banner-detik
YUMMY MOMMIES

Melaney Ricardo – Prioritas Dalam Hidup itu Penting!

author

?author?25 Dec 2015

Melaney Ricardo – Prioritas Dalam Hidup itu Penting!

Di balik penampilannya yang selalu ceria dan humoris, ternyata Melaney Ricardo punya prinsip-prinsip hidup yang serius. Mau tahu apa saja?

Melaney Ricardo – Prioritas Dalam Hidup itu Penting!

Melaney Ricardo (34) dikenal sebagai pribadi yang riang saat membawakan acara-acara di televisi, selain itu pembawaannya yang talk active menjadikan dirinya memiliki ciri khas. Sejalan dengan motto hidupnya dalam pekerjaan “Prestasi bisa membawa kita pada satu titik, tapi karakter yang akan membuat kita bertahan”. Tak pernah terbayangkan sebelumnya oleh perempuan lulusan Sarjana Hukum Trisakit ini terjun di dunia hiburan, tapi karena sudah panggilan hati – ia pun menjalankannya dengan maksimal.

Untuk urusan karier ia termasuk beruntung, karena Tyson James Lynch tipe suami yang selalu mendukung pekerjaannya. Apalagi di tengah kehamilan keduanya ini, peran Tyson sangat dibutuhkan dalam mengatasi modd swing ibu hamil – di antaranya selalu mengingatkan untuk memiliki waktu untuk beristirahat. Tak hanya itu, pasangan ini juga berkomitmen bahwa dalam hidup skala prioritas adalah elemen penting untuk membawa pernikahan ke arah yang lebih baik.

Silakan simak obrolan saya dengan Melaney seputar keluarga, karier dan makna Natal untuk kehidupannya.

Selamat ya mbak untuk calon anak keduanya, kalau dari mbak apa saja sih yang dipersiapkan? Lebih ke mental atau malah masih berkutat di perlengkapan si jabang bayi?

Sebenarnya yang paling utama kalau sekarang dari segi mental, karena ibarat kita menjadi MC sudah tahu rundown-nya dan jalan ceritanya. Dan setelah melahirkan sudah tahu konsekuensinya, misalnya rasa sakit pasca melahirkan. Selain itu, di balik kegembiraan memiliki bayi, juga datang masa-masa bangun malam dan jadi kurang tidur. Nah, itu kenapa persiapan mental lebih dibutuhkan – mungkin tidak terlalu terkejut seperti dulu, karena aku sudah tahu celah-celahnya seperti apa. Kalau soal kebutuhan sih aku mix saja, turunan dari Kakaknya Chloe.

Dukungan suami (Tyson), dalam bentuk apa saja mbak?              

Luar biasa ya, Puji Tuhan dukungan dari Tyson 100%. Baik secara moral, materi, fisik dan segal hal yang aku butuhkan selama kehamilan. Contohnya saat di awal-awal hamil aku itu “mabuk”nya luar biasa, tapi terasa lebih ringan karena ada Tyson yang selalu menemani. Selain itu Tyson juga tipe suami yang hands on, walau kalau untuk kepandaian mengurus baby, juga ada keterbatasan ya. Tapi kalau untuk dimintai tolong untuk kebutuhan mengurus anak, dia sangat hands on.

Kalau dari si Kakak Chloe, pengertian seperti apa yang mbak berikan? Kalau dia sudah mau punya adik dan harus bisa mandiri.

Dari sekarang sudah aku dan Tyson kasih masukan, seperti sering bilang “Chloe akan punya adik ya”. Dan dia itu kepingin banget punya adik perempuan, sementara itu bayi yang aku kandung ini berjenis kelamin laki-laki. Ya kami juga kasih pengertian, perempuan atau laki-laki yang penting sehat. Selain itu juga membiasakan memanggi dia dengan sebutan “Kakak”, supaya sence of responsibility-nya sudah dirasakan.

Kemandirian dalam bentuk aktivitas yang sudah Chloe mampu lakukan apa mbak?

