12 Panduan yang Wajib Diperhatikan Sebelum Borong Buku di The Big Bad Wolf 2017

Buat mommies yang sudah niat banget ke The Big Bad Wolf 2017. Sebaiknya baca dulu panduan dari MD berikut ini.

Mommies sudah baca kan artikel Adisty, The Big Bad Wolf 2017, kan? Surga dunia untuk para penggemar buku. Kemarin sore hingga larut malam (20 April) saya sempat menyambangi BBW di ICE BSD. Terus terang ini kali pertama buat saya menyaksikan jutaan judul buku terhampar. Terkesima sekaligus pusing, hahaha. Maklum saya termasuk tipe orang yang nggak terlalu suka keramaian, terlebih kebanyakan orang asing. Ini sih derita saya sendiri, ya, hahaha. Tapi tetap sih, sembari liputan jadi bisa belanja buku.

Panduan yang Wajib Diperhatikan Sebelum Borong Buku di The Big Bad Wolf 2017 - Mommies Daily

Sayangnya beberapa buku novel yang saya incar, nggak ikutan dijual di BBW 2017. Alhasil saya belanja buku hanya untuk anak saya Jordy. Saya bisa bilang, buku-buku anak di sini layak banget untuk dibeli, mulai buku untuk baby, hingga usia SD, SMP dan SMA. Kategori buku lainnya, science, photography, cooking, architecture, agama, biography, dan masiiih banyak lagi.

Beberapa jam berkeliling di BBW 2017, saya merangkum beberapa panduan yang bisa mommies gunakan. Karena ada beberapa perbedaan dari tahun sebelumnya. Silakan, disimpan, siapa tahu berguna :)

1. Gunakan alas kaki dan pakaian yang super nyaman. AC di sana dingin banget, jadi pastikan jangan menggunakan baju yang terlampau tipis, ya :D

2. Kalau nggak terpaksa banget bawa anak, lebih baik dititipkan saja dengan orang rumah. Bukannya apa-apa, dari pengakuan beberapa teman saya, lama antrean bisa memakan waktu 3-4 jam. Belum lagi ada kemungkinan mesin kasir error sistem. *huufftth.

3. Jika masih ada waktu, search dulu judul-judul buku yang mau mommies beli di internet. FYI, untuk buku dalam negeri terbitan Mizan, dalam bahasa berlimpah banget. Tapi untuk terbitan Gramedia agak sulit. Sementara untuk buku-buku berbahasa Inggris, pilihannya banyak kok.

4. Tahun ini terdapat area semacam food court, menggunakan food truck. Terdiri dari sekitar 8 pilihan makanan. Di area ini, mommies yang sudah lelah berkeliling, bisa istirahat sejenak. Pengalaman saya semalam, ada dua kasir yang dibuka, dan pengunjung belum terlalu banyak jadi belum ada antrean yang mengular. Jadi, saran saya, dari rumah bisa bawa camilan ringan saja dulu untuk mengganjal. Jaga-jaga, antrean akan sangat mengular.

12 Panduan yang Wajib Diperhatikan Sebelum Borong Buku di The Big Bad Wolf 2017 - Mommies Daily

5. Untuk anak-anak jika terpaksa diajak, mommies dan pasangan bisa bergantian menjaga di area main anak-anak.

12 Panduan yang Wajib Diperhatikan Sebelum Borong Buku di The Big Bad Wolf 2017 - Mommies Daily

6. Sistem membelinya, mommies terlebih dahulu pilih-pilih makanan. Lalu, pesan dulu di food truck yang dituju. Lanjutkan menuju kasir, untuk kartu debit hanya menerima Mandiri. Untuk amannya, siapkan uang tunai saja.

7. Nah, kalau mau makan saya sarankan, pas semua belanjaan mommies sudah rampung didapatkan. Lalu titipkan pada jasa penitipan buku, yang tahun ini baru saja diadakan. Jadi nanti, buku-buku mommies akan didata. Dalam 1×24 jam, kalau buku tidak diambil, buku-buku mommies akan dikembalikan ke tempatnya.

12 Panduan yang Wajib Diperhatikan Sebelum Borong Buku di The Big Bad Wolf 2017 - Mommies Daily

8. Di dalam area pameran buku, tidak ada nursery room, hanya ada kamar mandi. Tapi jangan khawatir, waktu saya ke sana, sih, kebersihannya cukup layak.

9. Adisty, Editor Mommies Daily, sempat bilang ke saya. Kalau tahun lalu, dia sempat ke BBW, menjelang subuh malah sepi. Nah, mungkin mommies bisa mempertimbangkan mau datang juga di jam-jam segitu? :D

10. Karena jumlah trolly dan keranjang terbatas, jika memang niat beli buku dalam jumlah banyak. Lebih baik mommies bawa wadah sendiri, bisa berupa koper atau tas belanja lainnya.

11. Metode pembayaran: tunai dengan kartu debit hanya Mandiri, tidak terima kartu BCA. Dan dengan kartu kredit, asalkan berlogo mastercard atau visa.

12. Jika sudah bayar di kasir, simpan baik-baik struk pembayaran mommies. Karena ketika keluar hall, pihak panitia akan meminta struk belanja anda untuk dicap.

Gimana, nih, udah siap “bertempur” dengan penggila buku lainnya di The Big Bad Wolf 2017?


Post Comment