5 Hal yang Diperhatikan di CV oleh HRD

Coba deh, cek lagi CV mommies, jangan-jangan selama ini ada yang terlewat. Hal sepele, yang justru menentukan CV mommies diproses lebih lanjut, atauuuu berakhir di tong sampah.

Di awal tahun umumnya perusahaan mulai mencari karyawan-karyawan baru, atau biasa dikenal dengan istilah open recruitmen. Proses ini dilakukan di awal tahun, karena kebutuhan karyawan baru disetujui oleh pihak manajemen bersamaan dengan keluarnya Man Power Plan perusahaan tersebut

Baca juga: 10 Kata yang Sering Muncul di CV para Profesional

5 Hal yang Diperhatikan di CV oleh HRD - Mommies Daily

Dengan banyaknya lamaran yang masuk maka dibutuhkan usaha yang cukup keras bagi HRD dalam menyaring kandidat potensial. Selain terpacu dengan waktu rekrutmen, HRDpun harus memilih CV yang sesuai dengan posisi yang dicari pada saat itu. Terkadang jika sudah melihat CV yang tidak menarik dan tidak sesuai dengan kebutuhan, HRD langsung membuangnya atau dengan kata lain masuk ke kelompok Tidak Lulus Administrasi.

Sebagai pelamar, mommies  diharapkan untuk membuat CV atau resume yang mencerminkan kepribadian mommies, karena HRD hanya membutuhkan waktu kurang dari 20 detik untuk membaca setiap  resume.

Berikut adalah tips-tips yang dapat membantu mommies. 5 hal yang diperlukan dalam membuat CV agar diperhatikan oleh HRD :

1. Pengalaman Kerja

HRD akan memprioritaskan pengalaman kerja dalam membaca sesuai dengan posisi yang dicari saat itu. Sudah berapa lama kandidat bekerja, dimana saja dan gambaran pekerjaannya. HRD cenderung mengabaikan jika mommies hanya menuliskan sedikit informasi mengenai pengalaman kerja, seperti hanya menuliskan tahun masuk dan nama perusahaan. Semakin detail posisi dan gambaran pekerjaan yang pernah mommies  lakukan, semakin tertarik pihak HRD membacanya. Tapi mommies  juga perlu memperhatikan bahwa pengalaman mommies sudah sesuai dengan posisi yang dicari. Jangan asal menceritakan pengalaman mommies sebagai Staff Personalia padahal mommies melamar sebagai Staff Keuangan. Ini juga langsung masuk ke recycle bin…

2. Pencapaian Prestasi

Gambarkan hasil pencapaian prestasi yang mommies terima pada kehidupan profesional mommies Selain itu mommies dapat menceritakan prestasi yang didapat pada saat kuliah tetapi pastikan masih berhubungan dengan pekerjaan atau posisi yang diminta. Dengan adanya gambaran prestasi kerja mommies membuat HRD mempunyai nilai positif terhadap mommies. Mommies juga dapat menjelaskan bagaimana cara Anda meraih prestasi tersebut.

3. Keterampilan

Pastikan mommies menuliskan semua keterampilan yang dimiliki pada pekerjaan sebelumnya. Keterampilan mommies akan menjadi pelengkap pengalaman kerja dan nilai tambah dalam memproses CV mommies. Keterampilan ini dapat berupa pelatihan yang sudah mommies ikuti. Semakin relevan dan berguna keahlian mommies pada perusahaan yang dituju, semakin tinggi pula peluang mommies untuk menjadi kandidat yang akan diproses

4. Data Pribadi

Data diri yang dibaca pertama kali adalah usia. Pada kenyataannya banyak perusahaan masih melihat usia dalam memperkerjakan karyawannya, terutama untuk posisi-posisi entry level dan manajerial. Selain itu, alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi juga sangat diperlukan. Jangan memberikan hanya satu nomor telepon. Mommies dapat kehilangan kesempatan baik jika nomor telepon mommies tidak dapat dihubungi. Akan menjadi nilai tambah jika pelamar memasukan link mengenai data diri di media sosial atau media profesional jika ada. Pastikan juga pendidikan mommies sesuai dengan kriteria posisi yang dicari. Makin sesuai pendidikan, makin besar kesempatan CV mommies diproses oleh HRD.

5. Mudah dibaca

Pastikan tampilan CV mommies mudah dibaca. Dikarenakan HRD hanya punya waktu sedikit dalam membaca resume, jadi hindari penulisan dalam bentuk paragraf. Buatlah informasi-informasi yang mommies tuliskan dalam bentuk pointer. Buatlah kalimat singkat yang mudah dipahami. Hindari penggunaan jargon-jargon yang kurang dipahami pembaca. Dan yang terakhir, buatlah CV tidak lebih dari 2 halaman, dikarenakan terlalu panjang membuat HRD akan malas membacanya.

Baca juga: Aturan Main Melamar di Dua Posisi Sekaligus dalam Satu Perusahaan

Ok mommies, silakan dicoba untuk mulai membuat CVnya…Jangan cepat menyerah jika CV mommies belum diproses, HRD membutuhkan waktu untuk memprosesnya. Bisa jadi CV anda sudah dibaca tetapi tetap disimpan untuk posisi lain yang lebih cocok untuk mommies nantinya.

Artikel ini diitulis oleh : Desiarti Arief, Consultant EXPERD

 


Post Comment