banner-detik
ETC

Menjadi Ibu Andal Di Era Digital

author

?author?16 Jun 2015

Menjadi Ibu Andal Di Era Digital
Saat produk zaman modern bernama gadget sudah merambah ke segala lini kehidupan manusia. Baik kaum tua, muda bahkan tak terkecuali anak-anak. Bagaimana kita sebagai orangtua menyikapinya, agar kehadiran gadget bisa menjadi mitra dalam mendidik si kecil?

IMG_0576

Awal Juni lalu tepatnya di Locanda, Jakarta Selatan menjadi akhir pekan yang sarat akan ilmu parenting untuk komunitas Mommies Daily dan semua pengisi acara hari itu. Dengan tema “Smart Parenting In Digital Era”, Mommies Daily dan Samsung Tab3Vbekerja sama meramu acara untuk para orangtua yang menaruh perhatian serius terhadap kehadiran gadget di tengah keluarga mereka. Supaya gadget dapat dimaksimalkan manfaatnya, dan menjadi mitra setia setiap anggota keluarga memudahkan aktivitasnya masing-masing.

Kalau Anda sendiri biasanya menggunakan gadget untuk apa saja sih? Terutama yang berkaitan dengan urusan keluarga, anak-anak dan pekerjaan. Misalnya nih, kalau saya pribadi urusan kantor jadi sangat mudah dengan kehadiran gadget – email yang setiap hari hilir mudik bisa dengan mudah terpantau di manapun dan kapanpun. Atau mengecek keadaan Jordy anak saya yang berusia hampir setahun di rumah, yang diasuh orangtua saya dan dibantu oleh Asisten Rumah Tangga. Singkatnya seorang ibu adalah pusat informasi dalam sebuah keluarga, karenanya rasanya pantas ya Mommies, kalau kita ni kaum ibu dibekali oleh gadget yang memiliki fitur-fitur berkualitas sehingga meringankan pekerjaan harian kita.

Sejalan dengan hal tersebut, Samsung GALAXY Tab3V mengakomodir kebutuhan kaum ibu, untukmendapatkan informasi yang lebih banyak, akurat, dan tentu saja kekiniaan. Misalnya untuk mencari referensi resep masakan untuk keluarga, merencanakan keuangan keluarga, membantu si kecil mengerjakan pekerjaan rumah dengan menggali informasi menggunakan Samsung GALAXY Tab3V.

Selanjutnya bagaimana memaksimalkan gadget untuk media belajar?

Gadget Sebagai Media Belajar

IMG_0605

Sebagai orangtua kita tidak ada pilihan, sekarang kita hidup di zaman modern – mau tidak mau si kecil akan bersentuhan dengan gadget. Najelaa Shihab, Founder Sekolah Cikal & 24hrparenting.com yang juga hadir di kesempatan hari itu sebagai nara sumber, memberikan kabar baik kepada para peserta talkshow yang datang. Menurut Najelaa, sebetulnya gadget merupakan alat yang sangat efektif sebagai media belajar, berlatih menciptakan pola disiplin dan memperkuat interaksi. Contohnya saat si kaka dan adik berebut gadget, disitu terjadi proses interaksi dan berdisplin waktu berbagai menggunakan gadget secara bergantian dan menyelesaikan masalah. Asyiknya lagi, menurut Dian Aurelia (Product Marketing Samsung GALAXY Tab) Samsung GALAXY Tab3V memiliki Kakatu Parental Control – sebuah aplikasi yang memungkinkan para orangtua menyortir konten atau aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak-anak.

Proses disiplin waktu dapat diterapkan melalui Samsung GALAXY Tab3Vdengan fitur set timer, untuk memberikan jatah si kecil mengoperasikan gadget-nya, dengan begitu si kecil akan mengerti bahwa ada batasan waktu yang harus dia patuhi. Ada baiknya juga kata Nejelaa kita melakukan Agreement atau persetujuan dulu dengan anak, “Buat kesepakatan dari awal mengenai porsi waktu bermain kakak dan adik. Setelah ada kesepakatan ini, bukan berarti tidak ada masalah, tapi setidaknya kita sudah bisa tahu konsekuensinya seperti apa.” Jelas Najella, karena tahap agreement ini merupakan alat paling efektif bagi orangtua dalam melakukan pencegahan, walaupun setelah ada kesepakatan ini, bukan berarti tidak ada masalah, tapi setidaknya kita sudah bisa tahu konsekuensinya seperti apa.

Setelah melakuan kesepakatan Nejalaa juga mengingatkan, bahwa penting juga menerapakan Bounderies, misalnya ketika sudah ada kesepakatan berupa batasan mengoperasikan Samsung GALAXY Tab3V selama 15 menit di akhir pekan saja, maka sebagai orangtua kita harus konsisten menerapkan aturamntersebut. Karena kalau tidak konsisten, akan menimbulkan kebingungan tersendiri pada anak.

