Jangan Buang Kulit Pisang, Cari Tahu Manfaat Baik yang Terkandung di Dalamnya

Sebelumnya mungkin nggak terbayang, kalau kulit pisang punya banyak manfaat baik. Jadi jangan dulu dibuang, ya, mommies.

Selama ini, buah yang hampir tidak pernah absen ada di rumah saya adalah pisang! Iya, orangtua saya suka banget sama pisang barangan. Pisang diketahui mengandung gula, serat an protein. Tak hanya itu, pisang juga sumber baik untuk mendapatkan potasium, karbohidrat, mineral, Vitamin C dan B6, kalium, magnesium dan mangan.

Jangan Buang Kulit Pisang, Cari Tahu Manfaat Baik yang Terkandung di Dalamnya - Mommies Daily

Image: www.healthxchange.sg

Bukan hanya buahnya saja, kulit pisang ternyata juga menyimpan manfaat baik yang sebelumnya saya sendiri nggak pernah menyangka. Mulai dari kecantikan, kesehatan sampai dijadikan pupuk.

  1. Mengatasi iritasi dan gatal

Untuk kulit yang alergi, iritasi dan memar tempelkan bagian dalam kulit pisag pada area yang gatal dan biarkan selama semalaman. Tapi kalau kulit mommies termasuk yang sensitif, sebaiknya dicoba dulu pada bagian kulit yang tidak iritasi, ya. Takutnya nanti makin parah.

  1. Mengatasi gigitan serangga

Gosok kulit pisang bagian dalam pada kulit yang terkena gigitan serangga (termasuk nyamuk). Konon cara ini mampu secara instan menghilangkan kemerahan yang timbul akibat gigitan serangga.

  1. Mengobati luka

Terutama luka cedera pada lutut yang tidak terlalu parah, bisa disembuhkan dengan bagian dalam kulit pisang yang digosokkan di area kulit yang terluka. Dengan terlebih dahulu mencuci bagian yang terluka dengan air mengalit dan cairan antiseptic.

  1. Mengurangi tampilan kerutan

Caranya mommies terlebih dahulu membuat masker kulit pisang. Hancurkan pisang berikut dengan kulitnya, dan campurkan kuning telur. Lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan selama lima menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

  1. Memutihkan gigi

Dari beberapa sumber yang saya baca, (lagi-lagi) bagian dalam kulit pisang bisa memutihkan gigi. Gosok bagian dalam kulit pisang secara melingkar pada gigi, setiap hari. Efeknya akan terlihat sekitar dua minggu.

  1. Pupuk kompos

Kadar kalium dan fosfornya yang tinggi, memungkinkan kuit pisang mampu menyuburkan tanaman sebagai pupuk kompos.

  1. Membersihkan aksesoris perak dan kulit

Sebelum membersihkan benda dari perak dan kulit dengan bagian dalam kulit pisang, sebaiknya mommies mencobanya terlebih dahulu pada bagian yang tidak terlihat. Jika terlihat memang bisa membuat lebih bersih, baru diaplikasikan secara merata.

Ada yang mau menambahkan, atau sudah pernah coba salah satu di antara 7 poin di atas?


Post Comment