Tips Travelling dari Sesama Ibu

Ini dia beberapa tips travelling yang saya kumpulkan dari beberapa teman saya, sesama para ibu.

Terus terang saja, salah satu penyesalan saya semasa muda yang sepertinya nggak bisa terulang adalah melakukan solo traveling. Sekarang, setelah jadi ibu, kok, ya, rasanya susah ya untuk melakukannya. Lah wong, mau melakukan perjalanan dinas saja kadang perlu negosiasi panjang lebih dulu. Gimana mau jalan-jalan? Hahahhaa….

Syukurnya, masih punya rezeki untuk bisa melakukan traveling bersama keluarga. Lagi pula, jalan-jalan bareng keluarga memang banyak manfaatnya, kok.

Tips Travelling dari Sesama ibu - Mommiesdaily

Ngomongin traveling bersama keluarga, saya sempat bertanya soal tips traveling pada beberapa teman saya. Apa saja?

  • “Dana liburan itukan gak sedikit, ya. Selain menyisihkan setiap bulan, gue juga suka bikin proyek buat ngumpulin dana bareng semua keluarga. Dengan cara ini jadi seluruh anggota keluarga terlibat mengumpulkan dana liburan. Misalnya, bikin garage sale, bikin kue atau kue–kue dan makanan ringan dan kita jualin saat minggu pagi atau bazaar” – Febyanti.
  • “Kalau mau liburan, hal pertama yang perlu dilihat sih, menentukan rencana liburan sesuai dengan kemampuan. Misalnya, nih, kalau memang pengen jalan ke Jepang, tapi ternyata dananya nggak sampai, ya, turunkan saja starndartnya. Nggak apa kok liburan di dalam kota. Jangan sampai deh, liburan tapi malah maksa, dananya pinjam sana-sini atau ngadelin kartu kredit.” Amanda
  • Jangan lupa survei! Ini, sih, penting banget buat gue, ya, supaya kita tahu informasi yang lebih detail soal destinasi yang mau kita incar. Minta referensi dari temen-temen dekat yang memang pernah liburan ke lokasi yang kita incar,” Putri Anggia.
  • “Kalau traveling, mending jangan musim liburan, sih. Harganya kan jadi jauh lebih mahal. Belum lagi lokasi rekreaksi saat saat week day dan week end juga berbeda,  tiket pesawat harga pada high season akan jauh lebih tinggi. Supaya lebih hemat, lebih baik cari waktu jangan saat liburan sekolah,” Atilla.
  • “Budaya orang Indonesia itu kan senang banget minta atau membelikan oleh-oleh, supaya lebih hemat, mending lupain deh, soal oleh-oleh. Kan tujuan memang liburan keluarga, jadi ya prioritaskan itu saja,” Aya.

Ada yang mau tambahkan tips lain?


Post Comment