Chloe sudah bisa berdoa sendiri,  bisa mandiri kalau diajak ke lokasi shooting. Dan Puji Tuhan Chloe sudah bisa bermain film, walau scenenya masih sedikit. Kondisinya kalau shooting aku dan Tyson tidak ikut, jadi dia sama Opungnya saja.

Mbak dan suami ingin punya anak berapa?

Kami ingin punya anak dua, cewek dan cowok. Kehamilan kedua ini memang aku rencanakan, da Puji Tuhan berjenis kelamin cowok seperti yang diharapkan.

Ingin menjadi orangtua seperti apa di mata anak-anak?

Orangtua yang bertanggung jawab, menjaga sikap kita ditelevisi, dan bersosialisasi – agar mereka bangga punya orangtua yang attitude-nya baik.

Apa kiat menjaga kesehatan di tengah kehamilan kedua ini?

Selama hamil organ tubuh kita bekerja untuk dua orang, tidak bisa dipungkiri pasti ada rasa capek ya. Dan aku berusaha nego dengn pihak creative stasiun televisi, shooting-nya jangan terlalu malam. Karena kalau sudah malam tubuh perempuan hamil juga semakin lelah, dan bayi dalam kandungan juga suah “protes”. Ada satu hal yang mau ceritakan, selama hamil rezeki aku itu lebih bagus, jadi kalau ada yang bilang anak itu bawa rezeki itu, memang benar adanya ya. Hanya saja, aku tidak mau ngoyo, jangan sampai kesehatan anakku terganggu. Karena kita kerja kan juga buat anak, kalau kita sendiri “kenapa-kenapa” juga tidak ada gunannya materi yang dihasilkan. Jadi aku menjaga kesehatan dengan rajin minum vitamin olahraga renang seminggu tiga kali.

Selanjutnya, Melaney bicara tentang parenting, karier dan makna Natal

Melaney Ricardo – Prioritas Dalam Hidup itu Penting!

Tantangan terberat menjadi orangtua di zaman sekarang apa mbak?

Dari segi pola asuh ya, karena anak sekarang itu kalau kita kerasin mereka juga menjadi keras, kalau terlalu “lembek” jadi orangtua juga takutnya mereka akan kebablasan. Jadi pola asuhnya harus tepat, yang sesuai dengan karakter si anak ini. Caranya aku sebagai ibu yang harus mengambil porsi lebih besar, membangun kedekatan dengan Chloe dalam kondisi apapun. Selain itu dasar agama juga harus kuat, karena aku yang sekarang juga dari hasil didikan orangtua yang tegas dalam hal agama. Efeknya terasa ketika besar, terjun di dunia hiburan, ibarat burung yang sudah diberi izin terbang bebas dan mengalami tantangan hidup yang tidak mudah. Bentuk godaan juga macam-macam, dan yang bikin kita bisa bertahan dari godaan-godaan itu ya karena kita sadar Tuhan ada di setiap langkah kita. Kalau sudah mengenal Tuhan dari kecil, mereka akan memiliki suara hati yang akan membimbing di jalan yang baik.

Kiat ala mbak dan Tyson, agar kelak si kecil bisa jadi pribadi yang bisa bersaing di dunia luar?

Kalau buat aku, ada nasihat dari pendeta yang sangat berbekas ya, yaitu “Prestasi bisa membawa kita pada satu titik, tapi karakter yang akan membuat kita bertahan”. Karakter yang dimaksud adalah kepercayaan diri, tapi jangan menjadi over confident, karena aku melihat banyak orang yang tidak memiliki rasa kepercayaan diri yang cukup melewati banyak kesempatan dalam hidupnya. Sedangkan kadang-kadang ada orang yang punya kemampuan yang baik, tapi karena tidak percaya diri, jadi tidak bisa maju. Dan sebaliknya, orang dengan kemampuan biasa saja, karena dia percaya diri, dia bisa mendapatkan kesempatan-kesempatan baik dalam hidupnya. Nah, aku mengajarkan Chloe harus bisa percaya diri, artinya percaya diri dengan kemampuan yang dia miliki. Selain itu, tidak mudah menyerah pada hidup, karena kalau orang yang mudah menyerah, tidak akan bisa berhasil.

