Apa Saja Gadget yang Saya Siapkan Ketika si Kecil Mulai Masuk Sekolah Dasar?

Percayalah mom, empat gadget ini sangaaaaaaat memudahkan hidup saya ketika si kecil mulai masuk sekolah dasar :D.

Saat si kakak pertama kali memasuki dunia sekolah dasar, sebagai orangtua, jujur saja saya masih meraba-raba dan learning by doing tentang dunia anak SD. Walaupun sebelum masuk SD si kakak juga sudah sekolah di Taman Kanak-Kanak, tapi kan berbeda banget aturan main TK dan SD. Jadilah di awal-awal saya sempat ‘shock’ dengan rutinitas belajar kakak, hadirnya tugas-tugas sekolah, jadwal ulangan yang kayaknya banyaaaak banget, mulai dari ulangan harian, UTS, UAS hingga UKK. Belum lagi berbagai tugas prakarya, kerajinan tangan. Oh, sama dua kekhawatiran baru yang saya rasakan: keamanan sekolah (karena jumlah murid di SD berbeda dengan di TK) serta keamanan jajanan, hahaha.

Untunglah (namanya juga orang Jawa, selalu menyelipkan kata untung dalam berbagai kondisi) saya belajar banyak banget dari anak pertama, sehingga saat adiknya masuk SD dua tahun lalu, semua kebingungan itu sudah bisa saya atasi (jumawa). Dan, salah satunya saya terbantu banget dengan empat barang ini.

1. Jam tangan yang bisa mengecek keberadaan anak-anak

Apa Saja Gadget yang Saya Siapkan Ketika si Kecil Mulai Masuk Sekolah? - Mommies Daily

Kan saya sudah singgung ya di atas, kalau salah satu kekhawatiran saya begitu anak-anak masuk SD adalah keamanan mereka. Jumlah murid yang jauuuuh lebih banyak dibanding sekolah TK membuat pengawasan juga harus saya tingkatkan. Belum lagi berita-berita tentang penculikan anak (baik itu yang beneran terjadi atau sekadar hoax), sukses membuat saya parno. Meskipun anak-anak sudah diantar jemput dengan orang kepercayaan, tetap saja double protection juga saya lakukan. Salah satunya dengan membelikan mereka jam tangan yang bisa membuat saya mengecek keberadaan mereka. Jika mereka berada di luar area sekolah, otomatis akan ada warning ke saya.

2. Handphone yang nggak smart :D

Apa Saja Gadget yang Saya Siapkan Ketika si Kecil Mulai Masuk Sekolah? - Mommies Daily

Saat ini si kakak yang sudah duduk di kelas 4 SD sudah saya bekali handphone yang tidak smart, hahaha. Menurut Psikolog Anak & Remaja langganan keluarga saya, saat anak berusia 10 tahun, dia sudah bisa diberikan ponsel asal ponsel yang hanya untuk telepon dan SMS, tidak lebih dari itu. Gunanya untuk apa? Kalau dalam kasus si kakak, berhubung dia sudah ikut berbagai macam les di luar sekolah, ponsel ini berguna untuk dia berkomunikasi dengan supir yang menjemput atau menginformasikan ke saya kalau-kalau si bapak supir telat menjemput.

3. Komputer atau Laptop

Apa Saja Gadget yang Saya Siapkan Ketika si Kecil Mulai Masuk Sekolah? - Mommies Daily

Kalau zaman mamanya dulu ada tugas kliping yang bisa dikerjakan dengan mesin tik (ya ampuun, ketawan banget usia saya ya :D), maka di zaman anaknya tugas-tugas yang butuh bantuan komputer dalam pengerjaannya juga sudah banyak BANGET!! Mulai dari membuat laporan penelitian, membuat power point, membuat berbagai macam diagram, table dkk, no wonder komputer atau laptop itu sudah dibutuhkan. Agar aman, saya meletakkan laptop untuk anak-anak di kerja saya, bukan di kamar mereka. Hal ini saya lakukan agar saya bisa selalu mengecek apa yang mereka buka.

4. Printer

Apa Saja Gadget yang Saya Siapkan Ketika si Kecil Mulai Masuk Sekolah? - Mommies Daily

Belajar dari pengalaman saat si kakak, waktu saya hanya sedia komputer aja, jadinya saya harus double repot. Setiap kakak dapat tugas yang pengerjaannya harus menggunakan komputer untuk kemudian dicetak, atau saat ada tugas untuk fotocopy KK karena kakak sedang belajar silsilah keluarga, atau saat saya membuatkan soal latihan di musim ulangan, yang ada saya harus bolak balik ke tempat fotocopy atau percetakan untuk nge-print dan mem-fotocopy. Bagi seorang working mom, urusan begini aja bisa dikatakan membuang-buang waktu. Makanya saya memutuskan untuk membeli printer.

Printer yang saya cari pun juga harus yang multifungsi, bisa untuk mencetak, fotocopy, dan juga scanning. Semua kategori ini saya temukan di printer HP DeskJet Ink Advantage 3775 . Dan yang membuat saya merasa lebih terbantu lagi karena printer ini sudah mempunyai teknologi wireless yang langsung terhubung dengan smartphone.

Misalnya kayak kemarin, ketika si adik sedang menggunakan komputernya namun si kakak lagi ingin banget melihat peta Indonesia karena mau mengecek kota-kota di Indonesia mana saja yang sudah dia kunjungi, saya terpaksa mencarikan peta dari smartphone. Berhubung nggak puas melihat dalam ukuran kecil, saya langsung aja mengoneksikan smartphone saya dengan printer HP DeskJet Ink Advantage 3775 dan print peta dari smartphone. Nggak perlu rebutan. Semua happy.

Kalau mommies berminat, bisa cek di sini untuk detailnya

Nah, berhubung tahun ajaran baru sudah sebentar lagi, siap-siap ya mom untuk anaknya yang akan masuk SD, hehehe.


Post Comment