Jakarta Aquarium, Belajar Tentang Penghuni Laut

Senang, karena Jakarta semakin banyak memiliki destinasi yang layak untuk dikunjungi anak-anak, salah satunya seperti Jakarta Aquarium.

Kebetulan saat itu saya sudah mulai mati gaya mengisi sisa-sisa liburan krucil. Maka dari itulah, begitu melihat postingan seorang teman di Path-nya ketika ia berkunjung ke Jakarta Aquarium, cuuus, langsung googling, cari hari kemudian berangkat saat weekdays.

Terletak di Neo Soho, Jakarta Barat, Jakarta Aquarium ini bisa saya katakan semacam sarana hiburan namun juga ada sisi edukasinya untuk anak-anak. Ada lebih dari 600 penghuni laut yang bisa ditengok, plus lokasi yang nyaman, dan tentu saja toko souvenir. Cocok banget untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Jakarta Aquarium - Mommies Daily

Harga Tiket dan jam operasional

Untuk weekdays atau weekend harga tiket sama aja kok, yang membedakan adalah apakah mau masuk ke 5D theatre atau tidak. Kalau tanpa 5D theatre tiket masuknya seharga Rp 175.000/ orang (Regular), dengan 5D theatre setiap orang kena charge Rp 225.000/ orang (Premium). Kelebihan lain dari premium, kita bisa bebas keluar masuk selama 4 jam. But in my opinion? Nggak bakal juga butuh waktu 4 jam kecuali kalau padaaaaaaat banget pengunjungnya. Dan 5D theatre-nya? Biasa banget, kurang greget. Saya aja rada nyesel milih yang paket premium, hahahaha.

Bagaimana dengan jam operasionalnya? Senin – Minggu, 10.00 – 20.00 dan pembelian tiket ditutup pada pukul 19.30.

Perhatikan jadwal

Biasanya kan ibu-ibu itu ogah rugi ya, makanya sebisa mungkin datang di jam-jam yang kita bisa menikmati pertunjukan atau aktivitas-aktivitas seru. Nggak mubazir jadinya, bisa melihat-lihat semua area plus pertunjukan yang ada. Untuk kegiatan yang sudah pasti ada setiap harinya (namun tidak setiap jam), yaitu menyaksikan pemberian makan para binatang, mulai dari pemberian makan Pinguin, Berang-berang, Hiu hingga Piranha (whoaaaaa).

IMG_0586

Di luar itu, ada yang cukup spesial, Pearl of The South Sea, pertunjukan mengenai rasa sayang seorang Raja kepada putri kesayangannya. Anak –anak pasti akan senang melihat aksi panggung, trik dan ilusi bawah laut. Untuk hari biasa, pertunjukan ini bisa dinikmati pada pukul 17.00 WIB, untuk weekend dan hari libur akan ditampilkan tiga kali pada pukul 13.00, 15.00 dan 17.00 WIB.

IMG_0591

Ada apa saja di sana?

Pertama-tama anak-anak bisa menonton kelakuan Berang-berang dari dekat. Di area berang-berang ini juga ada lorong yang memungkinkan pengunjung berada di tengah-tengah area (namun tetap terlindung lha ya, karena kan dari bali kaca).

Jakarta Aquarium - Mommies Daily

Ajak juga si kecil menyentuh langsung para penghuni laut seperti hiu bamboo, bintang laut dan ikan-ikan di touch pool. Berada di area touch pool kita harus memerhatikan keselamatan penghuni laut ya, jangan sembarang main angkat, dan jangan lupa bersihkan tangan hingga batas siku sebelum menyentuhnya.

Jakarta Aquarium - Mommies Daily

Sisanya, kita tinggal mengikuti rute untuk menyaksikan berbagai macam tingkah laku para binatang-binatang ini. Salah satu yang membuat anak-anak saya takjub adalah Salamander laut yang ternyata memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka tubuh. Menurut mas-mas yang jaga, Salamander ini mau tubuhnya rusak atau bahkan otaknya separuh rusak, selama dia masih hidup dia mampu untuk memulihkan diri, bahkan menumbuhkan kembali anggota-anggota tubuh yang rusak. Warbiasaaaaak…..

Kalau mengintip website mereka, infonya sih akan ada Diving with Shark dan Sea Trekking. Duh, kalau ini sudah ada saya mau ah ke sana lagi.

Selesai mengitari Jakarta Aquarium, saya juga mengajak anak-anak makan di Pingoo Restaurant. Well tadinya sih saya nggak mau, tapi anak-anak memelas mintanya, jadilah kami makan siang di sini. Mereka memiliki paket untuk 4 orang, minimal bill sebesar Rp 350.000. Curiga sih mungkin awal-awal ada yang hanya mesan minum doang, yang penting bisa melihat Pinguin :D.

IMG_0585

Jadi, kalau beruntung, kita bisa mengambil meja yang terletak persis di depan aquarium raksasa berisi para penguin sedang beraktivitas. Ini aja sih kelebihannya, karena secara rasa juga biasa aja kok.

Pesan dari saya, kalau bisa datang ke sini di saat weekdays agar nggak terlalu ramai. Dan jangan sampai lengah ya mengawasi anak-anak mengingat areanya yang luas dan terdiri dari dua lantai plus suasana yang cukup gelap.

Eh tapi kalau besok mau ke sana juga nggak kenapa-kenapa sih, mumpung weekend, kan.


Post Comment