Manfaat apa yang Mbak rasakan sebagai ibu bekerja, untuk pribadi Chloe?

Jadi, aku kan kerja dengan passion, karena menurut aku orang yang beruntung adalah orang yang bekerja sesuai dengan passion mereka.  Artinya bekerja bukan semata-mata mencari uang ya, tapi karena memang kita bergairah dengan senang melakukannya. Nah, inilah yang menjadi kebanggan untuk Chloe nanti – punya Mama yang punya jenjang karier dan bisa mendukung finansial keluarga.

Tyson senditi tipe suami yang selalu dukung isteri untuk selalu berkarya ya mbak?

Iya, dia sangat mendukung aku kerja, di antaranya dengan memutuskan untuk pindah dari Australia ke Indonesia. Karena dia tahu, dunia hiburan adalah passion aku. Kalau di Australia aku nggak akan kuat ya, karena akan berujung kerja kantoran yang bukan panggilan hati aku. Tapi, Tyson berpesan “Jangan pernah overwork”, karena kita itu pasangan yang percaya akan “the power of resting”. Berkaca dari teman-teman artis yang sedang naik daun tapi tidak memerhatikan kesehatannya dan berakhir dengan sakit. Karena di agama yang aku anut, Tuhan itu beristirahat di hari ke-7 saat menciptkana bumi. Jadi sesibuk apapun kerja, harus disediakan waktu untuk istirahat.

Melaney Ricardo – Prioritas Dalam Hidup itu Penting!

Sekarang kita beralih ke tema natal, makna  natal untuk mbak dan Tyson apa?

Kalau di Amerika itu ada thanksgiving day, nah makna Natal sendiri untuk aku persis seperti thanksgiving day itu. Lebih ke review apa saja yang sudah terjadi selama setahun belakangan, apa yang sudah Tuhan kasih, dan ternyata waktu itu berjalan sangat cepat. Contohnya tahun kemarin Papa aku baru saja terkena serangan jantung, tapi Puji Tuhan bisa selamat, hal ini membuat aku sangat berterima kasih kepada Tuhan. Selain itu, target aku ke depan apa saja nih yang mau diraih.

Nilai-nilai natal waktu kecil yang sampai sekarang berkesan dan jadi moto hidup?

Sebenarnya kalau Natal itu adalah kelahiran Yesus, berkaitan dengan hal tersebut hal yang membekas dalam hidup aku adalah di usia aku yang hampir 35 tahun – apa saja kebaikan yang sudah Tuhan kasih ke aku.

Kalau makanan atau  kudapan favorit saat natal apa mbak?

Aku paling suka nastar, dan rendang Medan.

Pesan untuk para working mom di luar sana, supaya tetap semangat improved skill tapi juga masih bisa mengurus keluarga?

Prioritas itu penting, walau kata banyak orang itu klise, tapi prioritas ini benar-benar berguna. Karena banyak orang yang gagal dalam rumah tangga, disebabkan tidak tahu mana yang harus diprioritaskan. Kalau urutan prioritas sudah acak-acakan itu yang akan menjadi masalah ke depannya. Dan yang kedua adalah walaupun kita punya penghasilan, bukan berarti kita bisa seenaknya dengan suami, artinya tetap menempatkan suami pada peran pemimpin, sahabat dan partner hidup. Dua hal ini yang juga secara konsisten aku terapkan dalam kehidupan pernikahan.

Di balik karakternya yang riang, ternyata Melaney menyimpan motto hidup yang lumayan serius dan patut dicontoh. Semoga kehamilan kedua ini berjalan dengan sehat dan proses persalinannya juga mulus ya, Mbak Melaney :)

PAGES:

Share Article

author

-

Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan