5 Quotes Inspiratif  Tentang Pendidikan dari 5 Tokoh Dunia

Quotes tentang pendidikan, yang bisa jadi pengingat kita semua – bahwa ilmu mampu jadi senjata paling hebat yang bisa dimiliki siapa saja.

Di Indonesia tanggal 2 Mei, bisa dibilang jadi hari yang penting buat sejarah pendidikan di Indonesia. ada yang tahukah, sampai tanggal 2 Mei diperingat sebagai hari Pendidikan Nasional?  Jadi 2 Mei ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Ia merupakan tokoh pendidikan di Indonesia, 2 Mei sekaligus adalah hari kelahirannya.

Predikat Pendidikan Nasional ia raih bukan tanpa alasan khusus. Pada masanya, ia dikenal lantang dan berani menentang kebijakan pendidikan di masa pemerintah Hindia Belanda. Yang hanya mengizinkan anak –anak kelahiran Belanda dan orang kaya bisa menikmati akses pendidikan.

Ki Hadjar Dewantara juga dikenal dengan filosofinya, “Tut Wuri Handayani” (di belakang memberi dorongan), yang kini digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Kini dunia wajah pendidikan Indonesia, sudah jauh berbeda. Sudah nggak ada lagi yang namanya belenggu, siapa saja berhak mengenyam pendidikan. Dari pulau manapun, punya hak yang sama untuk maju, membekali diri mereka dengan ilmu yang bermanfaat. Karena dengan ilmu dan pendidikan, derajat seseorang bisa naik, lewat ilmu sudah banyak hal yang tak mungkin menjadi mungkin.

5 Quotes Inspiratif  Tentang Pendidikan dari 5 Tokoh Dunia - Mommies Daily

Sebut saja penemuan pesawat terbang oleh Wright bersaudara dari Amerika, Alexander Graham Bell, penemu telepon. Dan Michael Faraday,penemu listrik. Ketiga orang tadi hanya contoh kecil, dari bukti kalau orang berpendidikan tak mustahil bisa melakukan dan menciptakan apa saja, apa saja…!

Berikut ini, ada 5 quotes yang bisa jadi pengingat mommies. Bahwa pendidikan, bisa jadi jalan menuju kesuksesan. Atau minimal, jadi pribadi yang bisa berkarya sesuai dengan kapasitasnya.

“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.” –Nelson Mandela

 

“By education, I mean an all round drawing of the best in child and man in body mind and spirit.” –Mahatma Gandhi

“Education is the passport to the future, for tomorrow belings to those who prepare for it today.” –Malcolm X

“Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan, serta memperhalus perasaan.” –Tan Malaka

“Dan siapakah yang lebih banyak berusaha memajukan kesejahteraan budi pekerti. Siapakah yang dapat membantu mempertinggi derajat budi manusia, ialah wanita, ibu…., karena haribaan ibu, itulah manusia mendapatkan didikannya yang mula-mula sekali.” –Kartini 

Selamat hari Pendidikan Nasional, 2017! :)


Post Comment