Now Reading
Usir Bosan di Rumah, Ini Pilihan Kegiatan di Akhir Pekan

Usir Bosan di Rumah, Ini Pilihan Kegiatan di Akhir Pekan

RachelKaloh

Anak-anak sudah semakin bosan di rumah, padahal kondisi ini belum tahu kapan selesainya. Untuk usir bosan, coba pilihan kegiatan akhir pekan berikut ini. 

Banyak mall akhirnya sudah buka lagi. Dulu, hampir tiap weekend pasti nge-mall bareng anak. Meski demikian, sampai saat ini saya masih belum berani, tuh, mengunjungi mal, bahkan yang paling dekat sekalipun. Lagipula, di beberapa tempat, lansia dan anak-anak tidak diperbolehkan masuk dalam waktu yang benar-benar nggak bisa kita perkirakan sampai kapan. Ingin rasanya kembali ke masa-masa bebas jalan-jalan tanpa rasa takut dan cemas. Sekarang, ya, tinggal pintar-pintarnya kita mencari kegiatan yang nggak kalah seru buat dilakukan, terutama di akhir pekan.

Main sepeda

Rasa-rasanya, sih, sekarang ini sepedahan menjadi kegiatan yang paling bisa dilakukan buat menghabiskan waktu di luar rumah. Namun, memang, nggak hanya kita yang berpikir demikian, alhasil jalan raya di sore hari itu penuh sama orang-orang yang bersepeda. Kalau kebetulan tinggal di komplek perumahan yang luas, sebaiknya mainnya di situ saja biar lebih aman. Apalagi kalau anak baru saja mulai latihan bawa sepeda.

Baca juga: 7 Rekomendasi Sepeda Anak Usia 2-7 Tahun

Berenang

Di rumah, ya, pakai kolam renang karet! Belinya di mana? Di e-commerce banyak banget pilihannya, range harga juga beragam, dari yang murah banget, sampai yang mahal banget. Bayangin saja lagi Summer Holiday, hihihi. Biar lebih seru, siapkan mainan si kecil yang berbahan rubber, floaties (kalau kolamnya berukuran besar), baju renang colorful, dan yang nggak kalah penting selang air dengan kepala shower, supaya lebih seru.

Usir Bosan di Rumah, Ini Pilihan Kegiatan di Akhir Pekan - Mommies Daily

Sewa mainan

Sekarang ini banyak yang menyediakan jasa sewa mainan harian, mingguan, bahkan bulanan, di Instagram maupun di e-commerce. Pilih tempat sewa yang kira-kira paling dekat dari rumah. Mainannya juga sangat beragam, mulai dari blok, water activities, sampai ayunan dan perosotan. Tidak perlu khawatir, karena pihak yang menyewakan mainan rata-rata memberlakukan standar kebersihan sesuai dengan protokol yang seharusnya, kok.

Menyusun mainan

Buat anak usia 4 tahun ke atas, biasanya sudah bisa diberikan permainan yang lebih rumit, seperti puzzle, Lego Creator atau Buildable Figures, serta berbagai jenis mainan rakitan lainnya. Kegiatan ini memakan waktu cukup lama, namun melatih konsentrasi dan ketekunan anak saat harus menyelesaikan sebuah project yang lebih besar dari biasanya. Sangat pas buat dijadikan kegiatan rutin di akhir pekan.

Ikut kelas online

Nggak hanya untuk orang dewasa, tapi banyak juga kelas online yang terbuka buat anak usia 7 tahun ke atas. Mulai dari kelas public speaking, art and craft, programming, sampai bikin pottery. Sebelumnya, Mommies bisa diskusikan dulu sama anak, apa yang menjadi ketertarikannya, supaya ia semangat mengikuti seluruh sesi saat kelas berlangsung.

Piknik di mobil

Buat anak balita yang usianya masih di bawah 4 tahun, sekadar lihat pemandangan di jalan tanpa perlu mengunjungi tempat umum dengan keramaian rasanya sudah cukup menyenangkan dan dapat mengusir rasa bosan di rumah. Kalau kebetulan ketemu taman atau pekarangan luas, barulah turun dan menikmati udara pagi atau sore hari. Jangan lupa bawa camilan, kalau memungkinkan, bawa bola dan layangan buat main.

Mengunjungi restoran yang baru dibuka

Meski pandemi begini, nggak sedikit, lho, jumlah restoran yang baru beroperasi. Saya sendiri sempat mengunjungi restoran fast food dekat rumah, gara-gara waktu itu lagi bosan banget rasanya. Meski letaknya di area yang cukup ramai, tapi karena belum banyak yang tahu, jadinya masih sepi pengunjung, deh. Dan justru, karena baru banget dibuka, peralatannya malah lebih efektif buat menghindari virus menyebar. Contohnya, nih, keran wastafel yang dipasang di bawah. Jadi nyalainnya harus diinjak pakai kaki. Saya sampai bergumam, “Kenapa nggak dari dulu, ya, wastafel modelnya begini?”

Baca juga: Do’s and Dont’s Menggunakan Toilet Umum Saat Pandemi

Ngerti banget, kok, kalau rasa bosan itu memang sulit untuk ditahan. Apalagi kalau selama ini kita terbiasa menghabiskan akhir pekan di luar rumah. Meskipun di era new normal ini tempat-tempat umum sudah banyak yang kembali beroperasi, bukan artinya kita bebas ke mana saja sesuka hati. Ingat, yang berisiko itu bukan hanya kita, tapi anak, keluarga, dan orang di rumah. Stay safe!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top