Tips Kerja di Bulan Puasa Agar Tak Perlu Lembur

Lembur di bulan puasa terdengar melelahkan sekali ya. Agar tak perlu lembur, apa yang harus dilakukan?

Kebijakan lembur memang bergantung kantor masing-masing. Namun rasanya ada yang kurang jika terus menerus buka puasa di kantor karena tak bisa pulang saat waktu berbuka tiba.

8 Drama Ibu Bekerja di Bulan Puasa - Mommies Daily

Nah, kalau mommies merasa begitu, mungkin ada pola yang harus diubah. Simak tips ini untuk manajemen waktu yang lebih baik di bulan puasa sehingga tak lagi perlu lembur dan pulang malam.

1. Meal preparation

Seorang teman bercerita ia yang jarang masak mencoba masak sahur di hari pertama puasa. Hasilnya pergi ke kantor terlambat, capek seharian, dan jadi tidak bisa olahraga di sore harinya. :))))

Meal preparation ini jadi penting sekali di bulan puasa karena kalau semua sudah serba cepat, bangun tidur sahur mepet pun tetap bisa makan. Waktunya lebih baik digunakan untuk tidur kan dibanding untuk masak? Hahaha.

Pastikan mommies sudah menyiapkan bumbu dasar lebih dulu atau malah sudah memasak sebelumnya sehingga saat sahur tinggal menghangatkan saja. Jangan sampai waktu tidur terbuang karena masak.

2. Makan sehat dan minum vitamin

Meski demikian, karena siangnya kita harus kerja, makan sahur dan berbuka puasa tentu tetap harus sehat. Pastikan nutrisi terpenuhi agar tidak lemas menjalani seharian penuh.

Efeknya besar lho, lemas membuat tidak fokus dan pekerjaan jadi lebih lama selesai. Kalau merasa butuh, minum vitamin saat sahur untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Sempatkan istirahat

Iya meski tidak makan siang, beristirahatlah seperti kita makan siang. Kalau saya sih dengan ikut bergabung di pantry dengan teman-teman lain yang tidak puasa.

Memaksakan diri untuk bekerja terus melihat laptop tanpa istirahat membuat badan jadi tambah lemas dan konsentrasi pun berkurang. Lebih efektif bekerja setelah istirahat dibanding kerja terus menerus.

4. Atur jam tidur

Ini kuncinya sih. Ngantuk ini masalah terberat saat bulan puasa kan ya. Ngantuk sambil kerja tentu tidak akan maksimal.

Kalau biasanya tidur selalu di atas jam 10, sekarang usahakan jam 8 sudah bersiap untuk tidur. Dengan demikian setelah sahur tidak tidur lagi pun datang ke kantor akan dalam kondisi segar karena tidur kita sudah cukup semalaman.

5. Datang ke kantor lebih pagi

Kalau tidur kita sudanh cukup, seharusya kita bisa sih datang ke kantor lebih pagi dan memulai kerja lebih awal. Pulang pun bisa tenggo dan bisa berbuka puasa di rumah bersama keluarga.

Selamat berpuasa sambil bekerja, moms!


Post Comment