Lakukan Saja Hal Ini untuk Membuat Anak Jadi Manja dan Tidak Bertanggung Jawab

Banyak alasan orangtua saat memanjakan anak. Dari kasihan sampai membela dengan “namanya juga anak-anak”.

Memanjakan anak menurut saya sih bentuk kasih sayang yang salah. Karena anak bisa tumbuh jadi pribadi yang tidak bertanggung jawab atau lebih buruk lagi, tidak punya sopan santun.

Jadi, apa hal-hal yang membuat anak jadi manja?

10 Kalimat Menenangkan Anak yang Lagi Marah - Mommies Daily

Membantu anak terus menerus

Seperti membereskan mainan atau mengembalikan piring ke tempat cuci piring. Padahal anak sudah bisa dilatih melakukan beres-beres sejak balita. Lagipula, mau sampai kapan terus menerus membantu anak untuk membereskan masalahnya sendiri? Hal ini cuma membuatnya tidak mandiri!

(Baca: Kalau Semua Kita Bantu, Kita Ini Orangtuanya Atau Asistennya)

Membiarkan anak jadi bos

Sering sekali ya kita melihat bos kecil di rumah. Semua yang anak minta atau inginkan pasti dituruti. Bahkan untuk hal “konyol” seperti meminta ayah atau ibu untuk kembali melakukan hal yang sama hanya karena menurutnya cara ayah atau ibu salah dan tidak sesuai dengan maunya dia.

Contoh lain, ngambek karena ingin makan coklat jam 9 malam sampai marah dan memukul lalu diberi. Padahal kalau tidak ya tidak, aturan tetap harus ditegakkan. Yang punya otoritas di rumah adalah orangtua dengan peraturan, tidak boleh anak.

Memberi apapun yang anak minta

Atas nama kasihan, main game dan nonton YouTube boleh sepuasnya. Tidak pernah makan berat karena anak maunya jajan terus, sudahlah kasih jajan saja kasihan. Sikat gigi tidak perlu daripada dipaksa nanti kasihan kalau menangis.

Ini tentu bentuk kasihan yang salah karena pasti merugikan anak.

Membela anak dengan “namanya juga anak-anak”

Anak melempar atau mendorong anak lain, menyerobot antrean, memotong pembicaraan, berlari-lari di acara penting, bukannya ditegur atau diminta meminta maaf malah membela diri dengan “udahlah biar aja namanya juga anak-anak”.

Padahal anak-anak bisa lho diberi tahu untuk tahu aturan. Asal apa? Asal orangtua tegas dan disiplin pada peraturan itu.

Jadi bagaimana, mau terus melakukan hal di atas untuk membuat anak jadi manja dan tidak bertanggung jawab?


Post Comment