IMG_0588

Acara yang dipandu oleh Moza Pramita semakin hangat, saat berbagai fitur andalan Samsung GALAXY Tab3V dikupas tuntas. Gadget mungil namun sarat dengan fungsi ini juga dilengkapi dengan konten-konten artikel eksklusif seputar parenting yang dapat diakses di Kakatu parental control app – bekerja sama dengan Yayasan Kita & Buah Hati dan SEMAI2045. Di fitur ini, sebagai orangtua kita bisa memberikan Choices kepada mereka, misalnya kenapa mereka sebaiknya hanya boleh mengakses konten-konten yang sesuai dengan usianya? Di tahap ini diharapkan anak akan menjawab dengan mandiri.

O, ya Mommies penting juga loh memerhatikan usia si kecil saat menggunakan gadget ini, misalnya adik dan kakak yang terpaut usia agak jauh. Atau Najelaa menyebutkan Differentation. Poinnya adalah Semua anak itu unik, butuh sensitivitas berbeda. “Ada dua hal yang perlu diingat, yang pertama jangan sampai kita memberikan mereka label, misalnya menyebut mereka malas, karena perlahan mereka akan merasa menjadi pribadi yang pemalas. Mengenai jarak usia, ini bisa menerapkan agreement tadi. Misalnya untuk kakak dan adik yang terpaut cukup jauh. Jika kasusnya begini, bisa diterapkan agreement tadi, dengan porsi waktu yang sewajarnya.” Tutur Najelaa.

Satu langkah terakhir yang bisa jadi panduan Anda menjadi orangtua di era digital

IMG_0563

Seorang peserta talkshow yang sedang mencoba langsung Samsung GALAXY Tab3V, di area booth Samsung.

Setelah empat tahap tadi sudah kita lewati, poin terakhir yang Najelaa sarankan untuk diingat adalah Expectation – artinya kita harus tahu sebetulnya karakteristik setiap tahapan usia seperti apa. Contohnya anak umur 2 atau 3 tahun, pada prinsipnya anak-anak di tataran usia tersebut tidak mungkin bisa duduk anteng diam dalam jangka waktu yang lama. Mereka butuh aktivitas, berjalan, berlari sambil exlpore lingkungan di sekeliling mereka. Nah, kalau mereka menggunakan gadget ini sambil berkeliling, berarti ada kemungkinan mereka untuk menjatuhkan gadget tersebut. Atau anak usia 12 itu awal masa remaja, sangat teledor, karena kemampuan memanajemen dirinya jadi sangat jelek, karena di awal masa pubertas. Jadi kemungkinan di gadget itu hilang, atau ketinggalan di sekolah – itu adalah sesuatu yang lumrah. Jadi, kalau kita tahu, kita jadi tidak histeris saat mendapati gadget tersebut jatuh atau hilang. Kalau kita tidak over expectation, tapi juga tidak under kita jadi bisa tahu perlakuan yang tepat ke mereka seperti apa.

Tapi kalau soal “expectation” ke Samsung GALAXY Tab3V Anda bisa menaruh harapan lebih ke gadget mungil namun sarat dengan fitur canggih ini. Untuk Mommies yang suka foto bareng si kecil, fitur dual kameranya sangat membantu loh – jadi si kecil bisa selfie seru dengan anggota keluarga lainnya. Selain itu, salah satu fitur yang paling unik menurut saya adalah multi windows, artinya Mommies bisa membuka dua halaman sekaligus – misalnya yang satu mengecek cash flow keuangan keluarga dan yang satu mencari informasi tentang destinasi liburan keluarga.

Selain itu, walau indikator baterai sudah menunjukkan 10% Samsung GALAXY Tab3V mampu tetap bertahan hingga 24 jam dengan fitur Ultra Power Saving Mode. Masih kurang? Tenang Mommies, dengan memiliki Samsung GALAXY Tab3Vberarti Anda secara otomatis sudah berlangganan aneka majalah dan tabloid secara gratis melalui aplikasi S Lime untuk memaksimalkan fungsi Anda sebagai orangtua dalam menggali informasi yang berkualitas untuk keluarga.

Di akhir acara, seorang peserta yang beruntung mendapatkanSamsung GALAXY Tab3V, yeay! Nah, terbukti kan Mommies, selain penuh dengan informasi berharga, acara “Smart Parenting In Digital Era”juga penuh dengan kejutan!

IMG_0648

Dari kiri: Najelaa Shihab, Founder Sekolah Cikal & 24hrparenting.com, Dian Aurelia (Product Marketing Samsung GALAXY Tab) Samsung GALAXY Tab3V, pemenang doorprize, Fibra Amukti (Managing Editor Mommies Daily) &  Moza Pramita.

Sekarang sudah semakin paham dong ya Mommies, bagaimana seorang Ibu yang andal dapat menaklukan era digital dan juga memaksimalkan kegunaan Samsung GALAXY Tab 3V .Semoga predikat ibu andal tetap melekat pada Anda, ya, dan si anak dapat tumbuh berkembang dengan baikJ

Untuk infomasi lebih lanjut tentang Samsung GALAXY Tab 3V pantau Twitter Samsung_ID maupun Facebook Samsung.  Atau gabung di forum kami kalau untuk saling berbagi tips serta #SolusiTab3V. :)

PAGES:

Share Article

author

-

Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan