banner-detik
PARENTING & KIDS

Karantina di Rumah Bersama Batita, Be Like…

author

RachelKaloh27 Apr 2020

Karantina di Rumah Bersama Batita, Be Like…

Marah, ketawa, sayang-sayangan, pelukan, marahin lagi, sampai akhirnya, “Terserahlah, Nak, bebas!”

anak rachel

Buat saya yang sehari-hari memang di rumah aja sama si kecil, sih, menjalani karantina ini rasanya, ya, nggak jauh berbeda. Tapi, berasanya tuh kalau jelang weekend. Biasanya dulu girang, karena weekend bisa main di luar (baca: anak main, mama piknik), eh, sekarang, di rumah terus-terusan sampai lupa hari, lupa tanggal. Saya aja bosan, gimana si kecil yang udah ngerti “jalan-jalan”.

Sesama Moms with toddler yang sedang menjalani WFH pun punya cerita seru yang kalau dibaca, tuh, bukannya mau ngetawain, tapi memang bikin ngakak saking terlalu relate.

Beli mainan 50.000-an, nyalanya cuma sehari

Suami beli mainan murah di e-commerce supaya anak nggak bosan. Awalnya seru, bisa terbang, anaknya senang. Eh, besokannya mati, bener-bener nggak bisa dinyalain lagi. Bhay!

Pandemi plus anak GTM, ya Allah, mau mati!

Salah satu ibu komentar dengan kalimat ini di content Instagram Mommiesdaily ketika kami share sebuah twit, “Due to COVID-19, parenting is cancelled until further notice. Just keep the kids alive until we can reinstate life.”

I scream whenever she screams, it did nothing!

Ya, kalau udah bingung gimana lagi ngadepin si kecil yang kalau kesal, teriak, ya ikut teriak ajalah aku. Meski nggak ada gunanya. Tapi kalau dia, kan, teriak karena kesal, aku? Teriak biar waras!

Kuras otak cari ide buat besok mau ngapain lagi

Dari sewa mainan, bikin DIY puzzle, beli cat warna, beli buku gambar, beli spidol. Dimaininnya sebentar, habis itu dikunyah spidolnya! *inhale, exhale*

Main, makan, Youtube, becanda, berantem, gitu aja terus sampai mamanya jadi T-rex!

Pasrah dan sudah nggak peduli deh dengan kegiatan yang terjadwal dengan baik. Nggak bobo siang, nggak beresin mainan yang habis dimainin, biarlah!

Anak saya sibuk, presiden mah kalah udah!

Meski anak saya nggak kenal Youtube, tapi rumah selalu kaya kapal pecah. Ada aja kesibukannya setiap detik buat ulak ulik.

#timanakgakbisadiem

Di luar jadwal harian, pasti ada kalanya anak lari-larian, gulingin galon, geratak barang adiknya, gangguin adiknya. Dipasangin TV dan Youtube juga teap lompat lari-larian, terus kejeduk, nangis, lalu bobo. Sampai kadang emaknya yang guling-guling.

Dibeliin prosotan, yang dicari tetep kolong meja

Maksud hati dibeliin prosotan kecil supaya nggak bosan, sekalian ngelatih fisik dan motorik kasarnya, eh ujung-ujungnya tetap milih main di kolong meja.

Sensory play yang ujungnya harus selalu “dicicipin”

Habis main tempel, corat-coret pakai tangan, pasti ujungnya masuk mulut, entah jarinya yang udah berwarna-warni atau potongan kertas. Sampe seringkali harus diobok-obok mulutnya supaya dikeluarin. Meski udah pilih pewarna yang aman buat anak, tapi kan gawat juga kalau ketelan terus.

Sedikit-sedikit buka kulkas, padahal isinya sama aja, Nak!

Ya, saya memang senang masak, sih, tapi, kan capek juga ya mikir mau masak apa lagi, bikin cemilan apa lagi, nyari ide lagi. Sementara anaknya udah hafal banget area dapur dan udah mahir buka tutup kulkas.

Main air di depan rumah, habis happy-happy, besoknya pilek

Lagi seneng banget numpahin gelas isi air ke meja, yaudahlah, ajakin main basah-basahan sekalian. Seneng banget dia! Sengaja dijadwalin deket-deket jam mandi sore, eh ujung-ujungnya pilek juga, lalu mamak pusing!

Mamanya semangat masak ala resto bintang 5, anaknya minta telor dadar

Lagi semangat-semangatnya masak, nyobain menu baru yang spesial biar berasa lagi makan di resto. Suami sih seneng, cuma si kecil tetep maunya telor lagi, telor lagi.

WFH gagal total

Gimana enggak, setiap hari ditemplokin melulu sama si 2 tahun yang berbatre alkaline, kepo pingin ikutan pencet-pencet laptop, sementara adiknya masih 4 bulan, masih demand minta nenen everytime.

Latah setiap kali lihat mamanya gerak

Lagi seru sendiri main sepeda, eh lihat mamanya angkat telepon, langsung lari nyamperin, nari-narik baju. Mata udah melotot kepingin marah, tapi apa daya, malu sama klien di telepon.

Betapapun ajaibnya tingkah si kecil, begitu masuk jam tidur malam, pasti bawaannya pingin cium-ciumin lagi, kan? So, embrace this precious time at home!

Baca:

Ini Tiga Hal yang Ternyata Saya Rindukan Selama Work From Home

Hal-hal Tentang Pasangan & Anak yang Baru Disadari para Ibu Saat Karantina

Drama Selama Work from Home: Dari yang Bikin Urut Dada Sampai Menahan Malu

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan