dari kelas 1 hingga kelas 5. Usahakan untuk nggak mepet untuk mengunggah dokumen, ya. Apalagi kalau sekolah tersebut sangat populer. Pagi ini buka pendaftaran, belum ada 5 menit, form pendaftarannya gone alias habis. 

Bagaimana mommies, sudah cukup lengkap serba-serbi pendaftaran sekolah online-nya? Mungkin mommies mau menambahkan poin-poin di atas? Silakan diisi kolom komentar, ya, biar bisa ikut membantu mommies lain dalam menentukan sekolah di tahun ajaran 2021/2022. Terima kasih sebelumnya, lho.

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top