4 Masalah Ibu Bekerja yang Memiliki Anak Usia Sekolah Dasar

Kemarin Thatha udah ‘curhat’ tentang problem ibu bekerja yang memiliki anak bayi. Sekarang saya juga mau nulis tentang masalah working mom setelah anak masuk SD :p.

Namanya ibu bekerja sudah pasti memiliki tantangan masing-masing dalam membesarkan anak. Tantangan yang hadir biasanya berbeda-beda seraya usia anak bertambah. Tantangan ibu bekerja yang memiliki newborn tentu berbeda dengan ibu bekerja yang anaknya batita. Berbeda pula ibu bekerja yang anaknya masuk SD dengan ibu bekerja yang anaknya memasuki usia remaja. Saat ini saya baru mengalami tahapan dari newborn hingga ketika anak berada di bangku Sekolah Dasar.

Baca juga:

7 Hal yang Saya Lakukan di Hari Pertama Anak Sekolah

Sebagai ibu bekerja yang memiliki anak usia sekolah dasar, apa saja masalah yang sering saya hadapi?

4 Masalah Ibu Bekerja yang Memiliki Anak Usia Sekolah Dasar - Mommies Daily

1. Sulit terlibat dalam kegiatan sekolah
Sekali-kalinya saya terlibat dalam kegiatan sekolah yang cukup besar di sekolah anak-anak saya adalah ketika sekolahnya mengadakan Hari Profesi. Rempong bin ruwet karena kebetulan saya bertanggung jawab untuk kelas kakaknya dan adiknya. Bolak balik email proposal, bolak balik meeting, bolak balik koordinasi dengan seluruh ibu-ibu kelas. Kelar acara ini, saya kapok ikutan lagi. Bukan apa-apa, tapi saya jadi nyaris nggak ada waktu untuk melakukan hal lain selain urusan kerjaan dan menyiapkan acara ini. Next time, saya akan menolak jika ditunjuk menjadi panitia :D. Minimal saya sudah pernah kan berpartisipasi. Berikutnya cukup sumbang ide, bantu finansial dan datang di hari H ketika anak-anak tampil.

2. Suka ketinggalan informasi tentang Kegiatan Belajar Mengajar
Padahal sudah ada grup WA masih aja saya suka telat menerima informasi, karena saya nggak bisa setiap saat mantengin percakapan di grup. Jadi sekarang, saya mencoba menyiapkan dua kali waktu khusus untuk menyimak obrolan di grup WA atau saya yang aktif mengajukan pertanyaan. Biasanya saat jam istirahat di kantor dan sore hari sekitar pukul 16.00 WIB.

3. Kehabisan tenaga menemani anak belajar

4 Masalah Ibu Bekerja yang Memiliki Anak Usia Sekolah Dasar - Mommies Daily
Saya nggak mau ngoyo untuk urusan yang satu ini. Masalahnya ketika saya terlalu lelah namun saya maksa untuk mengajarkan mereka, yang ada periode belajar terasa tegang :D dan anak-anak malah nggak bisa menyerap pelajaran dengan baik. Solusinya, saya fotocopy soal-soal di buku sekolah lantas meminta mereka mengerjakan setiap hari dan mencari guru les. Ini sangat membantu, ahahaha.

Baca juga:

Ibu Bekerja dan Ujian Sekolah Anak

4. Pusing memikirkan menu bekal sekolah
Memiliki dua anak laki-laki yang sedang bertumbuh cukup membuat saya pusing memikirkan menu bekal sekolah. Di satu sisi ingin anak-anak menikmati makanan yang bergizi, tapi di sisi lain suka mati ide mencari bekal apa lagi yang enak dan disukai anak-anak. Kalau sudah begini, nggak jarang dalam seminggu saya kasih izin mereka jajan dua kali :D. Bahkan, si kakak setelah berada di kelas 4 SD, sudah jarang membawa bekal. Saya kasih uang jajan diikuti dengan segudang nasihat untuk pintar memilih jajanan.

Anggap aja sebagai latihan mereka mengelola uang jajan dan mengenal jenis makanan yang sehat dan yang tidak sehat *__*.

Baca juga:

Berapa Banyak Bekal yang Dibutuhkan Anak Sekolah?

Bagaimana dengan mommies lain? Mungkin jenis ‘masalahnya’ berbeda dengan saya. Yuk ngobrol di sini.


Post Comment