Mengenal Alam Sambil Berkemah Seru di Green Camp, Bali

Ditulis oleh: Oriana Titisari

Di tengah himpitan kota, orangtua mulai melirik kegiatan berkemah sebagai liburan alternatif keluarga. Mau coba Green Camp, kemah keluarga di Bali? Kami punya infonya untuk Anda.

Saat Anda mendengar kata kemah, pasti yang ada di bayangan adalah tenda di tengah ruang terbuka yang dekat dengan alam. Tapi Green Camp yang berlokasi di Ubud, Bali, mendorong konsep ini lebih jauh lagi. Green Camp sendiri adalah bagian dari kelompok usaha yang juga memiliki Green School. Berkat reputasinya yang unggul, banyak keluarga ingin anaknya bersekolah di Green School. Sayangnya tidak semua bisa semudah itu pindah ke Bali. Green Camp menjadi solusi ideal karena memberikan pengetahuan dan pengalaman yang tersedia di sekolah alam ini dalam periode waktu yang singkat, yakni 3 atau 5 hari. Terlebih lagi, seluruh pengalaman ini bisa dinikmati bersama seluruh keluarga.

Mengenal Alam Sambil Berkemah Seru  - Mommies Daily

Yuk, Jajal Kemah Keluarga

Kapan terakhir kali Anda bermain dengan anak di tengah alam hijau yang luas, menjelajahi hutan liar, mengunjungi sungai atau mencoba gulat lumpur? Oke, kalau Anda sulit menjawab karena tidak pernah atau sudah terlalu lama, saatnya Anda menjajal kemah keluarga ala Green Camp.

Di Green Camp, ada empat pilar pembelajaran yang hadir di setiap aktivitas mereka. Yakni kesinambungan, kepemimpinan, cinta budaya dan pembelajaran praktik langsung. Cukup datang dan staff Green Camp sudah menyiapkan segalanya. Serasa liburan di hotel, tapi lengkap dengan aktivitas yang seru. Green Camp menyarankan agar usia anak minimum 5 tahun, agar mereka bisa mendapat manfaat maksimal dari aktivitas yang disediakan. Kalau usia anak lebih muda, hubungi saja mereka untuk tahu apa yang harus disiapkan sendiri.

Saat datang, Anda akan ditempatkan di Yurt Village yang berlokasi di bagian barat area kemah. Di sini akan ada bangunan cantik dari bambu dan beratapkan ilalang. Anda akan tidur di ranjang bambu yang nyaman, lengkap dengan jaring nyamuk dan kipas. Tiap Yurt juga memiliki kamar mandi terbuka dan toilet kompos. Ada 12 unit Yurt tersedia dan masing-masing dikelilingi kebun organik yang indah.

Bagaimana dengan makanan? Setiap paket kemah sudah termasuk makan yang disiapkan oleh koki Green Camp. Hidangan yang ditawarkan antara lain menu Indonesia dan Barat. Hebatnya 30% dari sayur dan buah-buahan yang dihidangkan berasal dari kebun organik Green Camp. Sungguh ramah lingkungan. Anda akan makan di Wantilan, yang artinya area bersama. Ini adalah kesempatan untuk mengenal keluarga lain yang tengah berkemah.

Segudang Aktivitas Tak Terlupakan

Anda bisa memilih ingin berkemah selama 3 atau 5 hari. Saat pertama datang, akan ada orientasi singkat mengenai prinsip dan sistim saling bantu yang diterapkan di perkemahan ini. Juga ada tur mengelilingi komunitas di sekitar Green Camp, agar anak bisa memahami bahwa mereka adalah bagian dari sesuatu, dan harus terlibat dalam komunitas ini.

Green Camp memiliki beragam aktivitas budaya yang bisa dipelajari seluruh anggota keluarga. Ada kelas membuat Gebogan, yakni persembahan orang Bali untuk upacara suci. Subak Walk adalah tur jalan mengelilingi sawah dengan sistem Subak khas Bali sambil mempelajari prosesnya dan tanaman yang ditanam. Anda juga akan menjajal makan khas Bali, yakni dengan cara Megibung atau makan bersama.

Kegiatan seru lainnya adalah kelas memasak. Ada kelas memasak Pizza yang cukup sederhana. Uniknya, anak-anak tidak hanya bisa menambahkan toping sesuai keinginan, tapi mereka harus memetik toping tersebut di kebun organik. Ada juga kelas memasak hidangan Bali. Terakhir, anak-anak bisa mengikuti kelas membuat Cokelat Organik. Mereka bisa belajar membuat saus cokelat, membuat mangkok dari daun pisang dan membuat sendok dari daun kelapa. Sungguh menyenangkan!

Ada juga aneka kelas kreatif yang menyenangkan. Pertama, ada kelas membuat dan mewarnai dengan cat alami alias natural dye. Lalu anak-anak bisa belajar membuat layang-layang, dan cara menerbangkannya. Anak-anak bisa belajar membuat rakit bambu dan menjajalnya di sungai terdekat. Atau mungkin Anda lebih suka sesi membuat wayang kulit dan menciptakan pertunjukan wayang sendiri? Kami paling suka bagaimana Green Camp mengajarkan anak untuk melakukan Journal Time, dan menuliskan tentang pengalaman mereka sepanjang hari itu. Ini kebiasaan yang bisa terus dibawa sepulang dari kemah nanti.

Mengenal Alam Sambil Berkemah Seru  - Mommies Daily

Agar lebih dekat dengan alam, saat malam tiba akan ada On-Site Night Safari. Anda diajak melihat dan mengenal aneka tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar perkemahan. Ada juga sesi Bugtastic yang akan membahas segala hal mengenai serangga. Tapi yang paling kami suka adalah kegiatan berkumpul di tengah api unggun sambil bertukar cerita untuk mengakhiri hari.

Bagaimana, apakah Anda sudah tertarik? Coba saja dulu jelajahi situs mereka dan pelajari lebih lanjut. Liburan selanjutnya, Anda bisa menjadi petualang alam yang ramah lingkungan bersama keluarga.

Info:
www.greencampbali.com
+6285100093310
info@greencampbali.com


Post Comment