Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Dasar

Memilih sekolah dasar (SD), bagi saya sesulit itu karena anak akan menghabiskan 6 tahun pendidikan dengan biaya yang tidak murah. Ya, biaya SD swasta kan kebanyakan lebih mahal dibanding SMP dan SMA swasta.

SD juga merupakan pendidikan dasar yang akan menentukan apakah anak akan menganggap belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan atau justru membosankan? Jadi apa saja yang harus diperhatikan saat memilih sekolah dasar yang tepat?

Aturan Zonasi Sekolah: Pro dan Kontra - Mommies Daily00

Jarak dari rumah

Tak sedikit teman-teman saya yang pindah rumah karena jarak SD yang sreg dengan kata hati agak jauh. Jarak tentu jadi pertimbangan utama karena anak bisa saja capek di jalan sehingga mogok pergi sekolah.

Kurikulum

Tidak semua anak bisa memakai metode belajar yang sama. Anak kinestetik misalnya, pasti akan stres jika sekolah di sekolah yang mengharuskan duduk di kelas dalam waktu lama. Tanyakan pula berapa jumlah guru yang mengajar dan jumlah siswa dalam satu kelas.

Gedung dan keamanan

Bagaimana kondisi bangunannya? Perhatikan jumlah toilet dan kondisinya apakah layak untuk anak menghabiskan waktu seharian? Bila muslim, apakah musola sekolah cukup nyaman dan apakah punya tempat wudhu khusus? Atau harus wudhu di toilet?

Perhatikan juga jarak dari pintu gerbang ke jalan raya, sampai mana batas maksimal anak berkeliaran? Bagaimana proses penjemputan?

Survey dan testimoni orangtua

Survey langsung ke beberapa sekolah tentu harus ya sehingga mommies bisa langsung memutuskan langsung apakah layak atau tidak anak sekolah di sana. Satu lagi yang tak kalah penting adalah testimoni orangtua yang anaknya sedang sekolah di sana. Tanyakan hal-hal seperti pergaulan orangtua, kerjasama pihak sekolah jika ada masalah, dll.

Uang sekolah

Jangan hanya tanya uang pangkal saja, tanyakan metode pembayaran SPP-nya apakah bulanan atau 3 bulanan? Apakah ada uang tahunan yang perlu dibayar? Berapa biaya ekskul, katering, serta jemputan bila perlu?

Mata pelajaran

Apa yang akan anak pelajari hingga kelas 6? Untuk naik kelas bagaimana aturannya? Apa saja yang dipertimbangkan untuk kenaikan kelas anak?

Boleh bolos berapa hari

Belum masuk kok sudah bertanya bolos ya ahahaha. Tapi sebaiknya tetap tanyakan karena kita harus tahu kuota maksimal bolos anak kalau-kalau ada hal mendadak atau justru liburan terlalu lama. Ada lho, sekolah yang memotong nilai ujian anak yang bolos. Menurut saya tidak adil sih, selama anak bisa mengerjakan ujian, kenapa nilainya harus dipotong hanya karena pernah membolos?

Demikian kritera saya dalam memilih sekolah dasar. Ada yang mau menambahkan moms?


Post Comment