Ngomongin Menstruasi Lintas Generasi

Ketika tiga generasi ngumpul, ngobrolin soal sehat selama menstruasi itu kayak apa, sih?

Ternyata, nih, dari hasil ngobrol saya dengan FB Babes Ochel, dan FD Girls Dela terungkap, di masa-masa menjelang mereka menstruasi, nggak dapat informasi yang mumpuni, soal menstruasi yang sehat seperti apa? Jangankan itu, cara menggunakan pembalut aja, sebagian orangtua nggak pernah kasih tahu caranya seperti apa (sedih, ya?). Nah, hal ini juga terjadi pada masa saya dulu. Ibu saya tidak datang ke saya dengan ilmu mendalam soal sehat selama menstruasi seperti apa? 

Padahal, ya, selama menstruasi vagina kita, kan, mengeluarkan darah, nah darah itu media paling baik untuk kuman berkembang biak. Sayangnya kata dr. Botefilia Budiman, SpOG KPER, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), 4 dari 10 perempuan yang baru menstruasi tidak tahu bagaimana menjaga kebersihan selama mentruasi. Serem, nggak, sih?

Makanya, nih, saya bersama Ochel & Della ngomongin soal sehat selama menstruasi seperti, apa, sih? Mulai dari ganti pembalut setiap berapa jam sekali, asupan makanan harus seperti apa, sampai ke soal membersihkan vagina selama menstruasi sebaiknya menggunakan cairan yang mengandung Povidone – Iodine.

Buat mommies yang punya anak, saudara, atau ponakan perempuan yang lagi menunggu waktunya menstruasi atau sudah menstruasi wajib banget nonton bareng video ini sampai habis. Supaya tahu apa harapan para remaja ini seputar info menstruasi, dan yang paling penting nantinya bisa menjaga kebersihan organ kewanitaan selama menstruasi dan sehari-hari.


Post Comment