Youtube Channel Ussy & Andhika: Ajarkan Saya 12 Value Penting Tentang Pernikahan

Tepatnya ketika Ussy dan Andhika ngobrol dengan Gading Marten seputar kandasnya pernikahan Gading dengan Gisel. Lewat obrolan yang dikemas dalam konsep pillow talk ini, saya berhasil menyerap 12 pelajaran penting tentang pernikahan.

Youtube Channel Ussy & Andhika - Mommies DailyImage: youtube channel “Ussy Andhika Official”

Awal saya tahu bahwa pasangan Ussy dan Andhika punya youtube channel dari teman-teman kantor. Mereka khusyuk menonton episode “Gading Marten: Gue Gak Pernah Nyesel Nikahin Gisel.” Karena nggak mau ketinggalan berita, langsunglah saya meluncur ke youtube channel “Ussy Andhika Official”, menyimak video yang sama.

Video yang berdurasi nyaris satu jam ini (IMHO) nggak ngebosenin, padahal membahas topik yang berat. Mungkin karena obrolannya antara sahabat, dan dilakukan di tempat yang identik dengan suasana santai (di tempat tidur).

Karena itu saya mau berbagi 12 value penting tentang pernikahan yang saya serap, pelajaran yang saya dapat, 100% keluarnya dari Gading, hasil tektokan ngobrol dengan Ussy dan Andhika. Silakan disimak mommies. 

1. “Pillow talk penting. Karena terkadang sebagai pasangan, kita kehilangan waktu, karena kesibukan masing-masing. Yang penting dalam kehidupan suami istri, tidak sekadar sentuhan, tapi juga obrolan. Saling mencurahkan isi hati, masing-masing maunya seperti apa.”

Baca juga:

Pillow Talk, di Atas Bantal Kita Bercerita

Coba 9 Hal Ini Agar Bisa Bertengkar Sehat dengan Suami

2. “Obrolan antara anak dan bapak juga penting, untuk membangun karakter anak.”

3. “Dalam hidup itu kita nggak pernah kalah, cuma ada menang atau belajar. Tetap positif, kalau menemukan kegagalan jangan hal itu terus yang ada dikepala, itu sama saja mengutuk diri sendiri. Tapi anggap kegagalan sebagai pelajaran, sampai suatu saat kita memenangkan pertandingan tersebut.”

4. Gading sengaja tidak cerita kepada sahabat-sahabatnya ketika terjadi masalah dengan Gisel, karena takutnya membentuk persepsi Gisel, dan akhirnya ada di antara sahabatnya tersebut membenci Gisel. Gading sebisa mungkin menjaga respect sahabat-sahabatnya untuk Gisel.

5. Hidup tidak seindahnya seperti di film, hampir pasti berakhir dengan happy ending. Kalimat Gading ini kembali mengingatkan saya, penting untuk mengelola harapan kita, terhadap apapun itu, terutama dalam menjalankan hubungan suami istri.

6. “Kalau ada masalah, lekas diobrolin. Apalagi kalau sudah punya anak.”

Baca juga: Apakah Keluarga Kita Bermasalah?

7. Pada saat Gading menyimak safety briefing di pesawat. Hati dia terketuk pas bagian, disarankan menolong diri sendiri dulu ketika pesawat dalam masalah dan mengeluarkan masker oksigen, sebelum menolong orang lain atau anak kita. Kita mengenalnya dengan quote, ““Put your own oxygen mask on first so you have enough air to breathe and energy for yourself before you can assist and give to others.” –NN”

Lalu Gading jadi bertanya pada diri sendiri: “Saya merasa bahagia nggak sih?” karena Gading melihat fakta yang terhadi di sektar dia. Pernikahan dari teman-teman dipertahankan sedemikian rupa, tapi sebetulnya mereka berdua tidak bahagia.

Akan sangat tersiksa berada dalam pernikahan, tapi hanya formalitas. Kalau sudah tidak bahagia, buat apa dipertahankan?

8. Masing-masing pasangan sebaiknya menemukan formulanya masing-masing untuk membahagiakan pasangan. Suami ke istri, dan sebaliknya. Dan itu lagi-lagi bisa dicari tahu ketika sesi ngobrol.

Baca juga: Kebiasaan Unik yang Tetap Bikin Hubungan Asyik

9. “Kesalahan gue tidak berubah. Gue pacaran gue jadi seorang suami dan jadi seorang bapak, karakter gue sama aja – terlalu santai, menggampangan sesuatu. Karena tanggung jawabnya sudah berubah pada masa pacaran, jadi suami dan bapak.”

10. “Perceraian bisa terjadi pada semua orang, dan tidak disangka-sangka. Tapi yang terpenting bagaimana menghadapi hal ini untuk ke depannya. Kita harus tetap baik-baik sama pasangan, apalagi kalau sudah punya anak. Sampai kapanpun, gue bapaknya Gempi, dan Gissel ibunya Gempi. Harus tetap menjaga hubungan tetap baik, supaya Gempi tetap mendapatkan kasih saying dari ibu dan bapaknya.”

11. Walau sudah berpisah, masing-masing pihak sebaiknya tetap berusaha mendekatkan anak dengan ayahnya. Misalnya yang Gissel lakukan kalau lagi jalan berdua dengan Gempi, selalu mengingatkan Gempi untuk video call dengan Gading.

12. Ketika kedaannya sudah bercerai, apapun yang berhubungan dengan anak, usahakan didiskusikan berdua.

-

Ada yang sudah nonton juga, dan mau berbagi pelajaran apa yang didapat dari video tersebut?


Post Comment