Resep Almond Chocolate Bread Pudding

Saya paling suka jika bread pudding ini disajikan hangat, tapi dingin juga oke, kok.

Saat makan bread pudding-nya hotel Bumi, Surabaya, saya merasa ini enak banget. Semenjak itu, saya nyariin resep bread pudding yang paling mirip dari segi rasa. Sayangnya, dari beberapa resep yang udah pernah saya coba, belum “jodoh” sama rasa yang mendekati yang saya maksud.

Resep Almond Chocolate Bread Pudding - Mommies Daily

Dan akhirnya saya ketemu resep bread pudding yang sepertinya sreg, dari Mbak Tintin Rayner, instagrammer yang suka share resep-resep andalan. Asli, deh, gampang banget resepnya. Bahan-bahannya gampang dicari. Saya ubah sedikit, berhubung anak-anak nggak terlalu suka kurma, atau kismis. Dan saya nggak pakai kuah custardnya. Begitu jadi, anak saya Awan yang picky eater langsung bilang, “Enak banget, mama!” Oke, jadi saya anggap ini sukses, ya. Hahaha….

Bahan

200 gram roti tawar potong kotak-kotak atau sesuai selera
100 gram butter asin
350 cc susu cair
4 butir telur ayam
100 gram gula pasir
50 gram coklat blok potong-potong (atau yang sudah berupa chips)
50 gram kacang almond untuk taburan

Cara membuat

1. Setelah dipotong-potong, tata roti tawar di atas piring pyrex atau piring lain yang tahan panas. Kalau mau ditata di atas cup alumunim foil juga boleh.

2. Sebarkan potongan atau chips coklat blok di atas roti.

3. Hangatkan susu dan butter hingga lumer dan tercampur rata. Sisihkan.

4. Kocok telur dan gula pasir menggunakan whisk. Setelah rata, masukkan campuran susu dan butter hangat. Nggak perlu terlalu lama, asal rata cukup.

5. Tuang campuran di atas ke dalam pinggan atau cup berisi roti. Jangan lupa pastikan permukaan roti tersiram, ya.

6. Panggang pudding roti dalam oven bersuhu 170 derajat selama 45 menit. Kalau mau rasa yang lebih mantap, setelah matang, taburi dengan brown sugar serta bubuk cinnamon secukupnya.

 


Post Comment