Now Reading
Dear Orangtua, Yuk Dukung Para Guru Selama Sekolah di Rumah!

Dear Orangtua, Yuk Dukung Para Guru Selama Sekolah di Rumah!

annisast

Sekolah di rumah, bukan hanya sulit bagi para orangtua tetapi juga untuk para guru. Apa yang bisa kita lakukan untuk juga mendukung pada guru selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) di pandemi ini?

Selama ini yang mengeluhkan proses pembelajaran jarak jauh adalah orangtua. Padahal para guru juga punya kesulitannya sendiri, lho. Terutama untuk guru pendidikan anak usia dini atau usia baru masuk SD. Anak-anak ini butuh pendampingan ekstra yang tentu sangat sulit dilakukan jarak jauh.

Belum lagi tak semua sekolah mampu memberikan pelajaran online yang layak. Banyak sekolah yang bisa membayar platform online sehingga tantangannya berkurang, tapi banyak juga yang tidak mampu untuk menyediakan berbagai fasilitas sehingga PJJ hanya dilakukan dengan memberi dan mengumpulkan tugas lewat WhatsApp group.

Baca: Cerita Para Guru tentang Sulitnya Mengajar di Rumah

Sebagai orangtua, apa yang bisa kita lakukan untuk para guru agar bisa tetap terus mengajar maksimal selama masa PJJ ini?

Sadari peran orangtua

Masa pandemi ini menyadarkan banyak orang bahwa pendidikan utama memang di rumah bersama orangtua. Sekolah hanya sebagai fasilitas penunjang saja. Dengan mindset baru ini, sebagai orangtua sudah tidak seharusnya kita hanya memberikan beban pendidikan pada guru. Beban pendidikan anak HARUS dibagi bersama antara sekolah dan orangtua sehingga ketika ada hal yang membuat kecewa pada anak, itu bukan semata-mata salah guru di sekolah tapi juga salah kita sebagai orangtua.

Hargai posisi guru 

Hanya karena kita sudah bayar uang sekolah bukan berarti bisa semena-mena pada guru ya! Coba sedikit berempati, guru perlu menyiapkan bahan ajar ekstra di masa pandemi ini. Bahan-bahan yang sebelumnya disediakan di sekolah, kini dibuat versi di rumahnya. Pun juga banyak yang harus menemani anak sekolah di rumah jadi ya bebannya sama saja seperti kita yang harus bekerja dan menemani anak sekolah di rumah. 

Toleransi

Sedikit-sedikit komplain, sedikit-sedikit ngomel karena merasa sekolah tidak sesuai harapan. Padahal ya sedang pandemi gini harapan yang disesuaikan. Kalaupun terasa sangat kurang, bisa dikomunikasikan lewat Komite Sekolah atau PTA. Bahkan, kalau memang merasa tidak cocok lagi dengan masa belajar dari rumah, mommies punya lho pilihan untuk keluar atau cuti dari sekolah sementara

Kirim makanan

Kalau ternyata mommies justru sangat bersyukur dengan kehadiran guru (meski online) selama sekolah di rumah, tidak ada salahnya lho sesekali mengirim makanan sebagai bentuk rasa terima kasih. Membuat orang lain senang, apalagi orang yang mengajar anak-anak kita, tidak ada salahnya, kan?

Yuk terus support guru selama masa PJJ ini!

Baca: Tipe-Tipe Orangtua Saat Menemani Anak School From Home

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top