Now Reading
Rekomendasi Film Tentang Pandemi Untuk Tontonan di Rumah

Rekomendasi Film Tentang Pandemi Untuk Tontonan di Rumah

Film tentang pandemi berikut ini lumayan menghibur dan bisa jadi bahan refleksi di situasi saat ini.

Sengaja saya pilih tema film pandemi, karena kalau nonton film yang kisahnya nyambung sama yang lagi kita alami, semacam ada koneksi gitu, jadi lebih menghayati dan bikin baper, hahaha! Berikut beberapa film tentang pandemi buat movie marathon weekend nanti.

Contagion

Film tentang Pandemi - Mommies Daily

Berkisah tentang bencana virus berbahaya yang menyebar super cepat di penjuru Amerika Serikat, yang membuat para petugas dan peneliti medis berjibaku menangani pasien dan berupaya menemukan vaksinnya. Persis kayak pandemi covid-19 saat ini. Selain ceritanya dramatis dan mencekam, sang sutradara memanjakan penonton dengan aksi dan narasi para aktor kawakan yang kumpul jadi satu di film ini. Ada Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, Marion Cotillard, Bryan Cranston, dan Jennifer Ehle. Rame, ya? Tonton deh, relate banget sama kondisi sekarang!

The Flu

Film Tentang Pandemi - Mommies Daily

Ketika flu tak lagi bisa reda hanya dengan minum jus lemon dan banyak istirahat. The Flu mengangkat realita keganasan virus Flu Burung H5N1 yang menjadi momok menyeramkan di Korea Selatan. Siapa pun yang terinfeksi, hanya punya waktu 36 jam buat bertahan hidup. Lha, sisa waktu hidup selama 36 jam paling dipakai buat apa, sih? Paling hanya bisa berserah dan bersiap menghadap yang Kuasa. Pamitan sama keluarga aja nggak bisa, wong dikarantina. Sengeri itu hingga bisa menyebabkan kepanikan, chaos dan akhirnya keluar sifat asli manusia yaitu homo homini lupus. Untuk penggila film Korea, wajib tonton film besutan Kim Sung-su ini.

12 Monkeys

Film Tentang Pandemi - Mommies Daily

Film garapan Terry Gilliam ini adalah salah satu film lawas tentang pandemi yang mengusung genre sci-fi klasik dengan dua plot: masa depan dan masa lalu. Dari masa depan (tahun 2035), James Cole (Bruce Willis) dikirim ke tahun 1996 untuk menyelidiki penyebab virus misterius merebak di tahun itu dan memusnahkan 99% populasi manusia. Sempat nyasar ke tahun 1990 dan dianggap gila pula. Banyak kejutan dan twist di dalam film ini. Ending-nya pun nggak gampang ketebak. Kemasan dan ceritanya benar-benar berbeda dengan film pandemi kebanyakan. Oya, ada Brad Pitt juga!

Baca juga:

Segala Hal yang Perlu Kita Tahu Tentang MonkeyPox

World War Z

Film Tentang Pandemi - Mommies Daily

Mantan Pegawai PBB Gerry Lane (Brad Pitt) harus melintasi dunia dalam pertarungan melawan waktu untuk menghentikan pandemi Zombie yang banyak menelan korban, dari tentara, pemerintah, hingga mengancam eksistensi peradaban manusia. Salah satu dialog menarik dari film ini, ketika vaksin akhirnya berhasil dikembangkan, Lane malah berkata: “This isn’t the end. Not even close.” Dalam, ya?

Train to Busan

Film Tentang Pandemi - Mommies Daily

Train to Busan juga menceritakan tentang wabah mayat hidup aka zombie, yang menyerang penumpang kereta menuju Busan. Beda dengan World War Z yang menampilkan kota di beberapa negara sebagai latarnya, Train to Busan mengambil latar sebuah kereta. Jadi kebayang struggle-nya untuk selamat dari zombie di tempat sempit, dengan risiko terinfeksi sangat besar. Keunikan film ini terletak pada karakter zombie yang bergerak sangat cepat, seolah sesuai dengan karakter warga Korea yang doyan buru-buru. Selain balutan action-dramanya yang keren, film ini juga sarat akan pesan moral. Coba deh, tonton.

Baca juga:

Aturan Menggunakan Toilet Umum Saat Pandemi

28 Days Later

Kalau ini, film post-apocalyptic dari Inggris yang dibintangi oleh Cillian Murphy, Naomie Harris, dan Brendan Gleeson. Kisahnya berawal dari niat mulia sekelompok aktivis yang berusaha membebaskan simpanse yang rupanya sudah terinfeksi virus di Cambridge. Setelah itu, virus menyebar dengan cepat dan menelan penduduk. Menyisakan beberapa orang saja termasuk Jim (Cillian Murphy) yang terbangun dari koma selama 28 hari sejak virus mewabah. Film ini ada sekuelnya juga: 28 Weeks Later.

Dari dulu, film wabah sebetulnya sudah eksis. Ini menandakan dari masa ke masa, pandemi bakalan terus ada, dan malah berevolusi jadi makin mengerikan (baca: mematikan!).

But, it’s true. Siapa sih yang nyangka bakal ada Corona? Nggak ada satupun orang yang siap ngadepin pandemi yang datangnya nggak pake kulonuwon. Kalau sudah begini, kita cuma bisa nyari cara buat survive, tanpa menyakiti sesama manusia, dan makin mendekatkan diri pada Sang Khalik. Hanya itu yang bikin kita bisa bertahan sampai sejauh ini (sending virtual hugs to all mommies).

Film-film ini membangkitkan semangat kita biar nggak putus asa, putus harap, apalagi putus doa untuk memohon agar pandemi corona ini segera berlalu. AMIIIINNN!

Last but not least, happy watching!

Baca juga:

15 Essential Oils Andalan para Mommies

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top