Apa yang Harus Dilakukan Guru dan Murid Ketika Terjadi Gempa di Sekolah?

Bagaimana bila gempa terjadi ketika anak-anak sedang di sekolah? Beberapa langkah di bawah ini mungkin bisa diterapkan oleh pihak sekolah.

Beberapa waktu lalu beredar broadcast message di Whatsapp group dan media sosial mengenai kemungkinan adanya gempa berkekuatan 8SR di Jakarta. Benar atau tidak, kita nggak akan pernah tahu. Namun, nggak ada salahnya deh bersiap-siap. Apalagi karena kita nggak tahu kapan gempa itu akan datang.

Bisa aja saat kita lagi kumpul bersama keluarga atau ketika kita sedang berpencar. Kita dan suami lagi bekerja, anak di sekolah. Mungkin kita sudah memberikan arahan ke baby sitter atau ART di rumah apa yang perlu dilakukan saat gempa terjadi. Bagaimana dengan sekolah si kecil? Apakah pihak sekolah atau para guru sudah paham apa yang harus dilakukan?

Baca juga:

10 Emergency Tips Saat Terjadi Bencana Untuk Keluarga

Beberapa langkah di bawah ini mungkin bisa kita share ke guru-guru sekolah anak, agar mereka siap menghadapi bencana gempa.

Apa yang Harus Dilakukan Guru dan Murid Ketika Terjadi Gempa di Sekolah? - Mommies Daily

Kalau di dalam kelas

Bantu informasikan pada guru dan anak-anak, jika gempa terjadi dan mereka sedang berada di dalam kelas, segera merunduk, jatuhkan tubuh ke tanah dan berlindung di bawah perabotan yang dirasa kuat.

Tetap di tempat

Jangan keluar kelas, perpustakaan, atau ruangan mana pun hingga gempa usai. Bila sekolah memiliki lift, jangan digunakan hingga goncangan selesai. Lebih baik gunakan tangga.

Di luar kelas

Bekali pengetahuan pada anak ketika gempa terjadi dan mereka sedang berada di luar kelas, atau di lapangan, minta mereka menjauhi bangunan, tiang besi, atau apa pun yang memiliki risiko jatuh.

Furniture yang aman

Pada rapat POMG, orangtua mungkin bisa memberikan usul pada pihak sekolah untuk melakukan evaluasi terhadap perabotan yang ada di sekolah. Setiap rak tinggi, peralatan audio visual, atau lemari komputer yang berat, harus berada dekat dinding dan posisinya rendah hingga saat guncangan gempa terjadi, tidak jatuh dari tempat yang tinggi.

Pastikan anak-anak terbiasa

Yang harus dilakukan guru adalah membiasakan murid mengenal prosedur keselamatan, seperti bagaimana mereka harus bertindak ketika guncangan gempat terjadi. Guru sebaiknya sering melakukan diskusi kelas tentang kesiagaan gempa di awal setiap tahun ajaran.

Latihan keselamatan

Usulkan juga agar sekolah secara rutin melakukan latihan keselamatan terhadap gempa. Hal ini diperlukan untuk memastikan respon seluruh penghuni sekolah cepat dan tepat. Latihan gempa juga membantu pihak sekolah mengetahui proses evakuasi mana yang perlu dievaluasi ulang. Berlatihlah rencana evakuasi.

Kerja sama dengan lembaga terkait

Nggak ada salahnya untuk mengusulkan pada pihak sekolah agar mereka bisa bekerjasama dengan lembaga-lembaga keselamatan terkait. Dengan begitu, prosedur keselamatan bisa dievaluasi oleh ahlinya, hingga hasilnya efektif dan optimal.

Nggak pernah salah kok untuk berjaga-jaga.

Baca juga:

Keluarga Siaga Bencana Menghadapi Gempa, Banjir dan Kebakaran


Post Comment