Hal-Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan Bareng Anak Buat Bumi

Dalam rangka mencintai Bumi, bagaimana kalau kita mulai rutin melakukan beberapa hal ini bersama anak-anak!

Hari Bumi? Kenapa sampai harus ada satu hari kita merayakan Hari Bumi Sedunia di setiap tanggal tanggal 22 April? Segitu nggak pedulinyakah kita sama bumi, sampai harus seorang senator AS, Gaylord Nelson, ingin meningkatkan kesadaran dan apresiasi kita terhadap planet ini?

Kalau dipikir-pikir, iya, sih, ada benarnya Hari Bumi ini harus diperingati. Walau pun hanya sehari. Supaya kita hidup nggak bablas cueknya sama yang namanya lingkungan tempat kita tinggal ini. Ngacung, yang suka lupa matikan lampu dari malam sampai siang (uhuk…ngacung sendiri :D)! Dan masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan kecil yang sebenarnya bisa kita perbaiki demi kelestarian bumi. Seperti misalnya nggak buka keran air terus-terusan selama sikat gigi, atau nggak nyalain AC siang-siang karena cuaca udah cukup adem.

Kebiasaan-kebiasaan kecil begitu, yang sebenarnya bisa kita ajarkan ke anak-anak supaya mereka sayang sama lingkungannya. Kalau nggak dijaga, ini akan jadi tempat tinggal mereka beserta anak cucunya nanti.

Dalam rangka mencintai Bumi, bagaimana kalau kita mulai rutin melakukan beberapa hal ini bersama anak-anak

Hal-Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan Bareng Anak Buat Bumi - Mommies Daily

Bersihkan halaman

Berbahagialah yang masih punya halaman. Karena, selain bermain, anak-anak bisa diajarkan untuk mencintai lingkungaa dengan aktivitas membersihkan halaman. Sambil mengajaknya menyapu halaman, membersihkan halaman dari sampah daun kering, hingga menyiram tanaman anak-anak bisa dijelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk mencintai bumi. Menjaga kelestarian lingkungan dimulai dari halaman sendiri, untuk kemudian, syukur-syukur bisa melakukan aktivitas yang lebih besar lagi.

Jalan-jalan di car free day

Bukan cuma sekadar kegiatan seru-seruan, tapi momen ini pas untuk mengajarkan anak-anak tentang aktivitas mengurangi polusi. Apakah itu polusi udara yang keluar dari knalpot kendaraan bermotor, atau polusi udara. Selain itu jalan kaki atau bersepeda juga merupakan aktivitas yang sehat, kan?

Berkebun

Iya, sesederhana itu, kok. Nggak selalu harus menanam pohon, tapi juga bisa menyiangi rumput, memupuk tanaman yang sudah ada, serta menyiram tanaman dengan air. Sama seperti membersihkan halaman, pada kegiatan berkebun anak diajarkan untuk mencintai lingkungan tempat tinggalnya.

Memilah sampah

Sebenarnya ini pekerjaan yang sederhana banget, cuma nggak banyak orang yang mau melakukan. Padahal tinggal sediakan dua wadah sampah dan kasih tanda mana yang sampah organik, mana yang bukan. Kita bisa mengajarkan anak-anak mana sampah organik, dan mana yang sulit didaur ulang. Pengetahuan ini bisa jadi bekal buat mereka menjaga lingkungannya.

Belanja ke pasar bawa tas sendiri

Aktivitas belanja biasanya memiliki keasyikan tersendiri, terutama bagi anak-anak. Nah, ini kesempatan untuk mengajarkan mereka mencintai lingkungan dengan nggak banyak-banyak menggunakan sampah plastik. Bawa tas sendiri untuk membawa pulang barang belanjaan, dan ceritakan pada mereka soal betapa plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai. Dengan begitu, anak-anak sudah mulai belajar untuk mencintai bumi.


Post Comment