Math Monkey: Tempat Les Matematika dengan Metode Asik

Matematika, anak dan saya bukanlah kolaborasi yang menyenangkan. Andai saya sudah mengenal Math Monkey sejak dulu, mungkin hubungan antara kami bertiga akan lebih indah :D.

Math Monkey

Urusan nemenin anak belajar sebenarnya bukan masalah bagi saya ….. menjadi sedikit bermasalah ketika pelajaran yang harus saya ajarkan adalah Matematika. Pelajaran yang sering membuat nada bicara saya naik sekian oktaf :D. Apalagi materi kelas si kakak sekarang, yang sudah kelas 4 menuju kelas 5. Nggak jarang membuat saya merasa oon, ahahaha. Ditambah susahnya meluangkan waktu untuk menemani belajar. Biasalah, masalah ibu bekerja yang memiliki anak SD. Beruntung akhirnya setelah trial and error, saya sudah menemukan metode yang pas dalam menghadapi hiruk pikuk masa-masa UTS, UAS atau UKK bagi seorang ibu bekerja.

Nah, ngomongin tentang Matematika, di akhir Februari kemarin, saya mendapat undangan untuk menghadiri grand opening Math Monkey yang punya motto: grab math by the tail. Sebagai seorang ibu dan juga penjaga gawang Mommies Daily, saya penasaran dengan tempat yang satu ini. Mau tahu aja apa bedanya dengan metode yang dianut oleh beberapa tempat sejenis lainnya yang semuanya sudah pernah saya coba. Kalo seru kan bisa dijajal untuk anak saya atau saya share di sini untuk komunitas Mommies Daily, hehehe.

Ternyata, Math Monkey adalah tempat kursus matematika untuk anak usia 3 – 12 tahun. Kurikulumnya berbasis games. Namanya anak-anak itu kan suka bermain ya, jadi ketika belajar dengan cara bermain pun, harapannya anak-anak nggak akan antipati duluan. Intinya, Math Monkey membuat proses belajar Matematika terasa menyenangkan.

Salah satu metode yang digunakan di Math Monkey adalah Vedic Math (ayo google kalau nggak tahu :p). Vedic Math adalah sistem hitung tercepat di dunia dan metode yang mereka gunakan membantu membangun daya ingat, fokus serta kemampuan anak untuk berpikir logis. Beberapa di antaranya adalah Magic of Eleven dan Vertically Crosswise . Dengan metode-metode ini, soal Matematikan yang rumit dibuat simple.

Misalnya, seperti Magic of 11 yang khusus dapat digunakan untuk semua perkalian 11. Saat mendapat soal perkalian 11, kita hanya perlu membayangkan angka nol di depan dan di belakang angka tersebut. Lalu kita tambahkanlah si angka nol dengan angka pertama, angka pertama dengan angka kedua dst.

Oke, biar gampang, saya kasih contoh ya:

23 x 11

Sekarang bayangkan angka nol di depan dan di belakang angka 23. Begini: 0 2 3 0

Lalu, tambahkan angka 0 + 2 = 2

Tambahkan 2 + 3 = 5

Tambahkan 3 + 0 = 3

Jawaban dari 23 x 11 = 253 (coba aja itung sendiri kalau nggak percaya :D).

Saya baru tahu lho, ahahaha. Maafkan agak norak.

Sejujurnya, saya minat banget masukin anak saya yang kecil ke sini, hanya terbentur dengan lokasinya. Saat ini Math Monkey baru ada di Kelapa Gading, Cibubur dan cabang terbaru di Kemang. Setiap kelas terdiri dari 5 – 6 anak, dan ketika mau masuk, akan dilakukan placement test. Belum tentu usia anak 7 tahun akan masuk ke kelas yang untuk anak 7 tahun. Semua dilihat dari kemampuannya.

Kalau Mommies berminat (saran saya sih…. At least trial aja dulu), silakan kontak mereka di 021-29529937.

Selamat belajar matematika :p


Post Comment